MODEL DATA MINING UNTUK KAREKTERISTIK DATA TRAVELLER PADA PERUSAHAAN TOUR AND TRAVEL

Authors

  • Saikin Saikin Universitas Amikom Yogyakarta
  • Kusrini Kusrini Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36595/misi.v2i2.105

Keywords:

Data Mining, K-NN, Tour and Travel

Abstract

Bagi perusahaan yang bergerak dibidang sektor jasa, seperti perusahaan tour and travel pengolahan data sangatlah penting untuk mengetahui karakteristik atau minat wisatawan dalam berwisata. Sulitnya memprediksi kebutuhan atau minat wisatawan, merupakan kendala yang dihadapi perusahaan tour and travel sehingga manajemen harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat, guna memberikan pelayanan yang baik serta kepuasan kepada customer. Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan dengan baik berdasarkan data-data yang dimiliki terutama yang berkaitan erat dengan karakteristik data traveller. Analisis data untuk mencari pola karakteristik data dari traveler memutuhkan metode yang baik dan hasil yang akurat , sehingga hasil dari analisis tersebut dapat menemukan informasi yang berguna bagi perusahaan. Metode pengeolahan data yang sering digunakan ialah data mining. K-Nearest Neighbour (K-NN) merupakan salah satu algoritma data mining yang cara kerjanya menerapkan pembelajaran pada data. Tujuan dari penelitian ini akan melakukan analisis data travellers atau wisatawan pada perusahaan tour and travel dengan menggunakan algoritma K-NN  untuk mencari minat atau karakteristik wisatawan dalam memilih objek wisata. Pada hasil kualifikasi metode K-NN dan pengujian dengan metode confusion matrix nilai akurasi yang didapat 84%,  nilai presisi 88%, nilai recall 85 dan nilai f1-score 85%. Pada hasil kualifikasi menunjukan bahwa objek wisata yang cenderung dominan menjadi minat wisatawan ada pada objek wisata pantai.Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan kedua metode tersebut bahwa karakteristik wisatawan cendrung memilih paket nomor 3 yakni Reguler Tour Lombok Packagage, dan objek wisata yang dominan minat wisatawan yakni objek wisata pantai dan disusul oleh objek wisata gili.

References

Adiana dkk, 2018, Analisis Segmentasi Pelanggan Menggunakan Kombinasi RFM Model dan Teknik Clustering, JUTEI, ISSN 2579-3675, e-ISSN 2579-5538, Vol.2 No.1 April 2018, Yogyakarta.
Alkhatib K, Najadat H, Hmeidi I, Shatnawi MKA. 2013. Stock Price Prediction Using k-Nearest Neighbor (kNN) Algorithm. International Journal of Business, Humanities and Technology. 3(3):32-44.
Bramer, Max. 2007. Principles of Data Mining. London : Springer
Eko Prasetyo, 2014, Data Mining mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fitria dan Hartono, 2017, Peramalan Jumlah Penumpang Pada Siluet Tour And Travel Kota Malang Menggunakan Metode Triple Exponential Smoothing, penerbit,jetika., Malang.
Gorunescu, Florin. 2011. Data Mining: Concepts, Models, and Techniques. Verlag Berlin.
Hutabarat,2018, Penerapan Datamining untuk memprediksi Permintaan Produk Kartu Perdana Internet Menggunakan Algoritma C5.0(Studi Kasus: Vidha Ponsel), Jurnal Pelita Informatika, ISSN 2301-9425 (Media Cetak), Vol April 2018, Medan.
Han, J.,&Kamber, M. 2006.Data Mining Concept and Tehniques.San Fransisco.
Linda Maulida, 2018, Penerapan Datamining Dalam Mengelompokkan Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Unngul DI Prov. DKI Jakarta Dengan K-Means, JISka, Banten.
Nanda Agung Putra dkk, 2017, Klasifikasi Sepeda Motor Berdasarkan Krakteristik Konsumen Dengan Metode K-Nearest eighbour Pada Big data Menggunakan Hadoop Single Node Cluster,JTIIK, Malang.
Nugroho dan Emiliyawati, 2017, Sistem Klasifikasi Variabel Tingkat Penerimaan Konsumen Terhadap Mobil Menggunakan Metode Random Forest, Jurnal Teknik Eliktro, Semarang.
Fadli, S., & Imtihan, K. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI DAN TRANSAKSI BERBASIS CLIENT SERVER. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 1(2), 7-14.
Lombok, K. I. S. (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok. Bianglala Informatika, 3(2).
Putra dan Wadisman, 2018, Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means,Intecoms, e-ISSN : 2614-1574, Vol Maret 2018, Sumatra Selatan.
R. N. Whidhiasih, N. A. Wahanani dan Supriyanto. 2013. Klasifikasi buah belimbing berdasarkan citra red-greenblue menggunakan knn dan lda, Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic 1(1) : 29-35.
Sari dan Hartama, 2018, Data Mining: Algoritma K-Means Pada Pengelompokkan Wisata Asing ke Indonesia Menurut Provinsi, Sensasi, Yogyakarta.
Suryani dkk, 2017, Pemililihan Paket Wisata Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Informatika Mulawarman, Samarinda.
Suyanto, 2017, Data Mining untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data, Penerbit Informatika Bandung, Bandung.
Prasetyo Eko. 2012. Data mining konsep dan aplikasi menggunakan matlab, ANDI. Yogyakarta.
Pitchayadejanant and Nakpathom,2018, Data mining approach for arranging and clustering the agro tourism activities in orchard, Kasetsart Journal of Social Sciences, (2018) 407e413, 2018. Thailand
Lukman, M., Bagye, W., Fahmi, H., & Imtihan, K. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI GOOGLE MAPS API UNTUK APLIKASI PENDETAKSIAN LOKASI RAWAN KRIMINALITAS BERBASIS ANDROID Studi kasus: Desa Ganti dan Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 2(1), 52-59.

Downloads

Published

05-10-2019

How to Cite

Saikin, S., & Kusrini, K. (2019). MODEL DATA MINING UNTUK KAREKTERISTIK DATA TRAVELLER PADA PERUSAHAAN TOUR AND TRAVEL. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2), 61–68. https://doi.org/10.36595/misi.v2i2.105