ANALISA KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE MRT-J MENGGUNAKAN METODE EUCS

Authors

  • Tri Santoso Universitas Nusa Mandiri
  • Sulistianto SW Universitas Nusa Mandiri
  • Fadil Firdaus Muhammad Universitas Nusa Mandiri
  • Nadia Hanifa Muhammad Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v7i2.1196

Keywords:

User Satisfaction Analysis, EUCS, MRT-J

Abstract

Aplikasi MRT-J merupakan aplikasi pembelian tiket yang dikelola oleh PT MRT Jakarta sebagai upaya mengikuti tren penggunaan aplikasi sebagai alat pembayaran di masyarakat dan merupakan salah satu langkah untuk mengurangi interaksi fisik antar pengguna dan petugas MRT pada saat pandemi Covid-19. Akan tetapi ditemukan beberapa keluhan dari pengguna seperti respon aplikasi yang terlalu lama, tampilan error atau bug, dan QR code tidak muncul atau sulit terbaca. Tentunya jika hal ini masih berlanjut maka dapat menurunkan tingkat kepuasan pengguna, Penilaian kepuasan pengguna terhadap aplikasi MRT-J merupakan suatu langkah untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari aplikasi tersebut. Hal ini yang menjadi alasan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Sebuah sistem dikatakan baik apabila pengguna merasa puas dengan kualitas pelayanannya. Metode yang peneliti gunakan untuk mengukur kepuasan pengguna pada penelitian ini adalah EUCS (End User Computing Satisfaction). Dimana EUCS memiliki 5 variabel yang dapat digunakan dalam pengukuran kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kepuasan pengguna berdasarkan variabel Content 64% pengguna puas, variabel Accuracy 58% pengguna puas, variabel Format 57% pengguna puas, variabel Ease Of Use 59% pengguna puas, dan variabel Timeliness 43% pengguna puas. Selain itu hasil penelitian ini juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan bagi pengelola aplikasi agar kualitas aplikasi MRT-J semakin lebih baik.

References

L. Parinduri, “Penetapan Tarif Bersubsidi Penumpang Moda Raya Terpadu Jakarta Phase I,” Semnastek Uisu, pp. 21–26, 2019.

R. Sukwadi, S. Cory, and Y. C. Liang, “the Study of Travel Satisfaction in Mrt Jakarta During the Pandemic of Covid-19,” Geoj. Tour. Geosites , vol. 40, no. 1, pp. 191–199, 2022, doi: 10.30892/GTG.40123-819.

G. S. P. Sugiyanto and A. Wicaksono, “Marketing Strategy Evaluation of Mrt Jakarta’S Mobile Application Using Marketing 4.0 Concept,” Adv. Int. J. Business, Entrep. SMEs, vol. 2, no. 6, pp. 43–54, 2020, doi: 10.35631/aijbes.26005.

J. F. Andry, J. Putra, S. Kristianti, Yonatan, and K. Christianto, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE CINEPOLIS DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 & IPA.pdf.” MISI (Manajemen Informatika dan Sistem Informasi), pp. 172–180, 2023. doi: https://doi.org/10.36595/misi.v6i2.824.

W. Astuti and R. Waluyo, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Metode Eucs,” J. Rekayasa Inf., vol. 11, no. 1, pp. 9–16, 2022.

D. Pibriana and L. Fitriyani, “Penggunaan Metode EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning di MTs N 2 Kota Palembang,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 81–95, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i1.2182.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, pp. 259–274, May 1988, doi: 10.2307/248851.

A. R. Darwi and Efrizon, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE EUCS,” VOTEKNIKA J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2019.

N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i1.1645.

D. A. Simaremare, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Menggunakan End User Computing Satisfication,” J. Infortech, vol. 2, no. 2, pp. 250–257, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i2.9257.

E. N. Kamilah, “Pengaruh keterampilan

mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Universitas,” Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap Has. belajar siswa pada mata pelajaran Akunt. Univ., p. 91, 2015.

S. Rahmawaty, B. R. Kartawinata, A. Akbar, and T. I. Wijaksana, “The effect of e-service quality and E-trust on E-customer loyalty through E-customer satisfaction as an intervening variable (Study on gopay users in bandung),” Proc. Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag., pp. 5495–5506, 2021, doi: 10.46254/an11.20210933.

M. Riadi, “Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus),” KAJIANPUSTAKA. https://www.kajianpustaka.com/, 2020. [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2020/11/populasi-dan-sampel-penelitian.html

U. M. Putri, “ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PUSKESMAS TERHADAP PASIEN BPJS DAN NON BPJS MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL.” MISI (Manajemen Informatika dan Sistem Informasi), pp. 149–159, 2021. doi: https://doi.org/10.36595/misi.v4i2.355.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2012.

S. Arikunto, Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media, 2010.

S. Zein, L. Yasyifa, R. G. Ghozi, E. Harahap, F. H. Badruzzaman, and D. Darmawan, “PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA KUANTITATIF MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS,” 2019. [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:203393148

Additional Files

Published

04-07-2024