PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA ASSET ORGANISASI TATALAKSANA DAN ADMINISTRASI PENINGKATAN APARATUR PADA KANTOR WALIKOTA PEMATANGSIANTAR

  • dedi suhendro AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar
  • Dedi Suhendro AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar

Abstract

Setiap lembaga perusahaan baik milik pemerintah, swasta, maupun milik asing menerapkan sistem komputerisasi dalam menjalankan usahanya. Selain mudah dalam pengguaannya, sistem komputerisasi juga memiliki tingkat akurasi dan efisiensi yang lebih besar dibandingkan dengan sistem manual. Melihat peran teknologi informasi dan komputerisasi yang sangat vital, setiap orang dituntut memiliki ilmu dan keahlian pada bidang tersebut yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Sistem yang berjalan saat ini pada Kantor Walikota Pematangsiantar dalam mengolah data asset masih kurang akurat karena sistem yang digunakan untuk data asset masih menggunakan Microsoft Excell dan masih menggunakan buku besar sehingga kesulitan dalam pencarian data, pengolahan, penyimpanan dan laporan. Teknologi memberikan perkembangan yang cukup signifikan dan kemudahan-kemudahan dalam menyelesaikan suatu masalah. Sistem informasi yang dirancang akan memberi kemudahan dan membantu manusia untuk menyelesaikan pengolahan data khususnya data asset pada Kantor Walikota Pematangsiantar sehingga lebih mudah mencari, mengolah, menyimpan dan pelaporan data asset karena sudah menjadi suatu kebutuhan masa kini. Penulis memberikan solusi dengan membangun suatu sistem pengolahan data asset dengan harapan sistem dapat mempermudah proses pencarian berkas-berkas dalam pengolahan data asset. Perancangan suatu sistem informasi dapat diolah dengan bahasa pemograman Visual Basic.Net dan MySQL dengan tujuan untuk mengelola data asset pada Kantor Walikota Pematangsiantar.

References

D. Suhendro and T. Aprilila, “Perancangan dan Implementasi Realisasi Anggaran Pendapatan (Studi Kasus : Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar),” in Seminar Nasional Teknologi Informatika, 2017, pp. 29–34.
Y. Wardany, D. Suhendro, and F. A. Purba, “Sistem Perhitungan PPH Pasal 21 atas Pembayaran Gaji Pegawai Kantor pada PT Perkebunan Nusantara III Sei Mangkei Kabupaten Simalungun,” TECHSI, vol. 11, no. 1, pp. 157–168, 2019.
E. Iswandy, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penagihan Purchasing Order Customer Studi Kasus pada CV. Vertical Cipta Relasi Padang dengan Metode Centralized Data Processing,” J. TEKNOIF, vol. 4, no. Oktober, pp. 107–119, 2016.
Ermatita, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan,” J. Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 966–977, 2016.
Rini Asmara, “Sistem Informasi Pengolahan Data Penganggulangan Bencana pada Kantor Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman,” J. j-Click, vol. 3, no. 2, pp. 80–91, 2016.
M. Ridwan, M. Muhammad, and S. Ramadhani, “Rancangan Sistem Informasi Manajemen Aset di PT. Sentral Tukang Indonesia,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 47–53, 2017.
N. Qalby, “Rancang bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis WEB pada Rumah Sakit Labuang Baji Makassar,” UIN Alauddin Makassar, 2017.
S. Dewi, L. M. Jannah, and U. Jumaryadi, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap pada PT. Metis Teknologi,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inform. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 81–91, 2018.
Jogiyanto, Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
R. Romzi, W. Bagye, A. Tantoni, and H. Fahmi, “Monitoring Kinerja Pegawai Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah Berbasis Android,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 1, p. 46, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i1.89.
Imtihan, K., & Basri, M. H. (2019). SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MANIFEST MUATAN KAPAL BERBASIS DEKSTOP DAN ANDROID. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 69-76.
Pitriyawati, M. and Imtihan, K., 2018. Sistem Informasi Kenaikan Pangkat Karyawan Pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), pp.31-38.
Published
2020-03-02
How to Cite
SUHENDRO, dedi; SUHENDRO, Dedi. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA ASSET ORGANISASI TATALAKSANA DAN ADMINISTRASI PENINGKATAN APARATUR PADA KANTOR WALIKOTA PEMATANGSIANTAR. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 58 - 67, mar. 2020. ISSN 2614-3739. Available at: <http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/159>. Date accessed: 06 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.36595/misi.v3i1.159.