MEDIA PROMOSI PENANGKARAN RUSA SAMBAR (RUSA UNICOLOR) SEBAGAI EKOWISATA DI PENAJAM PASER UTARA BERBASIS VIRTUAL REALITY
Keywords:
Virtual Reality, Ekowisata, Penajam Paser UtaraAbstract
Tujuan penelitain ini adalah membuat media promosi untuk mengenai ekowisata penangkaran rusa yang berada di Desa Api-api, Kecamatan Waru, Penajam Paser Utara. Diharapkan bisa menambah informasi kepada masyarakat dan wisatawan luar daerah mengenai ekowisata penangkaran rusa di Desa Api-Api, serta menarik minat masyarakat dan wisatawan luar daerah untuk dating ke penangkaran rusa sambar yang ada di Penajam Paser Utara. Untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut digunakan penggabungan teknologi Virtual Reality (VR) yang dapat menampilkan objek virtual kedalam lingkungan yang nyata dan teknologi mobile Android yang dimiliki oleh banyak masyarakat. Untuk membangun aplikasi Virtual Reality berbasis Android digunakan game engine Unity3D dan menggunakan tools editing video Adobe Premiere Pro untuk mengedit video 360 derajat. Hasil pengujian pada perangkat android menunjukan aplikasi yang dibuat dapat berjalan lancar dan cocok berdasarkan keaktifan gyroscope pada smarphone dan bisa digunakan pada versi Android 6.0 keatas dengan aspek rasio layar 16:9
References
[2] L. Zhou and Q. Lin, “Virtual tour’s imapct on destination image,†2012 Int. Symp. Manag. Technol. ISMOT 2012, pp. 641–643, 2012.
[3] W. Chen, “Historical Oslo on a handheld device -a mobile augmented reality application,†Procedia Comput. Sci., vol. 35, no. C, pp. 979–985, 2014.
[4] M. B. Firdaus, J. A. Widians, and J. Y. Padant, “Augmented reality for interactive promotion media at Faculty of Computer Science and Information Technology Mulawarman University,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1341, no. 4, 2019.
[5] S. Gebhardt et al., “FlapAssist: How the integration of VR and visualization tools fosters the factory planning process,†2015 IEEE Virtual Real. Conf. VR 2015 - Proc., pp. 181–182, 2015.
[6] M. B. Firdaus, E. Budiman, joan angelina Widians, novel maringan Sinaga, S. Fadli, and F. Alameka, “Augmented Reality for Office and Basic Programming Laboratory Peripheral,†2018 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol., pp. 41–45, 2018.
[7] V. Siang et al., “Interactive Holographic Application using Augmented Reality EduCard and 3D Holographic Pyramid for Interactive and Immersive Learning,†2017 IEEE Conf. e-Learning, e-Management e-Services, pp. 73–78, 2017.
[8] B. Cahyono, M. B. Firdaus, E. Budiman, and M. Wati, “Augmented Reality Applied to Geometry Education,†2018 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol., pp. 299–303, 2018.
[9] J. Xiao, M. M. Hannuksela, T. Tillo, M. Gabbouj, C. Zhu, and Y. Zhao, “Scalable bit allocation between texture and depth views for 3-D video streaming over heterogeneous networks,†IEEE Trans. Circuits Syst. Video Technol., vol. 25, no. 1, pp. 139–152, 2015.
[10] O. Shaikh, Y. Sunt, and A. Stevenson Won, “Movement Visualizer for Networked Virtual Reality Platforms,†25th IEEE Conf. Virtual Real. 3D User Interfaces, VR 2018 - Proc., pp. 681–682, 2018.
[11] M. Durkin, P. McGowan, and L. Murray, “Perspectives on the potential for social media to improve communication in small business-bank relationships,†Int. J. Entrep. Innov., vol. 15, no. 4, pp. 251–264, 2014.
[12] Imtihan, K., & Basri, M. H. (2019). SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MANIFEST MUATAN KAPAL BERBASIS DEKSTOP DAN ANDROID. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 69-76.
[13] Khairul Imtihan. "Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok." Bianglala Informatika 3, no. 2 (2015).
[14] E. Budiman, U. Haryaka, J. R. Watulingas, and F. Alameka, “Performance rate for implementation of mobile learning in network,†2017 4th Int. Conf. Electr. Eng. Comput. Sci. Informatics, no. September, pp. 1–6, 2017.
[15] Sofiansyah Fadli and Khairul Imtihan, "Implementation of MOORA Method in Evaluating Work Performance of Honorary Teachers," Sinkron: JUrnal dan Penelitian Teknik Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 128-135, 2019.
[16] C. Hutton and E. Suma, “A realistic walking model for enhancing redirection in virtual reality,†Proc. - IEEE Virtual Real., vol. 2016-July, pp. 183–184, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.