http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/issue/feed Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik 2024-05-22T04:02:52+00:00 Wire Bagye jirestmiklombok@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>JIRE</strong> (Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik)<strong> (eISSN: 2620-6900)</strong> diterbitkan oleh <strong>LPPM STMIK Lombok</strong> sebagai wadah &nbsp;untuk mempublikasikan artikel tentang pengetahuan baru dan penelitian dengan isu terkini yang berkaiatan dengan teknologi informasi, dengan topik <em>Networks, Internet and Mobile Computing, Informatics Technology</em> dan <em>Engineering</em> Jurnal ini<strong> terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan April</strong> <strong>dan Nopember.</strong> Redaksi menerima sumbangan naskah dari dosen, peneliti, mahasiswa maupun praktisi dengan ketentuan penulisan seperti tercantum pada format yang telah ditentukan.</p> http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/999 SISTEM OTOMATISASI SUHU DAN GAS AMONIA DALAM BUDIDAYA MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (BSF) BERBASIS INTERNET OF THINGS 2023-11-21T05:49:57+00:00 Rifqi Dwi Suprayoga rifqidwisuprayoga@student.untan.ac.id Tedy Rismawan tedyrismawan@siskom.untan.ac.id Kustiati kustiati@fmipa.untan.ac.id <p>Banyak orang mulai membudidayakan maggot BSF sebagai pakan ternak, tetapi maggot BSF dapat mengalami mati muda apabila sumber makanan terlalu panas atau dingin dan gas amonia terlalu tinggi. Dibutuhkan sistem yang dapat melakukan otomatisasi suhu dan gas amonia sesuai kebutuhan maggot BSF agar terjaga kualitasnya. Dalam penelitian yang dilakukan telah dibuat sebuah sistem berbasis Internet of Things yang bisa melakukan otomatisasi suhu dan gas amonia dari jarak jauh melalui koneksi internet dan dipantau melalui website. Sistem ini menggunakan sensor DHT11 dalam membaca suhu serta sensor MQ135 dalam membaca gas amonia. Sistem ini dapat dikendalikan secara manual untuk melakukan on/off pada pompa air, pemanas udara dan kipas angin sesuai keinginan pengguna, serta secara otomatis yang apabila suhu dan gas amonia pada wadah komposter maggot BSF berada di luar parameter nilai minimum dan maksimum suhu dan gas amonia. Rata-rata hasil pengujian tahap ke-1 dan ke-2 pada suhu wadah komposter maggot BSF adalah 31,26°C dan 31,16°C. Rata-rata hasil pengujian tahap ke-1 dan ke-2 pada gas amonia wadah komposter maggot BSF adalah 6,51 PPM dan 5,45 PPM. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat menjaga suhu dan kadar gas amonia pada wadah komposter maggot BSF tetap stabil dalam rentang suhu 30-35°C dan kadar gas amonia tidak lebih dari 20 PPM.</p> 2024-04-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1101 ANALISIS QOS PADA JARINGAN VOIP MENGGUNAKAN FREE PBX 2024-01-30T09:53:32+00:00 Fathur Ramadhan 2024.fathurramadhan@student.unsia.ac.id Ambros Magnus Rudolf Mekeng ambrosmekeng@lecrurer.unsia.ac.id Syahid Abdullah syahidabdullah@lecturer.unsia.ac.id <p>Kemajuan teknologi, terutama dalam bidang elektronika dan komunikasi, telah membawa dampak signifikan dalam kehidupan sehari-hari. <em>Voice over Internet Protocol</em> (VoIP) muncul sebagai teknologi yang memungkinkan pengiriman suara, video, dan data melalui jaringan <em>Internet Protocol</em> (IP). VoIP menonjol dengan efisiensi biaya, kemudahan penggunaan, integrasi dengan aplikasi lain, dan beragam fitur termasuk <em>email</em>, <em>video conference</em>, dan <em>chat</em>. Berebeda dengan sosial media lain yang membawa identitas pribadi, tetapi VoIP membawa identitas perusahaan yang bebas digunakan secara gratis. Evolusi terus-menerus dalam VoIP memberikan pengalaman komunikasi yang lebih kaya dengan penambahan fitur-fitur baru. Fleksibilitas VoIP memungkinkan mobilitas dan akses yang mudah terhadap layanan komunikasi. <em>Quality of Service</em> (QoS) menjadi aspek kritis dalam menjaga kualitas layanan VoIP, dengan parameter seperti <em>throughput, packet loss</em>, <em>delay</em>, dan <em>jitter</em>. Monitoring QoS dilakukan secara real-time untuk mengevaluasi performa jaringan dengan indikator kategori untuk setiap parameter. <em>FreePBX</em>, sebagai platform open source berbasis GUI, menyediakan kontrol yang efisien terhadap <em>Asterisk</em> (PBX) dalam lingkungan VoIP. Fitur-fitur seperti <em>extension</em> dan <em>conference</em> memungkinkan pengaturan panggilan yang efisien. Penelitian ini melibatkan studi literatur, analisis kebutuhan, desain arsitektur jaringan, implementasi menggunakan FreePBX, dan uji coba menggunakan aplikasi <em>Zoiper</em>. Uji coba menunjukkan perbedaan fungsionalitas dan kebutuhan <em>bandwidth</em> pada fitur-fitur <em>FreePBX</em> seperti <em>extension</em>, <em>conference</em>, <em>chat</em>, dan <em>videocall</em>. Kondisi jaringan dan QoS perlu dimonitor secara cermat untuk memastikan kualitas layanan VoIP yang optimal. