PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.36595/misi.v5i1.539Keywords:
Linear Congurential Generators, Quiz, Online Assesment, e-learningAbstract
Pada pembelajaran secara daring (online) terjadi beberapa pergeseran dalam melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Salah satu yang jelas dihadapi terutama saat pandemi adalah ujian tidak dapat dilakukan di sekolah atau kampus. Permasalahan tersebut mendorong tenaga pendidik untuk mencari cara agar ujian dapat dilakukan tepat waktu, mudah untuk digunakan oleh guru maupun siswa, serta jujur. Agar evaluasi pembelajaran dapat dilakukan dengan jujur, maka diperlukan metode dimana soal-soal yang akan keluar saat ujian dapat diacak sehingga dapat mengurangi aktivitas kecurangan yang dilakukan siswa ketika ujian. Metode Linear Congurential Generators adalah salah satu metode yang populer untuk sistem pengacakan soal. Pengembangan Aplikasi penilaian pembelajaran berbasis web menggunakan PHP sebagai bahasa programdan sudah berhasil dalam mengacak soal ujian. Aplikasi dilakukan ujicoba terhadap guru dan siswa di SMAN 17 Makassar dengan poin penilaian kemudahan membuat kuis, user friendly, kemudahan dalam membuat penilaian, dan user interface yang menarik. Rata-rata penilaian terhadap aplikasi adalah 88,33% guru dan 90,2% siswa memberikan penilaian setuju dan sangat setuju.
References
M. V. S. M. Meryansumayeka, "Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah dan Pembelajaran Matematika," Jurnal Pendidikan Matematika, p. vol. 12. no. 1, 2018.
M. K. Ali and S. , "Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan," Jurnal Riset Tindakan Indonesia, vol. 6, no. No. 2, 2021.
K. A. Imania and S. K. Bariah, "Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring," PETIK, vol. 5, no. No.1, 2019.
K. Setemen, L. J. E. Dewi and I. K. Purnawan, "Model Peer Assessment Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi," Jurnal Pendidikan dan Kejuruan, vol. 16, no. No. 1, 2019.
E. "Pengembangan Assesment Pembelajaran Berbasis Online Teks Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP," CARAKA, vol. 6, no. No. 1, 2019.
M. J. Fuady, "Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online Untuk Pendidikan Jarak Jauh," Tekno, vol. 26, no. No. 2, 2016.
B. J. Mutu, Pedoman Evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan, Penerbitan Unversitas Trisakti, 2019.
S. Kemp, "Digital 2021 : Indonesia," Hootsuite, 11 Februari 2021. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia. [Accessed 11 Januari 2022].
R. S. Pressman and B. R. Maxin, Software Engineering : A Practitioner's Approach, McGraw-Hill Education, 2019.
A. R. Ananda and R. , Evaluasi Pembelajaran, Citapustaka Media, 2014.
H. E. P. A. Hangga, "Modifikasi Linear Congruential Generator untuk Sistem Pengacakan Soal pada Computer Based Test (CBT)," Jurnal Teknik Elektro, pp. Vol. 8, no. 2, 2016.
D. T. S. R. Arianty, "Kombinasi Logistic Map Dan Pseudo-Random Number Generator Pada Pembangkitan KunciI Untuk Enkripsi Citra Digital," Jurnal Rekayasa, pp. vol. 25, no. 3, 2020.
Naproni, "Algoritma Pembangkit Bilangan Linear Congruential Generator (LCG) dengan Multiplicative Random Number Generator (MNRG) dalam Probabilitas Kemunculan Bilangan yang Sama," in Semantika, Medan, 2017.
H. H. S. P. R. Wahyudi, "Perancangan Aplikasi Quis Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android," Riau Journal of Computer Science, pp. Vol. 1, no. 1, 17 - 26 , 2015.
S. Sofyan, "Penerapan Linear Congruential Generator ( Lcg ) Dalam Perancangan Perangkat Lunak Permainan Ken Ken," Jurnal TIMES, vol. 5, no. no. 1, 2016.
Khairul Imtihan, (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok. Bianglala Informatika, 3(2).
Imtihan, K., & Fahmi, H. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Daerah Rawan Kecelakaan Dengan Menggunakan Geographic Information Systems (GIS). Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 3(1), 16-23.
Imtihan, K., & Basri, M. H. (2019). Sistem Informasi Pembuatan Manifest Muatan Kapal Berbasis Dekstop Dan Android. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 69-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.