PERACANGAN SISTEM INFORMASI KASUS BULLYING DI SMAN 1 BUKITTINGGI

Authors

  • M. Dede Nanda Pratama UIN SMDD Bukittinggi
  • Sarwo Derta Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hari Antoni Musril Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Riri Okra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v8i1.1290

Keywords:

Bullying, Kasus Bullying, Sistem Informasi Kasus Bullying

Abstract

Bullying adalah masalah sosial yang serius di berbagai jenjang pendidikan, termasuk sekolah menengah atas. Siswa seringkali takut dan tidak percaya diri saat melaporkan kasus bullying, terutama karena ancaman dari pelaku. pelaporan bullying masih dilakukan secara langsung atau melalui kotak pengaduan yang seringkali tidak efektif karena bukti yang kurang kuat. Untuk mengatasi masalah ini, sistem informasi dibuat untuk mempermudah pelaporan bullying dengan menjaga identitas pelapor tetap rahasia dan memberikan informasi dengan cepat. Jenis penelitian ini menerapkan Research and Development (R&D) dengan metode model Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari empat tahap yaitu requirements planning, user design, construction, cutover. Di SMAN 1 Bukittinggi, sistem diuji oleh siswa, guru pembimbing konseling, ahli ilmu komputer, dan bahasa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini valid (0,91), praktikalitas sangat tinggi (0,95), dan efektivitas tinggi (79 %). Hasilnya menunjukkan bahwa sistem informasi kasus bullying di SMAN 1 Bukittinggi sudah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

S. Maisah, “Bullying dalam Prespektif Pendidikan Islam,” Al-Tarbawi Al-Haditsah J. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 147–163, 2020, doi: 10.24235/tarbawi.v5i1.6317.

G. A. Sari, “Guru Bimbingan Konseling Dalam Fungsi Pada Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Dari Rumah,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 8, no. 2, p. 452, 2020, doi: 10.36841/pgsdunars.v8i2.847.

Sutono, Tri Widayanti, and Bety Agustina Rahayu, “Perancangan Sistem Informasi dan Sarana Pelaporan Kasus Bullying Berbasis Web Menggunakan Teknologi Pemograman PHP dengan Framework Laravel,” Infokes J. Ilm. Rekam Medis dan Inform. Kesehat., vol. 10, no. 2, pp. 44–48, 2020, doi: 10.47701/infokes.v10i2.1032.

W. H. M, N. A. A. Safanah, R. Awalia, M. A. B, and A. Ansyah, “SafeTalk?: Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kasus Pelecehan Seksual dan Bullying untuk Mengatasi Perilaku Kekerasan di Sekolah,” Indones. Technol. Educ. J., vol. 01, no. 02, pp. 94–105, 2023.

N. D. Veronika, S. Saroni, and M. Muntahanah, “Aplikasi Pengaduan Bullying Dan Kekerasan Anak Serta Perempuan Menggunakan Location Base Service,” Pseudocode, vol. 9, no. 2, pp. 95–105, 2022, doi: 10.33369/pseudocode.9.2.95-105.

W. U. S. Manalu, L. Hakim, and C. Wulandari, “Sistem Informasi Pengaduan Siswa Berbasis Website Dengan Framework Laravel,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 3, pp. 1005–1013, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i3.3368.

C. Wulandari and D. Suhendro, “Perancangan Sistem Informasi Data Asset Organisasi,” MISI (Jurnal Manaj. Inform. Sist. Informasi), vol. 3, no. 1, pp. 56–67, 2020.

I. M. P. P. Wijaya and Luh Putu Safitri Pratiwi, “Sistem Informasi Perkembangan Ternak Babi Berbasis Website Pada Ternak Jaya,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 118–130, 2024, doi: 10.36595/misi.v7i2.1193.

I. Fitroh, M. I. Rosidi, I. Tasnur, I. H. Hotimah, and N. R. Arrazaq, “Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo,” J. Hum. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 122–126, 2023.

U. G. Salamah, “Tutorial Cascading Style Sheets (CSS),” vol. 1, no. 2, pp. 24–31, 2021, [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=exclEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=css+adalah&ots=Wt-_qCgSqn&sig=F8Ckn0iUr2KZyUmJ7exVLxbtlPQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Rina Noviana, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Monja Store Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 2, pp. 112–124, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i2.128.

Y. Afriliana and A. Y. Rahmadhani, “Penerapan Sistem Informasi Online Pada Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,” J. Ilmu Data, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021, [Online]. Available: http://ilmudata.org/index.php/ilmudata/article/view/21.

T. Wijayanti, F. Nugraha, and A. P. Utomo, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus,” J. Comput. Inf. Syst. Ampera, vol. 3, no. 1, pp. 56–65, 2022, doi: 10.51519/journalcisa.v3i1.141.

M. Marisa, “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ di Era Society 5.0,” Santhet (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), vol. 5, no. 1, p. 72, 2021, doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.

T. Andrian and I. Kristianto, “Penerapan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Online (Studi Kasus: SMK Cahaya Bangsa Tangerang),” Sci. Sacra J. Sains, vol. 2, no. 2, pp. 306–315, 2022, [Online]. Available: http://pijarpemikiran.com/index.php/Scientia.

A. B. Wicaksono and S. H. Suryawan, “Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Pengembangan Perpustakaan Digital Web di Rumah Sakit

Jiwa Atma Husada Mahakam 2023 Nanggroe?: Jurnal Pengabdian Cendikia,” vol. 1, no. 11, pp. 36–45, 2023.

Rafi Thahir, Supriadi, Hari Antoni Musril, and Riri Okra, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Hypercontent pada Mata Pelajaran Informatika di MAN 1 Bukittinggi,” Intellect Indones. J. Learn. Technol. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 171–186, 2022, doi: 10.57255/intellect.v1i2.92.

Y. Afrelia, R. Okra, L. Efriyanti, and H. A. Musril, “Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Siswa Berbasis Android di SMKN 1 Ampek Angkek,” Indones. Res. J. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 808–815, 2022, doi: 10.31004/irje.v3i1.152.

H. A. Musril, M. Kom, and R. Fauzi, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri (UIN) Bukittinggi,” vol. 1, no. 3, pp. 12–18, 2023.

Downloads

Additional Files

Published

16-01-2025

How to Cite

M. Dede Nanda Pratama, Derta, S., Musril, H. A., & Okra, R. (2025). PERACANGAN SISTEM INFORMASI KASUS BULLYING DI SMAN 1 BUKITTINGGI. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 13–23. https://doi.org/10.36595/misi.v8i1.1290