ANALISIS KEAKTIFAN MAHASISWA TERHADAP SKEMA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE MANN WHITNEY DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Authors

  • Silvia Anggraeni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Atiqah Meutia Hilda

DOI:

https://doi.org/10.36595/jire.v6i1.848

Keywords:

keaktifan pembelajaran, mann whitney, analytical hierarchy process, spss, expert choice

Abstract

Proses perkuliahan sebagai bentuk keaktifan pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang bersifat fisik dan berfikir yang perlu dilakukan secara periodik ketercapainnya. Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA melakukan proses pembelajaran secara Offline, Online dan Hybrid. Tujuan penelitian ini perlu dilakukan peninjauan apakah ada perbedaan keaktifan proses pembelajaran dan melakukan pengujian tingkat keaktifan pembelajaran dari ketiganya. Metode Mann Whitney digunakan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan sebagai sistem pendukung keputusan yang tepat menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menguji tingkat keaktifan. Hasil perolehan akhir dari metode Mann Whitney dengan menggunakan SPSS adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara aktifitas pembelajaran Offline, Online Dan Hybrid. Pengujian dengan Metode Analytical Hierarchy Proses (AHP) yang mempergunakan aplikasi expert choice, menghasilan peringkat keaktifan pembelajaran diurutan pertama yaitu pembelajaran offline (47.5%), dilanjutkan dengan pembelajaran hybrid (28,8%), dan peringkat akhir adalah pembelajaran online (23,8%)

References

???? ?? ??? ??? ??? and R. Amaliyyah, “No ????????????????????? ?????????????????Title,” vol. 5, no. February, p. 6, 2021.

Y. Abidin and S. Iskandar, “Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21 Angga 1 ? , Yunus Abidin 2 , Sofyan Iskandar 3,” Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 1046–1054, 2022.

R. Fariza, R. Khairullah, U. Muhtadin, and Z. U. Rizki, “Analisis Tingkat Pengaruh Keaktifan Kegiatan Akademis Mahasiswa Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK),” Pros. IENACO 2020, vol. 8, no. March, pp. 301–308, 2020.

S. Syamsurijal, “Studi Komparatif Persfektif Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton terhadap Penerapan Pembelajaran Blended Learning di Era New Normal,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 1961–1968, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2305.

R. E. Pratama and S. Mulyati, “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19,” Gagasan Pendidik. Indones., vol. 1, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.30870/gpi.v1i2.9405.

M. A. Pratama, Y. H. Anisa, N. Amilah, A. Avorizano, and R. E. Edison, “The Influence of Pop Up Notification on Visual Attention and Learning,” Educ. Q. Rev., vol. 4, no. 4, 2021, doi: 10.31014/aior.1993.04.04.409.

D. Harmila, R. Rais, and F. Fadjryani, “Analisis Keaktifan Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Mipa Universitas Tadulako Dengan Metode Mann Whitney,” J. Ilm. Mat. Dan Terap., vol. 12, no. 2, pp. 104–114, 2017, doi: 10.22487/2540766x.2015.v12.i2.7903.

A. E. Ayuningtyas, A. Mukhayaroh, and S. Samudi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Platform Bimbingan Belajar Online Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Bianglala Inform., vol. 9, no. 2, pp. 61–65, 2021, doi: 10.31294/bi.v9i2.10194.

H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–870, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.

S. Suardi, “PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT BANK MANDIRI, Tbk KANTOR CABANG PONTIANAK,” Business, Econ. Entrep., vol. 1, no. 2, pp. 9–19, 2019, doi: 10.46229/b.e.e..v1i2.124.

M. Las, D. C. Baja, M. Ahsan, S. Mandra, and M. Iskandar, “= 446.54 N/mm 2 dan pada pengelasan mesin las DC sebesar ?,” pp. 1–7, 2021.

R. Normelia, T. D. Fortuna, E. P. Putri, and E. Widodo, “Analisis Mann-Whitney untuk Mengetahui Efektivitas Vaksin pada Jumlah Penderita Covid-19 di Indonesia,” J. Sains Mat. dan Stat., vol. 8, no. 1, p. 27, 2022, doi: 10.24014/jsms.v8i1.15087.

A. Sudradjat, M. Sodiqin, and I. Komarudin, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Terhadap Pemilihan Merek CCTV,” J. Infortech, vol. 2, no. 1, pp. 19–30, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i1.7660.

A. ARIYANTO and Aji Supriyanto, “Implementasi Metode Ahp-Saw Dalam Pengambilan Keputusan Pemberian Bansos Di Kelurahan Jlegong,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 5, no. 1, pp. 69–81, 2022, doi: 10.36595/jire.v5i1.571.

C. Amalia, D. Teguh Yuwono, F. Amalia Sholehah, J. K. RTA Milono, P. Raya, and K. Tengah, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI BANTUAN DANA HIBAH PENELITIAN DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCE (ANP) (Studi Kasus: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya),” J. Inform. Rekayasa Elektron., vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jireISSN.2620-6900

U. Yuliani, “Penentuan Prioritas Infrastruktur Jalan Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) Expert Choice Studi Kasus: Jalan Raya Demak-Godong,” J. Ilm. Desain Konstr., vol. 19, no. 2, pp. 132–141, 2020, doi: 10.35760/dk.2020.v19i2.2521.

Downloads

Published

2023-04-19