AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PERKREDITAN ONLINE TERPADU BANK XYZ CABANG PERAWANG MENGGUNAKAN ITIL V3

  • M Khairul Anam MKA
  • Ade Riyanda Putra STMIK Amik Riau
  • Sofiansyah Fadli STMIK Lombok
  • Muhammad Bambang Firdaus Universitas Mulawarman
  • Fadli Suandi Politeknik Negeri Batam
  • Lathifah Lathifah Universitas Teknokrat Indonesia

Abstract

Bank XYZ memberi layanan kepada konsumennya melalui beberapa produk yang ditawarkan. Untuk mendukung layanan yang tersebut, Bank XYZ menyediakan sistem untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Pada penelitian ini yang menjadi tempat objek penelitian adalah Bank XYZ cabang Perawang. Salah satu sistem pelayanan di Bank XYZ cabang Perawang adalah Sistem Perkreditan Online Terpadu. Peran sistem ini untuk memberi kemudahan kepada karyawan Bank XYZ untuk melakukan proses layanan kredit. Dengan sistem ini, karyawan Bank XYZ dapat langsung kirim data lapangan hanya dengan menggunakan perangkat smartphone yang terpasang aplikasi tersebut dan dapat langsung diproses. Mengingat peranan sistem tersebut dalam menunjang kelancaran dalam melakukan perkreditan pada Bank XYZ cabang Perawang, maka perlu adanya evaluasi terhadap sistem tersebut. Evaluasi ini menggunakan framework ITIL version 3 dengan domain Service transition dan service operation. Hasil dari evaluasi ini, menunjukan kedua domain sudah berada pada level 4 (managed and measurable) dari skala 5. Level 4 berarti dalam menerapkan tata kelola TI telah dipahami dan diterima dengan baik, aktifitas TI sudah mengacu pada prosedur, tertulis secara jelas dan di dokumentasikan.

References

[1] Pemerintah Indonesia, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1992 TENTANG PERBANKAN,” www.bphn.go.id, 1998. .
[2] J. F. Andry, “Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada Training Center Di Jakarta Menggunakan Framwork Cobit 4.1,” J. Ilm. FIFO, vol. 7, no. 1, p. 42, 2016.
[3] N. Purwati, “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework Cobit 4.1 (Studi Kasus Ibi Darmajaya),” J. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 134–152, 2014.
[4] I. Maita and S. Akmal, “ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN BEST PRACTICE ITIL V3 SERVICE OPERATION (Studi Kasus: Pustaka dan Arsip Kampar) 1,2,” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 60–65, 2016.
[5] L. A. K. Wardani, Murahartawaty, and L. Ramadani, “Perancangan Tata Kelola Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Itil V3 Domain Service Design Di Pemerintahan Kota Bandung Designing Information Technology Service Management Governance Using Itil V3 Service Design Domain in Bandung City,” in e-Proceeding of Engineering, 2016, vol. 3, no. 2, pp. 3397–3402.
[6] M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, “Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation,” Fountain Informatics J., vol. 4, no. 1, 2019.
[7] Y. Bounagui, A. Mezrioui, and H. Hafiddi, “Toward a unified framework for Cloud Computing governance: An approach for evaluating and integrating IT management and governance models,” Comput. Stand. Interfaces, vol. 62, pp. 98–118, 2019.
[8] ITSMF UK, “An Introductory Overview of ITIL®2011.” p. 30, 2011.
[9] Y. N. Sari and M. J. Effendi, “Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi Pada Stie – Amik Lembah Dempo Pagaralam Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library ( Itil Versi 3 ),” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016, pp. 6–7.
[10] Winalia, F. Renaldi, and A. I. Hadiana, “Pengukuran Tingkat Kematangan Teknologi Informasi menggunakan COBIT 4.1 Pada Universitas Jenderal Achmad Yani,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2017, pp. 31–36.
[11] T. Triyanto and W. Gata, “TINGKAT KEMATANGAN ( MATURITY LEVEL ) TATA LAKSANA INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA MANAJEMEN PROGRAM DAN PROYEK : STUDI KASUS PT. XYZ,” J. Gerbang, vol. 8, no. 1, pp. 25–32, 2018.
[12] H. Siagian and E. Cahyono, “Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop,” J. Manaj. Pemasar., vol. 8, 2014.
[13] Y. D. Pertiwi and B. B. Siswoyo, “Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada umkm kripik buah di kota batu,” in Seminar Nasional dan The 3rd Call for Syariah Paper, 2016, pp. 231–238.
[14] I. Ernawati and T. Sukardiyono, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 2, p. 204, 2017.
[15] C. V. Bertan, A. K. T. Dundu, and R. J. M. Mandagi, “Pengaruh Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Tenaga kerja) Terhadap Hasil Pekerjaan (Studi Kasus Perumahan Taman Mapanget Raya (Tamara),” Sipil Statik, vol. 4, no. 1, pp. 13–20, 2016.
[16] Fadli, S., & Imtihan, K. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI DAN TRANSAKSI BERBASIS CLIENT SERVER. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 1(2), 7-14.
[17] Khairul Imtihan. (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok. Bianglala Informatika, 3(2).
[18] Fadli, S., & Imtihan, K. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI DAN TRANSAKSI BERBASIS CLIENT SERVER. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 1(2), 7-14.
[19] W. Bagye, “Analisis Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus: STMIK Lombok),” Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2016.
Published
2020-07-15
How to Cite
ANAM, M Khairul et al. AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PERKREDITAN ONLINE TERPADU BANK XYZ CABANG PERAWANG MENGGUNAKAN ITIL V3. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 90 - 99, july 2020. ISSN 2614-3739. Available at: <http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/127>. Date accessed: 07 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.36595/misi.v3i2.127.