IMPLEMENTASI FRAMEWORK IONIC DAN LAYANAN GOOGLE MAPS DALAM APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

  • Dwi Wijonarko Politeknik Kota Malang
  • Betta Wahyu Retna Mulya Politeknik Kota Malang

Abstract

Pengembangan penelitian ini bertujuan untuk melakukan implementasi pengembangan aplikasi mobile berbasis framework hybrid menggunakan IONIC Framework, yang digabungkan dengan penerapan pustaka Google Map. Aplikasi yang dibangun berfungsi menampilkan data spasial dalam bentuk system informasi geografis. Data yang ditampilkan adalah lokasi sekolah negeri di Kota Malang mulai jenjang SD sampai tingkat SMA dan SMK. Data yang ditampilkan meliputi keterangan sekolah, alamat dan kontak yang ditampilkan dalam peta digital, sehingga bisa terlihat posisi lokasi dan jarak dari lokasi pengguna saat ini. Penggunaan IONIC Framework bertujuan agar aplikasi bisa dijalankan dalam system operasi mobile Android dan iOS. Harapannya adalah aplikasi bisa mencakup berbagai kalangan pengguna dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencari data-data sekolah yang ada di kota Malang.

References

B, B., & Wiradisastra, U. (2000). Sistem Informasi Geografi, Sarana Manajemen Sumberdaya. Bogor: Laboraturium Penginderaan Jauh dan Kartografi, Fakultas Pertanian, IPB.
BAGYE, W., HAQIQI, L. Z., & ASHARI, M. (2019). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERSEBARAN MASYARAKAT MISKIN (DAMASKIN) DI DESA MONGGAS BERBASIS WEB. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 9 - 16.
Budiman. (1999). Menuju Industri Sistem Informasi Geografis Yang Andal. Jakarta: Lembaga Informasi Pembangunan dan Bisnis Indonesia (LIPBI).
Budiyanto, E. (2016). Sistem Informasi Geografis dengan Quantum GIS. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Griffith, C. (2019, Februari 7). What Is Hybrid App Development. (Ionic) Dipetik November 8, 2019, dari https://ionicframework.com/resources/articles/what-is-hybrid-app-development
Harison, H., & Kurniawan, F. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Produksi Padi dan Cabe di Kabupaten Lima Puluh Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3, 43-50.
Kasiram, M. (2010). Metodologi penelitian: Kualitatif–Kuantitatif. Malang: UIN-Maliki Press.
Padmaningrat , K. B., Karang , I., & As-syakur , A. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penginderaan Jauh untuk Pemetaan Daerah Penangkapan Ikan Tuna Mata Besar di Selatan Jawa dan Bali . Journal of Marine and Aquatic Sciences, , 3, 70-83.
SYAHPUTRA, E., WIDIARTHA, I. B., & ZUBAIDI, A. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN DAERAH RAWAN KRIMINALITAS DIKOTA MATARAM BERBASIS WEB . Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 39 - 46.
Yulius, Y., & Taslim, A. (2014). Analisis Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Potensi Wisata Pantai di Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tataloka, 3, 145-152.
Lombok, Khairul Imtihan-STMIK. "Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok." Bianglala Informatika 3, no. 2 (2015).
Imtihan, Khairul, and Muhamad Hasyim Basri. "SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MANIFEST MUATAN KAPAL BERBASIS DEKSTOP DAN ANDROID." Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi 2, no. 2 (2019): 69-76.
Published
2020-03-01
How to Cite
WIJONARKO, Dwi; RETNA MULYA, Betta Wahyu. IMPLEMENTASI FRAMEWORK IONIC DAN LAYANAN GOOGLE MAPS DALAM APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1 - 7, mar. 2020. ISSN 2614-3739. Available at: <http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/124>. Date accessed: 12 july 2020. doi: https://doi.org/10.36595/misi.v3i1.124.