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pengembang dan administrator jaringan dalam meningkatkan dan memelihara sistem VoIP.</p> 2024-04-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1102 IMPLEMENTASI LOAD BALANCING SISTEM MAIL SERVER SERTA PENINGKATAN CBPOLICYD MENGGUNAKAN ZIMBRA 2024-02-01T09:19:29+00:00 Mohammad Hud 2024.mohammadhud@student.unsia.ac.id Riad Sahara riadsahara@lecturer.unsia.ac.id Syahid Abdullah syahidabdullah@lecturer.unsia.ac.id <p>Dalam era teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini, keamanan dan ketersediaan layanan email menjadi aspek utama yang memerlukan perhatian khusus. <em>Server</em> email memiliki peran utama dalam menyediakan akses yang cepat dan terkini terhadap informasi, namun dengan pertumbuhan jumlah klien, beban kerja <em>server</em> dapat meningkat secara signifikan. Ancaman pada layanan email, terutama dari serangan spam, dapat mengakibatkan kerugian kinerja dan risiko keamanan yang cukup serius. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini penulis mencoba untuk mencari solusi pencegahan dan peningkatan keamanan <em>server</em> email yang menjadi esensial. Dengan melakukan implementasi <em>load</em> <em>balancing</em> pada zimbra <em>multi server</em> menggunakan zimbra <em>proxy</em> membuktikan langkah efektif dalam mendistribusikan kinerja <em>server</em> secara merata. Selain itu integrasi dengan fitur keamanan <em>cbpolicyd</em> pada zimbra dapat memberikan lapisan keamanan tambahan yang optimal. Penelitian ini, melalui metode eksperimen dan analisis, bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan layanan email, membagi beban kerja, dan memperkuat keamanan <em>server</em> email dengan kebijakan filtrasi dan manajemen pesan yang canggih. Hasil implementasi berhasil mengintegrasikan <em>server</em> <em>mailbox</em> dengan metode <em>load</em> <em>balancing</em> menggunakan zimbra <em>Proxy</em>, dan penerapan <em>cbpolicyd</em> sukses mengatur kebijakan keamanan yang lebih canggih. Kontribusi signifikan dari penelitian ini terletak pada optimalisasi kinerja dan keamanan sistem email, dan diharapkan dapat memberikan solusi terkini untuk menghadapi tantangan di era digital saat ini.</p> <p> </p> 2024-04-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1137 SISTEM MONITORING TOPOLOGI JARINGAN LOAD BALANCING BERBASIS OPEN SOURCE ZABBIX 2024-03-27T14:04:42+00:00 Nur Iman 2024.nuriman@student.unsia.ac.id Cian Ramadhona Hassolthine cianhassolthine@lecturer.unsia.ac.id Riad Sahara riadsahara@lecturer.unsia.ac.id <p>Pada penelitian ini, <em>Zabbix</em> merupakan <em>Network Monitoring System</em> (NMS) yang akan memantau grafik jaringan <em>Load balancing</em> untuk meningkatkan kinerja infrastruktur TI, pemantauan terus-menerus diperlukan untuk mencegah <em>overload</em> an memastikan kondisi sistem server bekerja dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan masalah dalam <em>Topologi Jaringan Load balancing</em>, metode yang diterapkan <em>Network Development Life Cycle</em> <em>NDLC</em>), metode ini mencakup tahap analisis, desain, simulasi, implementasi, <em>monitoring</em>, dan manajemen. <em>Zabbix</em>, sebagai aplikasi pemantauan, memungkinkan pengguna memantau ribuan perangkat dalam infrastruktur IT tanpa membeli lisensi tambahan. Hasil simulasi dan implementasi menunjukkan bahwa <em>Zabbix</em> dapat memberikan grafik kondisi server yang dipantau. <em>Zabbix</em> menjadi pilihan populer untuk pemantauan jaringan karena fleksibilitas, sumber terbuka, dan dukungan komunitas yang besar. Penelitian ini apat membantu pengelola infrastruktur TI dalam meningkatkan kinerja dan efisiensi jaringan. Laporan dan grafik <em>Zabbix</em> menunjukkan pola kinerja, memungkinkan organisasi untuk mengambil tindakan proaktif dalam manajemen jaringan mereka.