RANCANG BANGUN PROTOTYPE SMART LUGGAGE PEOPLE FOLLOWER

Authors

  • Fahreza Pradana Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Irma Salamah Politeknik .Negeri Sriwijaya
  • Mohammad Fadhli Politeknik .Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36595/jire.v5i1.479

Keywords:

Smart Suitcase, Compass Sensor HMC-5883L, Communication Module ESP-O1, People Follower

Abstract

Koper memiliki peran penting karena menjadi suatu keperluan pokok untuk orang-orang yang akan bepergian jauh. Saat ini masih sering terjadi kasus dimana koper yang sudah diletakkan di dekat pemiliknya bisa hilang atau tertukar karena kelengahan pemilik koper sehingga menciptakan rasa khawatir jika tidak bisa mengetahui keberadaan maupun keadaan koper. Kelalaian tersebut menjadi salah satu penyebab yang dapat memberikan kesempatan bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan tindak kejahatan seperti pencurian. Terbukti dengan adanya banyak kasus pencurian tas, pencurian koper dan benda yang ada di dalam tas bawaan pemilik koper. Pada umumnya penggunaan koper yang kita ketahui dengan cara menarik pegangan koper. Namun di masa pandemic ini salah satu cara dalam membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini dengan tidak memegang benda-benda yang bersentuhan langsung dengan tangan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuat sebuah sistem yang mampu menjadi solusi untuk menjaga keamanan koper dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus COVID-19. Penelitian ini merancang sebuah prototype koper pintar yang dapat mengikuti pemilik yang berada di depannya (People follower). Koper yang di rancang ini menggunakan smartphone sebagai transmitter alat dan modul komunikasi ESP-01 sebagai receivernya. Mikrokontroller yang digunakan yaitu Arduino Mega 2560 dan Arduino Uno R3 yang mengatur jalannya sistem pada rangkaian. Terdapat sensor kompas HMC-5883L juga yang memberi informasi arah koper dan pemiliknya. Rangakaian driver motor L298N sebagai penggerak roda koper secara otomatis. Koper ini memiliki komponen tambahan yaitu sensor ultrasonik HC-SR 04 yang memiliki fungsi untuk mendeteksi penghalang yang berada di sekitar koper. Adapun kelebihan alat ini yaitu dapat meningkatkan keamanan pada koper sehingga memudahkan pemiliknya menemukan koper apabila koper berada di luar jarak jangkauan dan agar pemilik koper dapat meminimalisir bersentuhan langsung dengan benda menggunakan tangan dalam mencegah penyebaran virus COVID-19 saat ini. Diharapkan dengan adanya alat ini dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemic COVID-19 dan meningkatkan rasa keamanan setiap individu ketika melakukan perjalanan dengan membawa koper.

References

Dwika, M., Setiyawati, N., Nuha, H. H., & Yasirandi, R. (2020). A Prototype for Securing Suitcase Travel using RFID and GPS Tracker. 4, 986–993.https://doi.org/10.30865/mib.v4i4.2358

Utami, C. U. P., Prasetyo, A. P. P., & Exaudi, K. (2021). Purwarupa sistem penyortir kematangan buah alpukat berdasarkaan warna berbasis Internet of Things (IoT)

Dilone, G. (2014). Luggage incorporating a weight determination mechanism and location determination system. 2(12), 11. https://patents.google.com/patent/US8901442B1/en?oq=8%2C901.442

Kaitosi Akhmad. (2016). Prototype Koper Pintar Dengan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno. 147, 8–29.

Andrianto, H., & Darmawan, A. (2016). Arduino; Belajar Cepat dan Pemrograman.

QADRI, M. H. AL. (2020). Pembuatan Prototype Smart Suitcase System Dengan Mikrokontroler Untuk Mendeteksi Gangguan Pada Koper Dengan Menggunakan Arduino Uno Berbasis Android. 4–16.

Roy, E., & Damanik, S. (2019). SISTEM KONTROL SAKLAR BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IoT ) MENGGUNAKAN ESP8266 PROJEK AKHIR II SISTEM KONTROL SAKLAR BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IoT ) MENGGUNAKAN ESP8266.

Elechouse. (2020). GY-26-USART Digital Compass Manual. Www.Elechouse.Com.

Purnamasari, W., Wijaya, R., Riau, A. M., Pekanbaru, K., Begalung, L., Padang, K., Getar, S., Computer, P., & Pendahuluan, I. (2017). Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Sensor. 21(1), 58–64.

Fisika, P. S. D., Matematika, F., Ilmu, D. A. N., Alam, P., & Utara, U. S. (2020). L298N Melalui Mpu-6050 Sebagai Kendali Gestur.

Downloads

Published

2022-04-23