Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme
  • Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada Jurnal MISI
  • Pustaka yang digunakan minimal 60% dari artikel ilmiah dan mengutip minimal 2 artikel pada Jurnal MISI.
  • Pengutipan dan penulisan Daftar Pustaka sudah dikelola menggunakan Reference Manager.
  • Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada Jurnal MISI.
  • Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.
  • Penulis bersedia melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik pada tahap ke-2 proses submit artikel.

Author Guidelines

  1. Jurnal MISI menerima artikel hasil penelitian atau kajian analitis kritis (invited authors) dengan topik Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Audit Sistem Informasi, E-Goverment yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program Word, huruf Cambria, font size 10, menggunakan kertas A4 dengan batas atas, bawah, kiri, dan kanan masing-masing 2,5 cm.
  2. Naskah dikirim online melalui OJS Jurnal MISI di http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi
  1. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/diketik pada OJS pada saat mengisi "authors' pada proses submit artikel.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 5 ketukan.
  3. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (opsional) dan Daftar Pustaka.
  4. Judul Artikel tidak lebih dari 10 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Cambria dengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold).
  5. Identitas Penulis: nama tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Cambria dengan ukuran huruf 10 pt, dan ditulis tebal (bold).
  6. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci, menggunakan Cambria dengan ukuran huruf 10 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia tidak lebih dari 200 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  7. Pendahuluan paling tidak berisi latar belakang, tujuan penelitian, dan kajian teori. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul.
  8. Metodologi Penelitian berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  9. Hasil dan Pembahasan berisi paparan hasil penelitian disertai dengan pembahasan mengenai hasil penelitian tersebut. Pada pembahasan dikaji bagaimana asosiasi hasil penelitian dengan teori/hasil penelitian yang lain sehingga kelihatan kebaruan dari hasil penelitiannya.
  10. Kesimpulan berisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian. Simpulan dideskripsikan dalam paragraf, tidak menggunakan numbering atau bulet.
  11. Ucapan Terima Kasih berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang mendukung proses peneliti, terutama pihak penyandang dana penelitian.
  12. Daftar Pustaka Penulisan daftar pustaka sepenuhnya mengikuti gaya penulisan pustaka IEEE (dengan ukuran huruf 10 pt). Semua pustaka yang muncul di Daftar pustaka harus disitasi/dikutip pada isi artikel. Disarankan menggunakan tool Mendeley atau endnote untuk menyajikan daftar pustaka. Minimum 80% dari semua pustaka adalah artikel dari jurnal 10 tahun terakhir dan 60% dari artikel jurnal tersebut harus artikel 5 tahun terakhir. diharapkan untuk menggunakan minimal 1 kutipan pustaka dari journal MISI atau JIRE)

Contoh style penulisan daftar pustaka yang bersumber dari berbagai sumber pustaka adalah seperti berikut:

[1]    F. Last name, F. M. Last name dan F. M. Last name, "Paper Title," Journal name, vol. Volume, no. Issue, hal. Page Number, Tahun. (untuk sumber pustaka Jurnal[1])[2]    F. M. Last name dan F. M. Last name, Book Title, Edition ed. City: Publisher, Year, pp. Page Number. (untuk sumber pustaka Buku[2])

  • M. Last name, "Patent Title," Country Patent Number, Date Month Year. (untuk sumber pustaka Paten[3])
  • M. Last name and F. M. Last name, "Proceeding Title," in Conference Name, City, Year, vol. Volume, pp. Page Number. (untuk sumber pustaka Proceeding[4])
  • M. Last Name, “Thesis Title,” University Name, Year. (untuk sumber pustaka Thesis/Dissertation)[5]
  • M. Last Name, "Website Name,” Date Month Year. [Online]. Available: URL. [Access Date] (untuk sumber pustaka Web[6])

Contoh list daftar pustaka yang dikelola menggunakan tool Mendeley dengan style IEEE sebagai berikut:

[1]    J. A. Marcial-Basilio, G. Aguilar-Torres, G. Sánchez-Pérez, L. K. Toscano-Medina, dan H. M. Pérez-Meana, “Detection of Pornographic Digital Images,” Int. J. Comput., vol. 5, no. 2, hal. 298–305, 2011.

[2]    R. O. Duda, P. E. Hart, dan D. G. Stork, Pattern classification, 2nd ed. New Jersey: John Wiley & Sons, 2012.

[3]    H. Kim, T.-K. Kim, W. Hwang, dan S. Kee, “Face Recognition Method and Apparatus Using Component-Based Face Descriptor,” US7203346B2, 2007.

[4]    I. G. P. S. Wijaya, K. Uchimura, dan G. Koutaki, “Fast and Robust Face Recognition for Incremental Data,” in Proceedings of Computer Vision ACCV 2010 Workshops (Lecture Notes in Computer Science), 2010, vol. 6469, hal. 414–423.

[5]    I. G. P. S. W. Wijaya, “Booster Transmisi Optis,” Universitas Gadjah Mada, 1997.

[6]    I. G. P. S. W. Wijaya, “JTIKA,” 2018. [Daring]. Tersedia pada: http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/misi. [Diakses: 10-Des-2018].

 Penyusunan rujukan dalam daftar pustaka berurut berdasarkan abjad nama pengarang dan diberi nomor angka arab dalam kurung siku. Penulisan unsur-unsur keterangan pustaka mengikuti kaidah dengan urutan: (1) nama pengarang ditulis dengan urutan nama akhir, nama awal dan nama tengah, tanpa gelar akademik. (2) tahun penerbitan. (3) judul, italic. (4) tempat penerbitan. (5) nama penerbit. Untuk pemisah antar-unsur keterangan pustaka digunakan tanda koma “,”.

 

  1. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan IEEE Style.
  2. Menggunakan Reference Manager dalam mengelola daftar pustaka dan pengutipan.
  3. Menghindari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  4. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.