</p> <p> </p> 2024-04-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1136 IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA PENJUALAN KUE PADA TOKO DAPUR BUNDA 2024-03-25T08:08:42+00:00 Lista Holpiani listaholpiani@gmail.com Ferry Putrawansyah feyputrawansyah@gmail.com Siti Muntari muntariaza@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma <em>FP-Growth </em> untuk menganalisa pola penjualan kue pada toko Dapur Bunda. Permasalahan yang dihadapi oleh pemilik Dapur Bunda adalah pemilik mengalami kesulitan dalam menentukan kue mana yang paling diminati atau yang paling sering terjual untuk dijadikan referensi penyediaan kue, algoritma <em>FP-Growth </em> ini dapat mengetahui pola kebiasaan konsumen dengan menggunakan min support dan <em>min confidience</em> yang terlihat pada kue yang dibeli atau dijual. Dengan menggunakan perangkat lunak <em>RapidMiner </em>dan sistem algoritma <em>FP-Growth </em>yang dibangun dengan <em>database MySQL</em> dan bahasa <em>Hypertext Preprocessor (PHP).</em> Hasil pengujian menunjukkan bahwa aturan (rule) yang memliki nilai <em>confidience</em> terendah adalah 65% yaitu jika membeli (Roti Sobek) maka juga akan membeli (Dessert Box) dan yang memiliki <em>confidience</em> tertinggi adalah 95% yaitu Jika membeli (Kue Ulang Tahun, Pizza) maka akan membeli (Dessert Box). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Penelitian ini berhasil menghasilkan pola penjualan kue di Toko Dapur Bunda dengan algoritma <em>FP-Growth </em>berdasarkan nilai <em>min support </em>dan nilai <em>min confidience</em> yang didapat dari data transaksi penjualan toko Dapur Bunda pada tahun 2023, dengan menetapkan min support 20% dan <em>min confidience</em> 60% aturan asosiasi yang terbentuk yaitu 8 pola aturan asosisi dapat di rekemendasikan kepada toko Dapur Bunda referensi penyediaan kue.</p> 2024-04-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1128 DESIGN EDUCATIONAL GAMES USING SCRATCH FOR MATHEMATICS LEARNING TOPIC AREAS OF TRIANGLES USING MDLC METHODS FOR STUDENTS SD NEGERI SUKAMENAK SUBANG 2024-03-26T05:14:32+00:00 Elza Dwi Juniar elza.juniar@students.paramadina.ac.id Wahyuningdiah Trisari Harsanti Putri wahyuningdiah.trisari@paramadina.ac.id Vani Julia Wulandari vani.wulandari@students.paramadina.ac.id Tiffani Agustiranti tifani.agustiranti@students.paramadina.ac.id Aulia Khalfani Izzati aulia.kurdiana@students.paramadina.ac.id <p>Game telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Mereka tidak lagi hanya untuk hiburan, mereka juga digunakan untuk tujuan pembelajaran. Misalnya, permainan edukatif dapat membantu mata pelajaran seperti matematika, yang menurut banyak siswa sulit dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah permainan untuk mengajarkan tentang luas segitiga. Game ini akan dirancang menggunakan metode MDLC dengan storyboard. Penelitian ini akan melibatkan pengujian permainan pada siswa dan guru SD Negeri Sukamenak Subang, pengujiannya terdiri dari 2 yaitu pengujian game dan pengujian penilaian kuesioner hasil dari pengujiannya dapat dikatakan berhasil dan dapat respon yang positifi setelah diujikan kepada murid dan guru pada aplikasi game edukatif berbasis website dengan menggunakan scratch dalam belajar matematika.</p> 2024-04-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1127 KLASIFIKASI DATA TINGKAT KERAWANAN KEBAKARAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CART 2024-04-05T07:15:40+00:00 Nurahman nurahman@unda.ac.id Rika Sumanti rika.sumanti02@gmail.com <p>Kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan yang mendesak di wilayah Kabupaten Kotawaringin timur. Dampak negatifnya meliputi kerusakan ekosistem hutan dan lahan. Hal itu menimbulkan polusi udara yang sangat menganggu aktivitas Masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model klasifikasi yang dapat memprediksi tingkat kerawanan kebakaran berdasarkan variabel-variabel tertentu. Pengembangan model klasifikasi agar dapat memprediksi tingkat kerawanan kebakaran dilakukan dengan menggunakan algoritma CART. Algoritma CART merupakan algoritma yang mampu mengklasifikasikan data tingkat kerawanan kebakaran dengan menghasilkan sebuah pohon keputusan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan nilai dari klasifikasi data menggunakan perhitungan Algoritma CART pada aplikasi Rapidminer menunjukkan tingkat akurasi 79.89% yang berarti memadai dalam memprediksi tingkat kerawanan kebakaran.