RANCANG BANGUN CRM DENGAN API TELEGRAM PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.36595/misi.v6i1.695Keywords:
CRM, API telegram, web service, sistem informasi, bot telegramAbstract
Factorylandstore.id adalah bisnis yang terlibat dalam bidang penjualan, yang berfokus pada penjualan produk kacamata seperti kacamata berlensa, kacamata fashion, dan frame kacamata. Untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, maka perlu meningkatkan kualitas sistem informasi pelayanan agar tercipta loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan sistem informasi pelayanan yaitu, dengan merancang Customer Relationship Management (CRM) menggunakan API telegram pada sistem informasi pelayanan dengan metode web service. Metode web service dipakai untuk merancang sistem yang saling terintegrasi antara aplikasi CRM dan bot telegram agar pertukaran informasi dapat berjalan dengan baik, lancar, dan akurat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Metode waterfall merupakan pendekatan yang bersifat sistematis, untuk pengembangan perangkat lunak yang dimulai dengan analisis kemudian desain aplikasi, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan, menghasilkan pemeliharaan lanjutan dari perangkat lunak yang sudah jadi. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi CRM dapat terintegrasi dengan bot telegram sehingga bisa mempermudah Factorylandstore.id dalam memberikan informasi terkait produk terbaru, produk terlaris, promo, lokasi toko, dan info admin yang diberikan kepada pelanggan. Pelanggan dapat mencari informasi dan memberikan kritik atau saran melalui bot telegram yang sudah disediakan beberapa menu perintah, untuk mempermudah pelanggan dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.
References
E. M. Ayu, Adiyanto, and M. Asbari, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA IFA INTERIOR 1,” J. IPSIKOM, vol. 9, no. 2, pp. 2338–4093, 2021.
N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.
I. A. Nugraha, V. Rosalina, and Suherman, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Pada Sistem Informasi Pelayanan Jasa Meteorologi Berbasis Web,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 36–44, 2022, doi: 10.30656/jsii.v9i1.4390.
J. S. Irsandi, I. Fitri, and N. D. Nathasia, “Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, p. 346, 2020, doi: 10.35870/jtik.v5i4.192.
I. Pauji, J. Maulani, and G. A. Syafarina, “APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT . SURYA TIMUR SAKTI JATIM BERBASIS TELEGRAM GATEWAY Metode pengembangan sistem perangkat lunak mengacu pada model waterfall adalah salah satu model pengembangan software , dimana kemajuan suatu proses dipa,” 2022.
J. B. Kanani, “‘ CHALLENGES OF CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT IN E- COMMERCE – 2020 ,’” vol. 7, no. 11, pp. 168–173, 2020.
R. D. Risanty and A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling,” Semin. Nas. Sains dan Teknol., no. November, pp. 1–9, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/2071/1712
R. A. Fauzi, Sistem informasi akuntansi (berbasis akuntansi). Yogyakarta: Deepublish, 2017.
B. Haqi, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry pada Fatma Fresh Berbasis JAVA Netbeans dengan Mengunakan Scan Barcode Android.,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. KALUNI, vol. 1, pp. 150–156, 2018.
M. A. Putra and A. Solichin, “Optimasi Web Service dengan Penerapan Algoritma Kompresi LZW: Studi Kasus Aplikasi BluCampus Universitas Budi Luhur,” J. SKANIKA, vol. 1, no. 2, pp. 455–462, 2018.
T. Hamim, Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UMLe. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
W.Yunanri and A. Measer, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN EVENT ELETRONIC SPORT ( E-SPORT ) BERBASIS WEB PADA KOMUNITAS ESPORT INDONESIA WILAYAH,” J. Manaj. Inform. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 109–115, 2022.
I. Sommerville, Software engineering (10th edition). 2016.
N. R. Rahma Syabania, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.
A. L. Maitri and J. Sutopo, “Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,” Eprints.Uty.Ac.Id, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://eprints.uty.ac.id/
G. Sastrawangsa, “Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus,” Konf. Nas. Sist. Inform., p. 773, 2017.
Z. K. Dunggio, N. O. Idris, and S. A. Utiarahman, “SISTEM INFORMASI USULAN MUSRENBANG DESA BERBASIS WEB,” J. Manaj. Inform. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 168–177, 2022, [Online]. Available: file:///C:/dokumen mira/jurnal fixxx kearsipan/4212-8810-1-SM.pdf
Suwarno and R. R. Lim, “Perancangan Sistem Kasir Layanan Mandiri Berbasis Web Pada Supermarket Bless Dengan Metode Sdlc,” Conf. Manag. Business, Innov. Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 860–873, 2021.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.