DESAIN PERANCANGAN SISTEM COMPUTER BASED TEST UNTUK UJIAN SEMESTER MAHASISWA MENGGUNAKAN FRAMEWORK CI (STUDI KASUS : POLITEKNIK HASNUR)

Authors

  • Abdullah Ardi Politeknik Hasnur
  • A. Rayhan Alief Politeknik Hasnur

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v5i1.603

Keywords:

Computer Based Test, Codeigneter 3, Waterfall

Abstract

Politeknik Hasnur merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada tahun 2012 di bawah naungan YHC yang terletak di Handil Bakti, Banjarmasin. Politeknik Hasnur memiliki program studi Teknik Informatika, Budidaya Tanaman Perkebunan, dan Teknik Otomotif. Politeknik Hasnur dalam melaksanakan ujian masih dengan manual sistemyaitu menggunakan kertas. Hal ini sangat memungkinkanterjadinya kecurangan dan juga hasil ujian cukup lama keluar dalam waktu 1 – 4 hari. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan sistem yang efektif dalam pelaksanaan ujian berbentuk uji kompentensi yang terkomputerisasi yaitu CBT. CBT ialahpengujian tes yang diselenggarakan sebagai media utama dalam melakukan kegiatan ujian. CBT merupakan bentuk sistem evaluasi atau ujian online yang sangat efektif dalam arsip serta penilaian . Metodepenelitian  yang diterapkan dalam penelitian iniyaitu teknikobservasi dan teknik wawancara. Pengembangan sistem dengan merapkan metode Airterjun ( Waterfall ), dengan alur tahapan dimulai analisis kebutuhan sampai tahap pengujian sistem. Dalam analisis kebutuhan sistem, beberapa data yang gunakan yaitu matakuliah dan dosen pada tahun 2020. Tahap kedua yakni desian sistem dengan menerapkan ERD dan DFD. Untuk tahap implementasi menerapkan framework CI 3, dengan bahasa pemrograman PHP, HTML,CSS, Javascript, dan query MySQL. Serta tahapan terakhir untuk pengujian sistem atau aplikasi menerapkan Teknik Blackbox Testing, untuk menentukan apakah semua fitur aplikasi bekerja sesuai kebutuhan sistem. Berdasarkan hasil pengujian di dapatkan bahwa penggunaan sistem CBT dapat menghasilkan data akhir yang real timedan paperless

References

Astuti, D. 2007. Sukses Menjalani Wawancara Kerja 4.

Tynan, B. 2004. Melatih Anak Seperti Berpikir Jenius. Gramedia Pustaka Utama.

Arisandi, D., Rachmawati, D., dan Aulia, I. 2018. Pengembangan Computer-Based Test sebagai Strategi Peningkatan Efisiensi Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Meda .Vol 1 No 1

Basuki, A. P. 2007. Membangun Web berbasis PHP dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta.

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Buku 1. Yogyakarta: Andi.

Nainggolan, I. O. 2020. Aplikasi Sistem Ujian Online Pada Local Area Network Dengan Metode Kriptografi Government Standard. Jurnal Sains dan Teknologi ISTP, Vol. 13, No. 01 .

Yusran, M., & Sutopo, J. 2020. Sistem Computer Based Test (CBT) Untuk Penerimaan Siswa BARU (Studi Kasus: SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta). Naskah Publikasi .

Arisandi, D., Rachmawati, D., & Aulia, I. 2018. Pengembangan Computer-Based Test sebagai Strategi Peningkatan Efisiensi Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Meda .

Sulaiman, H., Hapsari, T., Tonah, & Nasir, F. 2020. Simulasi Aplikasi Tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk) Online di Sma Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Volume 6 Nomor 1 .

Irham, A. S. 2006. Buku Pintar TOEFL. Yogyakarta.

Yulianto. 2016. Komputerisasi Dunia.

Daulay, M. S. 2007. Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer.

Asmawi, M. R. 2005. Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu Di Perguruan Tinggi . Banten: Makara, Sosial Humaniora, Vol. 9, N0. 2

Cummings, H. 2006 . Mannformation Systems for the Information Age. Toronto: McGraw-Hill Ryerson.

Khairul Imtihan, (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok. Bianglala Informatika, 3(2)

Imtihan, K., & Fahmi, H. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Daerah Rawan Kecelakaan Dengan Menggunakan Geographic Information Systems

Imtihan, K., & Basri, M. H. (2019). Sistem Informasi Pembuatan Manifest Muatan Kapal Berbasis Dekstop Dan Android. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 69-76. (GIS). Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 3(1), 16-23.

Downloads

Published

11-02-2022