PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SUKU CADANG MOTOR DAN FITUR KELUHAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PT. FUBORU INDONESIA

Authors

  • Titasari Rahmawati Institut Informatika Indonesia
  • Alexander Wirapraja Institut Informatika Indonesia
  • Daniel Fabio Santoso Institut Informatika Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v6i2.883

Keywords:

E-Commerce, Sistem Informasi, Sparepart, Motor, Web, PHP, Javascript

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya pada era industri 4.0 secara tidak langsung telah mengubah cara opersional dari suatu pekerjaan dari cara konvensional menjadi cara yang lebih praktis dan cepat, tidak terkecuali pada perusahaan manufaktur. PT. Fuboru mengalami masalah dimana pada beberapa kegiatan masih dilakukan secara manual dan adanya pandemi covid-19 sehingga menyebabkan tingkat penjualan mereka menurun. Berdasarkan pada masalah tersebut maka diperlukan optimalisasi khususnya pada bidang penjualan agar mendapatkan profit yang lebih baik. Terkait hal tersebut perlu dilakukan perancangan web e-commerce sebagai solusi mengoptimalkan penjualan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode analisis deskriptif dan menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling untuk mendapatkan data yang diperlukan sebagai acuan mengetahui kebutuhan pengguna. Adapun metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah menggunakan metode waterfall, metode ini dipilih karena menyediakan urutan pengerjaan yang teratur sehingga memudahan pengembang melakukan proses perancangan dan implementasi sistem.  Hasil yang didapatkan adalah aplikasi yang mampu menangani proses pemasaran sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna khususnya pada proses penjualan dan pembelian suku cadang motor. Penggunaan aplikasi ini juga mampu menyediakan pertukaran data dan informasi secara lebih baik dibandingan dengan sebelumnya. Pada situs e-commerce ini selain menangani penjualan dan pembelian juga tersedia beberapa fitur meliputi transfer stok, fitur diskon harga pada tiap produk terpilih dan fitur yang digunakan untuk menangani keluhan pelanggan terhadap produk paska pembelian hingga pada prosedur retur produk.

References

A. O. Victoria, “Hanya 12,5% UMKM di Indonesia yang Kebal dari Pandemi Covid-19,” https://katadata.co.id/, 2021. https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/605d9f635fdf7/hanya-12-5-umkm-di-indonesia-yang-kebal-dari-pandemi-covid-19 (accessed Jul. 07, 2021).

Kemenkeu, “Pemulihan Perekonomian Indonesia Setelah Kontraksi Akibat Pandemi Covid-19,” www.djkn.kemenkeu.go.id, 2022. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-banjarmasin/baca-artikel/14769/Pemulihan-Perekonomian-Indonesia-Setelah-Kontraksi-Akibat-Pandemi-Covid-19.html.

BPS, “Statistik eCommerce 2022,” Jakarta, 2022.

B. Narpati, I. Lubis, K. I. Meutia, and E. P. Ningrum, “Produktivitas Kerja Pegawai yang Dipengaruhi oleh Work From Home ( WFH ) dan Lingkungan Kerja Selama Masa Pandemi,” J. Ilm. Manaj. Forkamma, vol. 4, no. 1, pp. 121–133, 2021.

Fuboru, “Fuboru - Simply The Best,” https://www.fuboru.co.id/id. https://www.fuboru.co.id/id.

D. R. Yandi and W. Septrizola, “Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-Commerce Situs Blibli . Com dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kota Padang,” J. Kaji. Manaj. dan Wirausaha, vol. 01, no. 3, pp. 67–77, 2019.

N. Sütütemiz and M. Sayg?l?, “The effects of hedonic and utilitarian shopping motivations on online purchasing intentions?: a Turkish case study,” Retail Mark. Rev., vol. 16, no. 1, pp. 61–83, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.10520/EJC-1ea7711ded.

J. E. Tarihoran, M. I. Mardiani, N. D. Putri, R. S. Novareila, A. Sofia, and I. F. A. Prawira, “Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up di Indonesia,” J. Ilm. Kreat., vol. 9, no. 1, pp. 72–78, 2021.

A. Sudirman et al., Sistem Informasi Manajemen, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. Darmansah and S. Y. Yosepha, “Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur,” J. Ilm. Mhs. Manaj. Unsurya, vol. 1, no. 1, pp. 15–30, 2020.

APJII, “Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang,” apjii.or.id, 2023. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang.

F. T. Nuryani, N. Nurkesuma, and B. Hadibrata, “Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 4, pp. 452–462, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.

A. Herdiansah, T. Handayani, and E. Yunita, “Rancang Bangun Sistem Pemasaran Properti Berbasis Web Studi Kasus PT. Akila Trijaya,” J. Ilm. MATRIK, vol. 22, no. 1, pp. 8–17, 2020.

J. D. Mulyanto, “Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Aplikasi BKK Berbasis Web,” Comput. Netw. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 27–36, 2022.

A. Wijaya, N. Hendrastuty, and M. Ghufroni An, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Web (Studi Kasus: Pt Sembilan Hakim Nusantara),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, p. 77, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

L. Gustina, W. Novita, and Y. Triadi, “Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kota Padang,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 152–161, 2022.

A. T. Wiranata and A. Hananto, “Do Website Quality, Fashion Consciousness, and Sales Promotion Increase Impulse Buying Behavior of E-Commerce Buyers?,” Indones. J. Bus. Entrep., vol. 6, no. 1, pp. 74–85, 2020, doi: 10.17358/ijbe.6.1.74.

E. P. L. Toruan, “Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi E-Commerce: Bisnis, Internet Dan Teknologi (Literature Review Perilaku Konsumen),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 6, pp. 621–628, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i6.

C. Y. Li and Y. C. Ku, “The power of a thumbs-up: Will e-commerce switch to social commerce?,” Inf. Manag., vol. 55, no. 3, pp. 340–357, 2018, doi: 10.1016/j.im.2017.09.001.

S. Supiyandi, M. Zen, C. Rizal, and M. Eka, “Perancangan Sistem Informasi Desa Tomuan Holbung Menggunakan Metode Waterfall,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 274, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3986.

N. Musthofa and M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 03, pp. 199–207, 2022.

M. I. A. Imran, “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Makanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar,” J. Profitab. Fak. Ekon. Dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 50–64, 2018.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

Additional Files

Published

27-06-2023