ANALISIS DATA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNTUK MENEMUKAN POLA PEMILIHAN JURUSAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • harianto harianto Universitas hamzanwadi
  • Rooy Marthen Thaniket Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Zulkipli Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v7i2.1201

Keywords:

Analisis data, Mahasiswa baru, Apriori, analisis asosiasi, strategi, Promosi

Abstract

Perguruan tinggi pada umumnya berlomba-lomba mendapatkan mahasiswa yang banyak khususnya perguruan tinggi swasta. Bertambahnya jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya tentunya menjadi impian setiap perguruan tinggi. Untuk mendapatkan jumlah mahasiswa baru yang banyak atau meningkatkan jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya, tentunya diperlukan strategi-strategi promosi yang baik dan unik.  Tentunya strategi tersebut penuh dengan perhitungan dan pertimbangan yang matang. Berbagai macam aspek dianalisis dan  dicari peluang yang memungkinkan adanya informasi yang bisa dijadikan sebagai strategi promosi. Ada banyak algoritma yang digunakan untuk melakukan analisis untuk menentukan strategi promosi seperti algoritma apriori dan FP-Growth. Algortitma Apriori akan digunakan untuk menganalisis pola pengambilan jurusan. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai support tertinggi   0,07872928 atau 8% yaitu jika pilihan pertama informatika maka pilihan kedua Teknik Informatika.  Sedangkan nilai confidence tertinggi adalah 0,69072165 atau 69% jika calon maha siswa memilih Pendidikan Guru Sekolah Dasar maka pilihan kedua Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

References

J. Jureksi, K. Febiola, and W. Verina, “Penerapan Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Strategi Promosi Pada Universitas Potensi Utama,” vol. 2, no. 2, p. 513, 2024.

H. Budianto and J. Riana, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK PENENTUAN STRATEGI PROMOSI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KUNINGAN,” Jurnal Cloud Information, vol. 5, no. 1, 2020.

F. D. Ramadani, B. Irawan, and A. Bahtiar, “ANALISIS KERANJANG PASAR UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN MENGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” 2024.

K. Handayani, “PENERAPAN POLA PERMINTAAN DARAH METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI”, doi: 10.36595/misi.v5i2.

E. Kurniyadi, A. Sujarwadi, T. Yogyakarta, J. Siliwangi (, and R. Utara, “Cetak)-2614-3739 (Online) 8 MISI,” 2018. [Online]. Available: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi

Nurasiah, “Implementasi Algoritma FP-Growth Pada Pengenalan Pola Penjualan,” Terapan Informatika Nusantara, vol. 1, no. 9, pp. 438–444, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin

A. R. Mangunsong, A. Rizky Simangunsong, V. Sihombing, and I. R. Munthe, “Pengembangan Sistem Rekomendasi Produk Berdasarkan Pola Pembelian dengan Pendekatan Algoritma Apriori,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI, vol. 7, no. 1, pp. 82–86, 2024.

F. Sulianta and E. Prayogo, “ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCIPTAKAN STRATEGI PEMASARAN PADA APOTEK”.

M. Hanif, B. Kristuaji Pamungkas, B. Alviro Simu, M. Sentono, M. Jihan Shofa, and P. Korespondensi, “Strategi Promosi Paket Penawaran Barang Untuk Kebutuhan Hotel Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Teknik Industri (JURTI), vol. 2, no. 2, pp. 78–85.

D. Prayuda et al., “Penerapan Data Mining Untuk Pola Penjualan Pupuk Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 7, no. 1, pp. 115–126, 2024, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index

F. Sulianta and M. Iqbal, “REKOMENDASI ANIME MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERDASARKAN POLA PERILAKU AUDIENSI,” Julyxxxx, vol. x, No.x, pp. 1–5.

I. Khoiruzzidan and L. Iswari, “Student Grade Association Analysis with Apriori Algorithm,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 50–57, Jan. 2024, doi: 10.20885/snati.v3.i2.31.

R. Lorentiana Wijayanti, R. Kurniawan, R. Herdiana, and H. Susana, “KOMPARASI ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH UNTUK MEMBERIKAN STRATEGI DISKON,” 2024.

I. Pratiwi, N. Suarna, and T. Suprapti, “IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULES MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PAKET KUOTA PERDANA PELANGGAN XL MENGGUNAKAN ALGORTIMA APRIORI (STUDI KASUS: PT. XL AXIATA TEGAL),” 2024.

T. Aulia Anggraini, A. Pranata, and D. Setiawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menganalisa Pola Penjualan Untuk Meningkatkan Pendapatan,” vol. 3, no. 2, pp. 90–100, 2024, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsi

S. Muharni, S. Andriyanto, and H. Artikel, “Penentuan Pola Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 4, no. 1, 2024, doi: 10.47709/digitech.v4i1.3679.

P. Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, D. Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan Iris Padang Jl Gajah Mada No, and S. Barat, “Jurnal Edik Informatika Data Mining?: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi”.

M. Bramer, “Undergraduate Topics in Computer Science.” [Online]. Available: http://www.springer.com/series/7592

P. Delima Sitanggang, “ALGORITMA APRIORI.”

F. A. Muttaqin and A. Mukaharil Bachtiar, “Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) IMPLEMENTASI TEKS MINING PADA APLIKASI PENGAWASAN PENGGUNAAN INTERNET ANAK ‘DODO KIDS BROWSER’”, [Online]. Available: http://www.bing.com/

Additional Files

Published

08-08-2024