IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Niki Ratama Universitas Pamulang
  • Munawaroh Munawaroh Universitas Pamulang

Keywords:

Deteksi Dini, Metode Fuzzy, Tsukamoto, Autisme

Abstract

Autisme Spektrum Disorder (autis) adalah gangguan yang terjadi pada perkembangan anak yang bisa menyebabkan anak tersebut kesulitan dalam menyikapi lingkungannya, dan anak memiliki ruang lingkup sendiri, akan tetapi anak autis adalah anak yang memiliki kelebihan dimana memiliki tingkat fokus pada sesuatu, penanganan yang tepat harus dilakukan orang tua untuk menyikapi hal tersebut, dimana orang tua harus dapat mendiagnosis anak semenjak dini, tujuannya adalah untuk mengetahui anak autis atau tidak, dan cara penanganan yang tapat semenjak dini, dalam mendiagnosis dibutuhkan penanganan seorang pakar atau seorang yang mengetahui seputar perkembangan anak, solusi lainnya adalah dibuatkan sistem aplikasi yang dapat mendiagnosis perkembangan anak, banyak metode yang dapat digunakan untuk mendiagnosis, salah satunya menggunakan metode fuzzy tsukamoto, dimana metode fuuzy atau lebih dikenal metode samar, memberikan keputusan yang dapat memberikan nilai berdasarkan banyaknya variabel lainnya,  hasil dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi yang dapat mendiagnosis suatu perkembangan anak dimana aplikasi tersebut diuji dan menghasilkan nilai 72,65% untuk kelayakan dalam penggunaan aplikasi.

References

[1] N. I. Kurniati, R. R. El Akbar, and P. Wijaksonoc, “Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto pada Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Autisme Pada Anak,” vol. 1, pp. 21–27, 2019.
[2] M. Iqbal, “Deteksi Dini Autisme Menggunakan Fuzzy Tsukamoto,” 2016, no. June.
[3] F. Hanai, M. Narama, and K. Tamakoshi, “The Self of Adolescents with Autism Spectrum Disorder or Attention Deficit Hyperactivity Disorder : A Qualitative Study,” J. Autism Dev. Disord., no. Kounogi 1971, 2020, doi: 10.1007/s10803-020-04653-7.
[4] N. Ratama, Sistem penunjang keputusan dan sistem pakar dengan pemahaman studi kasus. .
[5] A. Sulistyohati, T. Hidayat, K. Kunci: Ginjal, S. Pakar, and M. Dempster-Shafer, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster-Shafer,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 2008, no. Snati, pp. 1907–5022, 2008.
[6] N. Ratama, M. Kom, M. Kom, and K. Kecerdasan, Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Pemahaman Logika Fuzzy Dan Penerapan Aplikasi. Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia, CV.
[7] I. M. Dhomas Hatta Fudholi, Rahadian Kurniawan, Dimas Panji Eka Jalaputra, “Pengembangan Aplikasi Virtual Reality dengan Model ADDIE untuk Calon Tenaga Pendidik Anak dengan Autisme,” vol. 1, no. 10, 2021.
[8] Munawaroh and N. Ratama, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,” Satin, vol. 5, no. 2, pp. 17–24, 2019.
[9] A. Novi Lestari, Nelly Khairani Daulay, “Simulasi Monitoring Pengatur Kecepatan Kipas Angin Menggunakan Sistem Fuzzy Berbasis Web Novi,” vol. 3, no. 1, 2020.
[10] A. Novi Lestari, Nelly Khairani Daulay, “Sistem Pendukung Keputusan Konsumsi Listrik Dengan Implementasi Iot Dan Fuzzy Rule Mining,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 1, p. 60, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i1.91.
[11] Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,” J. Inform. J. Pengemb. IT Poltek Tegal, vol. 03, no. 02, pp. 184–189, 2018.
[12] Fadli, S., Imtihan, K., & Fahmi, H. (2020). MENGENAL DAN MEMAHAMI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. Amerta.
[13] Khairul Imtihan. (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok. Bianglala Informatika, 3(2).
[14] Fadli, S., & Imtihan, K. (2019). Implementation of MOORA Method in Evaluating Work Performance of Honorary Teachers. SinkrOn, 4(1), 128-135.

Downloads

Published

2020-11-18