PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGELOLAAN SAMPAH MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING
DOI:
https://doi.org/10.36595/misi.v7i2.1132Keywords:
Aplikasi Manajemen Sampah, Kelurahan Gisikdrono, flutter, MVVM, Extreme ProgrammingAbstract
Sampah merupakan tantangan di Kota Semarang, terutama dengan produksi sampah yang signifikan dan pertumbuhan jumlah penduduk yang ikut meningkatkan jumlah sampah. Untuk mengatasi masalah ini, setiap Kelurahan membentuk Bank Sampah dengn kader ibu-ibu PKK sebagai solusi untuk mengurangi produksi sampah. Setiap triwulan, Kelurahan Gisikdrono, perlu melaporkan data pengelolaan sampah yang dikelolah oleh masing-masing bank ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Namun, dikarenakan sistem administrasi pencatatan yang dilakukan setiap kader masih manual dan tidak terdokumentasi dengan baik membuat proses pelaporan terkendala serta kesulitan dalam manajemen data pengelolaan sampah. Pengembangan sistem informasi pengelolaan sampah secara digital dapat mempermudah manajemen pendataan sampah dan pelaporan pada DLH. Tujuan dari penelitian ini sebagai bentuk dokumentasi dalam pegembangan sistem informasi manajemen pengelolaan sampah secara digital. Sistem yang dikembangkan berbasis android flutter menggunakan metode xtreme programming terdiri dari perancanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dengan skor validasi 100%, dan pengujian UAT mendapatkan skor 90.8%, menandakan bahwa aplikasi memenuhi kebutuhan pengguna akhir.
References
H. Qista Karima and B. Maya Sopha, “Pengembangan Model dan Simulasi Berbasis Agen untuk Adopsi Layanan Bank Sampah di Kota Semarang,” 2020.
S. Dwi Putri, J. T. Addini, A. P. Heriyanti, and T. Ridho Fariz, “Jeonju vs Semarang: Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah,” in Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 2022, pp. 77–83.
G. F. F. A. F. T. Adinda Hashina, “Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Sampah Berbasis Android Studi Kasus Bank Sampah Desa Kalibagor,” Data Institut Teknologi Telkom Purwokerto, vol. 2, no. 2, pp. 97–102, 2022, [Online]. Available: http://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/dinda
Naufaldi Endi Rahmadanni and Eram Tunggul Pawenang2, “Belajar Tatap Muka Masa Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Semarang Barat,” Visikes , vol. 20, no. 2, pp. 293–302, 2021.
D. Yanuaresta et al., “PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI RESIK BECIK (SIKECIK) BERBASIS WEB PADA RUMAH SAMPAH RESIK BECIK KELURAHAN KROBOKAN SEMARANG,” Budimas, vol. 04, no. 01, p. 50131, 2022.
W. Surya Wardhana, H. Tolle, and A. P. Kharisma, “Pengembangan Aplikasi Mobile Transaksi Bank Sampah Online Berbasis Android (Studi Kasus: Bank Sampah Malang),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
A. Sansprayada and K. Mariskhana, “IMPLEMENTASI APLIKASI BANK SAMPAH BERBASIS ANDROID STUDI KASUS PERUMAHAN VILA DAGO TANGERANG SELATAN,” 2020.
Q. E. Fazrin, T. Lisnawati, S. Nurhayati, J. B. Satya, and D. Alamsyah, “Penerapan Metode Pengembangan Sistem Extreme Programing (XP) Pada Aplikasi Presensi Karyawan dengan QR Code,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 3, no. 3, pp. 164–170, Dec. 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1018.
I. Ahmad, R. Indra Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” JURNAL INOVTEK POLBENG, vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.
H. Jaya, I. Thaief, I. Suhardi, and S. Gunawan, “Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Pengelolaan Sampah Melalui Pemanfaatan Aplikasi Teknologi Informasi(Program UKM Indonesia Bangkit),” in Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020.
M. Ibra Alfathar et al., “PENERAPAN MVVM (MODEL VIEW VIEWMODEL) PADA PENGEMBANGAN APLIKASI BANK SAMPAH DIGITAL,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), vol. 05, 2024.
T. Vianka, Dana Sulistiyo Kusumo, and Monterico Andrian, “Analisis Pengaruh Pola Arsitektur Model View View Model (MVVM) terhadap Kinerja Aplikasi Mobile dengan Menerapkan Application Programming Interface (API) Covid 19,” in e-Proceeding of Engineering, 2023, pp. 3388–3398.
G. W. Saraswati and N. Febrianto, “Penerapan Arsitektur MVVM Pada Aplikasi Tanamin Untuk Mendeteksi Penyakit Tanaman Berbasis Android,” Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, vol. 19, no. 2, pp. 878–889, 2023.
L. Ariyanti, M. Najib, D. Satria, and D. Alita, “SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN ADMINISTRASI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
T. Ardiansah, “Perancangan Sistem Persediaan Menggunakan Metode Extreme Programming,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Mar. 2022, doi: 10.58602/jima-ilkom.v1i1.1.
A. W. Ramadhan, A. Susanto, and G. W. Saraswati, “Implementasi Digital Payment Gateway Midtrans Pada Sistem Agribisnis Di Temanggung (SIADIT),” 2023.
M. Purnasari and Y. Hartiwi, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Dana Masjid Berbasis Web Menggunakan Unified Modeling Language (UML),” RESOLUSI?: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, vol. 2, no. 6, pp. 258–264, 2022
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.