PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SD BERBASIS ANDROID

Authors

  • Fitri Herawati Uii
  • Beni Suranto

DOI:

https://doi.org/10.36595/jire.v6i2.985

Keywords:

design thinking, mobile learning application, islamic religious education

Abstract

Pelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan dampak yang baik bagi perilaku siswa karena ajaran yang terdapat dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berlandaskan nilai nilai ajaran agama Islam. Pendidikan Agama Islam yang diajarkan di sekolah kurang begitu diminati oleh siswa, padahal Pendidikan Agama Islam termasuk mata pelajaran yang wajib diajarkan di setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan baik negeri maupun swasta. Salah satu penyebab siswa kurang berminat dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam adalah guru yang hanya fokus  menggunakan buku paket belajar sebagai sumber materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan desain user interface mobile learning application yang dapat membantu dalam meningkatkan minat belajar pada anak dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Perancangan aplikasi menggunakan pendekatan pemikiran desain yang terdiri dari tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pada penelitian ini, proses pengujian memakai System Usability Scale untuk melakukan pengujian prototype. Berdasarkan  pengujian diperoleh hasil 65,5, nilai ini berada pada grade D(poor) yang berarti prototype ini masih belum memenuhi kepuasan pengguna dan membutuhkan perbaikan lagi.

References

E. Elihami and A. Syahid, “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami,” 2018.

L. M. Sari, “Evaluasi dalam pendidikan islam,” J. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 211–231, 2018.

A. A. Aziz, A. S. Hidayatullah, U. Ruswandi, and B. S. Arifin, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 63–80, Jul. 2021, doi: 10.36667/jppi.v9i1.542.

N. Q. Panjaitan, E. Yetti, and Y. Nurani, “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 588, Jan. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.404.

M. Tang, “Pengembangan strategi pembelajaran pendidikan agama islam (pai) dalam merespon era digital,” FIKROTUNA J. Pendidik. dan Manaj. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 717–740, 2018.

A. Fakhruddin, “Urgensi pendidikan nilai untuk memecahkan problematika nilai dalam konteks pendidikan persekolahan,” J. Pendidik. Agama Islam -Ta’lim Vol. 12 No. 1 - 2014, vol. 12, no. 1, pp. 79–96, 2014.

Olisna, M. Zannah, A. Sukma, and A. N. Aeni, “Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4133–4143, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2737.

M. A. Widiastika, N. Hendracipta, and A. Syachruroji, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 47–64, Nov. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.602.

Andri Febriansyah and M. Rudy Sanjaya, “Pengembangan Website Ruang Baca Fasilkom Universitas Sriwijaya Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 1, pp. 79–87, 2023, doi: 10.36595/jire.v6i1.845.

I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.

A. H. Fauzi and I. Sukoco, “Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa,” J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.50.

M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.51.

M. A. Sya’roni, A. Ghozy, and M. Syarifuddin, “Pengembangan aplikasi e-syarat menggunakan design thinking untuk pembelajaran bahasa inggris siswa tunarungu,” 2022.

T. Ridwan, E. Hidayat, D. Zakaria, G. L. Nugraha, and Afika, “Pembuatan big book digital menggunakan metode design thinking untuk media pembelajaran membaca pada anak,” J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 18, no. 1, pp. 1–9, 2022.

F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan aplikasi pemilihan kepala desa dengan metode ux design thinking (studi kasus: kampung kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Additional Files

Published

2023-11-29