ANALISIS KUALITAS WEBSITE CINEPOLIS DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 & IPA
DOI:
https://doi.org/10.36595/misi.v6i2.824Keywords:
Cinepolis, Kualitas Website, Webqual 4.0, IPAAbstract
Salah satu contoh dari perkembangan TI adalah proses pemesanan tiket Cinepolis yang dapat dilakukan secara online melalui website. Cinepolis sendiri adalah jaringan bioskop terbesar keempat di dunia yang beroperasi di sekitar 13 negara termasuk Indonesia. Akan tetapi dalam website Cinepolis saat ini masih terdapat kekurangan terutama dalam hal kualitas website. Oleh sebab itu penulis melakukan analisis kualitas website Cinepolis dengan metode WebQual 4.0 dan IPA untuk mengetahui kualitas website pemesanan tiket milik Cinepolis saat ini. IPA sendiri digunakan untuk menentukan karakteristik mana yang bermanfaat atau mungkin perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna terhadap website Cinepolis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan evaluasi kualitas web Cinepolis dengan bantuan metode WebQual 4.0, yang menekankan pada usability, interactivity, dan service. Hasil dari penelitian ini berupa hasil pengujian hipotesis dan hasil analisis distribusi diagram IPA. Hasil pengujian hipotesis bertujuan untuk menguji hipotesis yang sudah peneliti buat. Hasil analisis distribusi diagram IPA bertujuan untuk menjelaskan aspek mana saja dari web Cinepolis yang harus ditingkatkan, dipertahankan atau dikurangi.
References
Kadir, Abdul., and T. Wahyuni., “Pengenalan Teknologi Informasi,” p. 45, 2013.
R. Hidayatullah, “Pembuatan Desain Website Sebagai Penunjang Company Profile CV. Hensindo.,” pp. 11–25, 2016, [Online]. Available: http://sir.stikom.edu/id/eprint/2329/5/BAB_III.pdf.
J. F. Andry, G. Juliawan, and J. Wijaya, “Pengukuran Kualitas Website Elevenia Menggunakann Webqual Pengukuran Kualitas Website Elevenia Menggunakann,” vol. 4, no. February, pp. 33–38, 2019.
H. Ran, W. Zhuo, and X. Jianfeng, Web quality of agile web development. 2009.
J. T. Baiin, “Pengaruh Kualitas Website Pada Perceived Trust Dan Niat Beli Ulang: Pengujian Efek Moderasi Variabel Website Brand Dan Persepsi Nilai,” Sereal Untuk, no. 2000, pp. 9–24, 2016.
R. Fasabuma, H. Tolle, and S. H. Wijoyo, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Heuristic Evaluation ( HE ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1324–1332, 2020.
J. F. Andry, Y. Yuda, H. Pratama, and A. Veru, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada E-Commerce JD.ID,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 4, no. 3, p. 221, 2018.
H. E Tamer and A. M Abeer, “Customer participation in online co-creation experience: the role of e-service quality,” J. Res. Interact. Mark, vol. 9, no. 4, pp. 313–336, 2015.
Herawati and D. W. Suryono, “Analysis Service Quality With Method Importance Perfomance Analysis (IPA) On Transjakarta Bus,” pp. 1–20, 2020, [Online]. Available: http://repository.stei.ac.id/2677/2/21150000246_Artikel Inggris_2020..pdf.
J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, p. 23, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.
A. Hermanto, Supangat, and F. Mandita, “Evaluasi Usability Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi SerQual dan Webqual,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, pp. 33–39, 2017.
F. R. Wilujeng and R. Kusumo, “Analisis Kepuasan Tenaga Kerja Outsourcing Terhadap Pelayanan Perusahaan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA),” J. Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 11, no. 2, pp. 64–69, 2018.
F. Hapsari and E. Nahartyo, “Analisis Strategi Bersaing PT Cinemaxx Global Pasifik dalam Industri Bioskop di Indonesia,” Universitas Gadjah Mada, 2017.
H. A. Prameswari, Y. T. Mursityo, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan User Interface pada Aplikasi Mobile Cinepolis Indonesia menggunakan Metode Usability Testing,” vol. 4, no. 12, pp. 4329–4338, 2020.
A. Borbolla-Albores, “Cinépolis México: Prospects for International Growth in the Entertainment Industry.,” Reverse Entrep. Lat. Am., 2019, doi: https://doi.org/10.1007/978-3-319-94466-1_4.
W. Gata and H. O. Gilang, “Analysis of information system quality of service on BSI Academy’s environment using webqual methods, importance performance analysis and fishbone,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 95, no. 2, pp. 229–241, 2017.
I. G. N. S. Wijaya, E. Triandini, E. T. G. Kabnani, and S. Arifin, “E-commerce website service quality and customer loyalty using WebQual 4.0 with importance performances analysis, and structural equation model: An empirical study in shopee,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 107–124, 2021, doi: 10.26594/register.v7i2.2266.
A. Izadi, “Evaluating health service quality: using importance performance analysis,” Int. J. Health Care Qual. Assur., vol. 30, no. 7, pp. 656–663, 2017.
S. F. Amalia and W. Sastika, “Importance Performance Analysis (IPA) Untuk Mengetahui Kepuasan Pelayanan Melalui Kualitas Layanan Aston Braga Hotel & Residance Bandung,” J. Manaj. Pemasaran, Univ. Telkom, e-Proceeding Appl. Sci., vol. 4, no. 2, p. 313, 2018.
Syaifullah, I. G. P. S. Wijaya, and A. Y. Husodo, “Sistem Informasi Kepuasan Layanan Administrasi Akademik Berbasis IPA (Importance Performance Analysis) Fakultas Teknik Universitas Mataram,” J-COSINE, vol. 40, 2018.
I. P. A. Prayudha, M. Sudarma, and I. B. A. Swamardika, “Review Literatur Tentang Analisis Kepuasan Layanan Menggunakan Pendekatan Servqual dan IPA,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 20, no. 2, p. 203, 2021, doi: 10.24843/mite.2021.v20i02.p04.
D. Vanesa, F. Firman, and H. A. Mesta, “Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien Menggunakan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Kaji. Manaj. Dan Wirausaha, vol. 2, no. 1, p. 28, 2020.
S. Siregar, Metode Penulisan Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama. K E N C A N A, 2017.
D. Budiastuti and A. Bandur, Validitas dan Reliabilitas Penulisan. 2018.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.