SIMULASI PEMILIHAN HARDWARE JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN PENYESUAIAN SKALABILITAS JARINGAN (Studi Kasus: STMIK Lombok)

  • Ahmad Tantoni STMIK Lombok
  • Mohammad Taufan Asri Zaen STMIK Lombok
  • Wire Bagye STMIK Lombok

Abstract

STMIK Lombok merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Lombok Tengah dan merupakan salah satu perguruan tinggi ilmu komputer. Pengembangan strategi sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) menjadi landasan utama dalam terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi, namun permasalahan yang terjadi adalah dalam mengakses jaringan internet atau sistem informasi, civitas kampus merasakan akses lambat yang disebabkan infrastruktur jaringan komputer saat ini belum maksimal. Statistik menunjukan peningkatan jumlah mahasiswa dari setiap tahun ajaran membuat perlunya pembaharuan infrastruktur jaringan komputer yang ada. Tata letak akses point yang sesuai agar bisa mengcover sinyal wifi disemua lokasi kampus, dan dengan layout gedung kampus baru, maka jaringan komputer harus didesain ulang untuk meningkatkan skalabilitas civitas kampus yang setiap tahun makin meningkat. Pihak pengelola STMIK Lombok menginginkan adanya penyelarasan antara layout gedung kampus baru dengan perancangan blueprint infrastruktur jaringan komputer. Selain itu dalam penyusunan strategi teknologi informasi dari strategi bisnis untuk membangun infrastruktur jaringan komputer, diperlukan juga sebuah analisis strategi dalam penyusunannya, dan juga menginginkan pemilihan produk hardware jaringan komputer antara produk Cisco dengan Mikrotik sebagai landasan manajemen kampus dalam pengambilan keputusan pemilihan hardware jaringan yang digunakan. Penelitian ini membandingkan kemampuan skalabilitas hardware produk Cisco dan produk Mikrotik dalam perancangan blueprint infrastruktur jaringan komputer, serta memberi panduan untuk praktisi dan akademisi jaringan komputer dalam pemilihan hardware jaringan yang akan dipasang. Penelitian ini dapat mengetahui skalabilitas user produk cisco dan mikrotik pada core layer dan disribution layer, dan bisa digunakan oleh manajemen kampus sebagai acuan untuk kebijakan migration planning disesuaikan dengan Renstra.

References

A. Tantoni, A. Setyanto, and E. Pramono, “Analisis Dan Perancangan Blueprint Infrastruktur Jaringan Komputer Untuk Mendukung Implementasi Sistem Informasi Pada STMIK Lombok,” J. Inf. Interaktif Vol.3 No.1 Januari 2018, vol. 3, no. 1, pp. 67–76, 2018.
A. Tantoni and M. T. A. Zaen, “Manajemen Wireless Dengan Mapping ssid access point,” J. Inform. Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 2, pp. 20–26, 2019.
A. Tantoni, “Perancangan Blueprint Jaringan Intervlan Routing Menggunakan Model Hirarki Desain Jaringan,” J. Transform. (Informasi Pengemb. Iptek), vol. 15, no. 1, pp. 56–65, 2019.
A. Tantoni and M. T. A. Zaen, “Penyusunan Blueprint Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Analisis Swot Pada Stmik Lombok,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 54, 2019.
M. Kodri, “Model Pengambilan Keputusan Untuk Mendukung Pemilihan Hardware Wireless,” STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG, Pangkalpinang, Bangka Belitung, 2013.
D. Oktoberi, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mendukung Pemilihan Hardware Wireless,” STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG, 2013.
E. Harli, “Pemilihan Network Monitoring System Berdasarkan Kajian Efektifitas Sistem Informasi dengan Pendekatan AHP : Studi Kasus pada ‘PT.TUV,’” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 64–70, 2016.
D. Ariyus and R. Andri, Komunikasi Data. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
id.wikipedia.org, “Skalabilitas,” 2019. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Skalabilitas. [Accessed: 10-Jan-2020].
C. Aziz, H. Supriyono, and M. Muslich, “Analisis Blueprint Jaringan Komputer Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Dengan Cisco Packet Tracer,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
E. S. Mulyanta, Pengenalan Protokol Jaringan Wireless Komputer. Yogyakarta: Andi, 2005.
R. Banerjee, Internetworking Technologies: An Enggineering Perspective. Pilani, India, 2002.
K. Webb, Building Cisco Multilayer Switched Network, vol. 112, no. 483. 2000.
D. Teare, Designing for Cisco internetwork solutions (DESGN). 2008.
M. Husnaini, W. Bagye, and M. Ashari, “Implementasi Fitur Layer 7 Protocols Mikrotik Rb750 Di SMKN 1 Narmada,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 1, p. 78, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i1.94.
Published
2020-03-02
How to Cite
TANTONI, Ahmad; ZAEN, Mohammad Taufan Asri; BAGYE, Wire. SIMULASI PEMILIHAN HARDWARE JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN PENYESUAIAN SKALABILITAS JARINGAN (Studi Kasus: STMIK Lombok). Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 24 - 34, mar. 2020. ISSN 2614-3739. Available at: <http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/133>. Date accessed: 15 july 2020. doi: https://doi.org/10.36595/misi.v3i1.133.