POLA PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUCT UMKM MARTISTA IKHSAN DENGAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Authors

  • erlin elisa Universitas Putera Batam
  • Yopy Mardiansyah Institut Teknologi Batam
  • Rahmat Fauzi Universitas Putera Batam

Keywords:

UMKM, , Klasifikasi, , Datamining, , Naive Bayes

Abstract

Peluang usaha bisnis dan perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil, Menengah) sangat memiliki prospek yang cerah saat ini dengan keuntungan yang melimpah, hal ini dapat kita lihat bahwa banyaknya orang-orang yang awalnya bekerja pada perusahaan, kantor beralih profesi kelapangan kerja yang menjanjikan ini. Menurut badan pusat statistik (BPS) indonesia mengatakan bahwa usaha UMKM pasca krisis moneter tidak berkurang melainkan bertambah bahkan mampu menyerap 85 juta hingga 107 juta tenaga kerja sampai tahun 2012. Pada tahun itu, jumlah pengusaha di Indonesia sebanyak 56.539.560 unit. Dari jumlah tersebut, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 56.534.592 unit atau 99.99%. Sisanya, sekitar 0,01% atau 4.968 unit adalah usaha besar, apabila kita perhatikan bahwasanya bisnis UMKM memiliki peranan yang sangan besar bagi pertumbuhan ekonomi di indonesia terutama bagi pengusaha menengah kebawah. salah satunya UMKM dikota batam ini yaitu martista ikhsan. UMKM Martista Ikhsan ini yang terletak didaerah Batu Aji merupakan usaha kuliner dengan produk jajanan pasar atau snack khas dari mereka seperti kue kering, basah, gorengan dan masih banyak lagi, selama ini UMKM Martista Ikhsan belum melakukan sebuah inovasi baru baik dalam hal produk, kemasan dan penjualan yang lebih luas hal ini disebabkan karena pemilik usaha belum melihat secara detail tentang bagaimana pola pembelian konsumen dan apa yang sedang tren dipasaran menyangkut produk kuliner. Hasil penelitian ini diperoleh persentase untuk Correctly Classified Instance adalah sebesar 88.00 % sementara persentase untuk Incorrectly Classified Instance adalah sebesar 12.00 %. Di mana dari  data Penjualan UKKM Martistas Ikhsan, ada sebanyak 22 data Penjualan berhasil diklasifikasikan dengan benar dan sebanyak 3 data Penjualan tidak berhasil diklasifikasikan dengan benar.

Peluang usaha bisnis dan perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil, Menengah) sangat memiliki prospek yang cerah saat ini dengan keuntungan yang melimpah, hal ini dapat kita lihat bahwa banyaknya orang-orang yang awalnya bekerja pada perusahaan, kantor beralih profesi kelapangan kerja yang menjanjikan ini. Menurut badan pusat statistik (BPS) indonesia mengatakan bahwa usaha UMKM pasca krisis moneter tidak berkurang melainkan bertambah bahkan mampu menyerap 85 juta hingga 107 juta tenaga kerja sampai tahun 2012. Pada tahun itu, jumlah pengusaha di Indonesia sebanyak 56.539.560 unit. Dari jumlah tersebut, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 56.534.592 unit atau 99.99%. Sisanya, sekitar 0,01% atau 4.968 unit adalah usaha besar, apabila kita perhatikan bahwasanya bisnis UMKM memiliki peranan yang sangan besar bagi pertumbuhan ekonomi di indonesia terutama bagi pengusaha menengah kebawah. salah satunya UMKM dikota batam ini yaitu martista ikhsan. UMKM Martista Ikhsan ini yang terletak didaerah Batu Aji merupakan usaha kuliner dengan produk jajanan pasar atau snack khas dari mereka seperti kue kering, basah, gorengan dan masih banyak lagi, selama ini UMKM Martista Ikhsan belum melakukan sebuah inovasi baru baik dalam hal produk, kemasan dan penjualan yang lebih luas hal ini disebabkan karena pemilik usaha belum melihat secara detail tentang bagaimana pola pembelian konsumen dan apa yang sedang tren dipasaran menyangkut produk kuliner. Hasil penelitian ini diperoleh persentase untuk Correctly Classified Instance adalah sebesar 88.00 % sementara persentase untuk Incorrectly Classified Instance adalah sebesar 12.00 %. Di mana dari  data Penjualan UKKM Martistas Ikhsan, ada sebanyak 22 data Penjualan berhasil diklasifikasikan dengan benar dan sebanyak 3 data Penjualan tidak berhasil diklasifikasikan dengan benar.

