PENGEMBANGAN APLIKASI JELAJAH MUSEUM KARBOL AKADEMI ANGKATAN UDARA PADA PLATFORM ANDROID

Authors

  • Chiva Olivia Bilah Duta Bangsa University
  • Joni Maulidar Universitas Duta Bangsa
  • Vihi Atina Universitas Duta Bangsa
  • Ardian Infantono Akademi Angkatan Udara

Keywords:

Jelajah,, Museum, , Aplikasi, , Android, , Usability

Abstract

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor di Indonesia yang berdampak paling parah akibat virus corona. Namun demikian, pemulihan ekonomi pada pariwisata menjadi bagian yang diprioritaskan. Salah satu tujuan wisata di Indonesia adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyaknya objek destinasi wisata yang dapat dipilih, salah satunya adalah objek wisata sejarah yang ada di kabupaten Sleman yaitu Museum Karbol AAU. Sayangnya, fasilitas yang ada kurang lengkap untuk memudahkan dan memandu pengunjung menjelajahi museum, serta informasi yang diberikan terbatas. Sehingga, adanya aplikasi mobile tour guide Museum Karbol berbasis Android sebagai media informasi wisatawan dalam memandu menjelajahi museum dan membantu memberikan informasi pada masyarakat untuk mengetahui koleksi yang ada di museum agar tertarik untuk datang ke Museum Karbol AAU. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan proses pengembangan perangkat lunak model waterfall dalam penelitian dan pengembangan, yang meliputi fase komunikasi, perencanaan, pemodelan, kontruksi, dan deployment. Sumber dan subjek data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif Museum AAU Karbol menggunakan metode angket/kuesioner dari pengunjung dan masyarakat, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memiliki hasil yaitu aplikasi tour guide Museum Karbol AAU yang dapat memenuhi kebutuhan sebagai media informasi sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajahi museum dan menemukan koleksi Museum Karbol AAU. Hasil pengujian aplikasi sebagai media informasi memenuhi persyaratan kualitas software ISO 25010 terutama pada karakteristik usability testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi memenuhi standar kualitas perangkat lunak ISO 25010 sebesar 85,02% (sangat baik) untuk kegunaan dan 100% (sangat baik) untuk kualitas pengujian materi informasi Museum Karbol AAU

References

Kemenparekraf, “Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2020,” https://www.kemenparekraf.go.id/, 2020. https://www.kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2020 (accessed Mar. 20, 2022).

C. Febriyani, “Targetkan 280 Juta Pergerakan Wisnus di 2022, Ini Strategi Kemenparekraf,” INDUSTRY.co.id, 2022. https://www.industry.co.id/read/102340/targetkan-280-juta-pergerakan-wisnus-di-2022-ini-strategi-kemenparekraf (accessed Mar. 20, 2022).

Antara, “Wonderful Indonesia! Sandiaga Uno Promosikan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di ATF 2022,” https://travel.okezone.com/, 2022. https://travel.okezone.com/read/2022/01/18/406/2533712/wonderful-indonesia-sandiaga-uno-promosikan-5-destinasi-wisata-super-prioritas-di-atf-2022?page=2 (accessed Mar. 21, 2022).

L. V. Risna Halidi, “Indonesia Jadi Ketua ASEAN Tourism Forum 2022, Yogyakarta Terpilih Sebagai Tuan Rumah,” Suara.com, 2022. https://www.suara.com/lifestyle/2022/01/17/144107/indonesia-jadi-ketua-asean-tourism-forum-2022-yogyakarta-terpilih-sebagai-tuan-rumah (accessed Mar. 21, 2022).

D. P. Jogja, “Statistik Kepariwisataan DIY Tahun 2020,” https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/, 2021. https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/32907/statistik-kepariwisataan-diy-tahun-2020/ (accessed Mar. 21, 2022).