References

R. V. Savitri, “PENCATATAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( STUDI PADA UMKM MR . PELANGI SEMARANG ) Keywords?: accounting records , UMKM Kata Kunci?: Pencatatan Akuntansi , UMKM Corresponding author?:,” vol. 5, no. 2, pp. 117–125, 2018.

Y. R. Suci, S. Tinggi, and I. Ekonomi, “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia,” J. Ilm. Fak. Ekon., pp. 377–386, 2017.

T. I. Andini, W. Witanti, and F. Renaldi, “Prediksi Potensi Pemasaran Produk Baru dengan Metode Naïve Bayes Classifier dan Regresi Linear,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 27–32, 2016.

A. Suparwo, H. Suhendi, M. N. Shobary, T. Arifin, D. Ariyandi, and R. Rachman, “Manajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur Sari,” J. Abdimas BSI, vol. 1, no. 1, pp. 130–135, 2018.

E. N. Wahyudi, “Teknik Klasifikasi untuk Melihat Kecenderungan Calon Mahasiswa Baru dalam Memilih Jenjang Pendidikan Program Studi di Perguruan Tinggi,” vol. 18, no. 1, pp. 55–64, 2013.

N. S. Odi Nurdiawan, “Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi STMIK Subang, Oktober 2013 ISSN: 2252-4517,” no. April, pp. 1–13, 2013.

Eviciana and H. Amalia, “Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Hasil Pemilihan Legislatif DPRD DKI Jakarta,” Thecno Nusa Mandiri, vol. IX, no. 1, pp. 48–56, 2013.

Y. Kustiyahningsih and E. Rahmanita, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Algoritma C4.5. untuk Penjurusan SMA,” Univ. Trunojoyo, vol. 5, no. 2, pp. 101–108, 2016.

H. Santoso, I. P. Hariyadi, and Prayitno, “Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. x, no. 1, pp. 19–24, 2016.

Meilani, B. Dwi, and W. Azmuri, “Penentuan Pola Yang Sering Muncul Untuk Penerima Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat,” Semin. Nas. "Inovasi dalam Desain dan Teknol., vol. x, no. x, pp. 424–431, 2015.

N. F. Nur Rohman Ardani, “Sistem Rekomendasi Pemesanan Sparepart Dengan Algoritma Fp-Growth,” pp. 6–7, 2016.

L. Navia Rani, “Klasifikasi Nasabah Menggunakan Algoritma C4.5 Sebagai Dasar Pemberian Kredit,” vol. 2, no. 2, pp. 33–38, 2015.

E. Elisa, “Prediksi Profit Pada Perusahaan Dengan,” vol. 05, no. 02, pp. 179–189, 2018.

D. R. Ente, S. A. Thamrin, S. Arifin, H. Kuswanto, and A. Andreza, “Klasifikasi Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Di Rumah Sakit Unhas Menggunakan Algoritma C4.5,” Indones. J. Stat. Its Appl., vol. 4, no. 1, pp. 80–88, 2020, doi: 10.29244/ijsa.v4i1.330.

A. nugroho Haris Parmudia, “Jurnal Teknologi Elektro , Universitas Mercu Buana Sistem Informasi Kerusakan Laptop Menggunakan Metode Naive Bayes,” vol. 8, no. 3, pp. 206–214, 2017.

H. Annur, “Klasifikasi Masyarakat Miskin Menggunakan Metode,” vol. 10, pp. 160–165, 2018.

A. N. Putri, “Penerapan Naive Bayesian Untuk Perankingan Kegiatan Di Fakultas Tik Universitas Semarang,” J. SIMETRIS, vol. 8, no. 2, pp. 603–610, 2017.

E. Manalu, F. A. Sianturi, and M. R. Manalu, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan Dan Jumlah Pemesanan Pada Cv . Papadan Mama Pastries,” Mantik Penusa, vol. 1, no. 2, pp. 16–21, 2017, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/257.

Downloads

Published

12-07-2022