Dispenau, “KASAU: Muspurdirla Bakal Menjadi Museum Terbesar di Asia Tenggara,” tni-au.mil.id, 2017. https://tni-au.mil.id/kasau-muspurdirla-bakal-menjadi-museum-terbesar-di-asia-tenggara/ (accessed Mar. 21, 2022).

StatCounter, “Desktop vs Mobile vs Tablet Market Share Worldwide,” https://gs.statcounter.com/, 2022. https://gs.statcounter.com/platform-market-share/desktop-mobile-tablet (accessed Mar. 22, 2022).

StatCounter, “Operating System Market Share Indonesia,” https://gs.statcounter.com/, 2022. https://gs.statcounter.com/os-market-share (accessed Mar. 22, 2022).

N. Yudhawati and others, “Aplikasi Museum Dengan Teknologi Qr Code, Restful Api Dan Augmented Reality Berbasis Android Studi Kasus Di Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta,” Stmik Akakom Yogyakarta, 2020.

N. Istiawan and N. Nuralia, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Koleksi Museum Berbasis Web (Studi Kasus Museum Negeri Provinsi Lampung),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 102–109, 2021.

B. D. Bramantyo and P. Ismail, “Digital Tourism Museum Nasional Indonesia Melalui Virtual Tour Di Masa Pandemi Covid-19,” WACANA J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 20, no. 2, pp. 184–196, 2021.

Rosa and Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstrukur dan Berorientasi Objek). Bandung, 2016.

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Cet 4 tahu. Bandung: ALFABETA, 2019.

R. S. Pressman and B. R. Maxim, “Software Engineering?: A Practitioner’s Approach, Eighth Edition,” ACM SIGSOFT Software Engineering Notes. McGraw-Hill Education, United States, 2015, doi: 10.1145/1226816.1226822.

A. Sinha and P. Das, “Agile Methodology Vs. Traditional Waterfall SDLC: A case study on Quality Assurance process in Software Industry,” in 2021 5th International Conference on Electronics, Materials Engineering Nano-Technology (IEMENTech), 2021, pp. 1–4, doi: 10.1109/IEMENTech53263.2021.9614779.

Fadhallah, R. A., & Psi, S. (2021). Wawancara. UNJ PRESS.

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. (2020). INSTRUMEN PENELITIAN.

E. Trichkova-Kashamova, “Applying the ISO/IEC 25010 Quality Models to an Assessment Approach for Information Systems,” in 2021 12th National Conference with International Participation (ELECTRONICA), 2021, pp. 1–4.

J. P. Miguel, D. Mauricio, and G. Rodríguez, “A Review of Software Quality Models for the Evaluation of Software Products,” Int. J. Softw. Eng. Appl., 2014, doi: 10.5121/ijsea.2014.5603.

J. Estdale and E. Georgiadou, “Applying the ISO/IEC 25010 Quality Models to Software Product,” in Systems, Software and Services Process Improvement, 2018, pp. 492–503.

H. O. Al-Sakran and M. A. Alsudairi, “Usability and Accessibility Assessment of Saudi Arabia Mobile E-Government Websites,” IEEE Access, vol. 9, pp. 48254–48275, 2021, doi: 10.1109/ACCESS.2021.3068917.

A. Ben David, Mobile Application Testing (Best Practices to Ensure Quality). Amdocs, 2011.

O. Lengkong, S.Kom., M.Ds., M. D. Tumewu, and N. T. T. Lumintang, “Analisis Usability Pada Aplikasi M-Commerce Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan USE (Usefulness, Satisfaction, Ease of Use) Questionnaire,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 1, p. 182, 2021, doi: 10.31154/cogito.v7i1.311.182-192.

I. K. Sukendra and I. Atmaja, “INSTRUMEN PENELITIAN,” 2020.

T. A. Ghaffur, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Kegiatan Sekolah Berbasis Mobile Web Di Smk Negeri 2 Yogyakarta,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 94–101, 2017, doi: 10.21831/elinvo.v2i1.16426.

Downloads

Published

12-07-2022