</p> 2024-04-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1125 IMPLEMENTASI ALGORITMA BLOWFISH UNTUK PENGAMANAN FILE PDF 2024-04-05T07:21:31+00:00 Fritz Gamaliel fritzgamaliel@politeknikmeta.ac.id P. Yudi Dwi Arliyanto yudi@politeknikmeta.ac.id <p>Komunikasi antara sender dan receiver dapat dilaksanakan baik secara verbal maupun secara non-verbal. Dalam mengkomunikasikan informasi yang bersifat confidential melalui jaringan internet, terdapat kendala salah satunya yaitu adanya kemungkinan pihak yang tidak berkepentingan mengakses konten informasi confidential tersebut. Hal tersebut mengakibatkan sender harus mengamankan informasi yang bersifat confidential tersebut sebagai salah satu upaya mempersulit pihak yang tidak berkepentingan dalam mengaksesnya. Kriptografi merupakan metode untuk menjaga aspek confidentiality informasi. Dalam penelitian ini, informasi yang bersifat confidential tersebut diamankan dengan menggunakan kombinasi password alphanumeric dan kriptografi blowfish. Aplikasi diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP. Dengan hadirnya kegiatan penelitian ini diharapkan aplikasi dapat menambah tingkat kesulitan kepada pihak yang tidak berkepentingan dalam mengakses informasi yang bersifat confidential.</p> 2024-04-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1155 QUESTION ANSWERING SYSTEM TAFSEER IBNU KATSIR USING LARGE LANGUAGE MODELS 2024-04-05T01:43:09+00:00 Ahmad Sutrio Prihatinoto ahmadsutrio.p@gmail.com Nazruddin Safaat Harahap nazruddin.safaat@uin-suska.ac.id Muhammad Irsyad irsyadtech@uin-suska.ac.id Iwan Iskandar iwan.iskandar@uin-suska.ac.id <p>Pemahaman yang mendalam terhadap ilmu tafsir Al-Qur'an memiliki peran penting dalam konteks keagamaan Islam, memungkinkan umat Islam untuk menggali makna spiritual dan praktis dari teks suci tersebut. Salah satu ulama terkemuka dalam bidang tafsir adalah Ibnu Katsir, yang terkenal dengan pendekatannya yang teliti serta penggunaan hadis-hadis terkait dalam penafsirannya. Namun, memahami tafsir ini membutuhkan waktu dan latar belakang pendidikan Islam yang kuat. Dalam konteks ini, teknologi seperti ChatGPT dan chatbot muncul sebagai alat potensial untuk memfasilitasi pemahaman tafsir Al-Qur'an. Studi ini mengeksplorasi implementasi ChatGPT dan chatbot dalam konteks tafsir Al-Qur'an dengan menggunakan LangChain dan <em>Large Language Models</em> (LLMs). Penelitian ini fokus pada penerapan chatbot Telegram yang memanfaatkan LangChain dan LLMs dengan data dari tafsir Ibnu Katsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>chatbot</em> Telegram ini mampu menjawab pertanyaan seputar tafsir Ibnu Katsir. Validasi dilakukan dengan melibatkan para mahasiswa tafsir, dan menghasilkan tingkat akurasi jawaban sebesar 86% selain itu juga dilakukan uji coba menggunakan <em>framework</em> DeepEval yang menghasilkan nilai <em>hallucination</em> sebesar 0.1% dan nilai <em>contextual precision</em> sebesar 0.9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa chatbot Telegram telah mampu menjawab pertanyaan dengan baik, namun perlu adanya penyempurnaan untuk hasil yang lebih baik.</p> 2024-04-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1156 SISTEM TANYA JAWAB ILMU KEISLAMAN DENGAN MODEL LARGE LANGUAGE MODELS 2024-04-05T01:42:58+00:00 Risma Aprilia 12050120332@students.uin-suska.ac.id Nazruddin Safaat Harahap nazruddin.safaat@uin-suska.ac.id Febi Yanto febiyanto@uin-suska.ac.id Yusra yusra@uin-suska.ac.id <p>Tantangan serius dalam pemahaman Ilmu Keislaman oleh masyarakat menyoroti kebutuhan akan solusi inovatif untuk mendukung pengembangan spiritual dan budaya. Meskipun teknologi terus maju, pencarian informasi terpercaya terkait Ilmu Keislaman masih terhambat oleh keterbatasan teknik pencarian internet saat ini. Maraknya penggunaan kecerdasan buatan, seperti Chat GPT, menawarkan potensi besar dalam mendukung proses pembelajaran Ilmu Keislaman. Dalam konteks ini, teknologi <em>Large Language Models</em> (LLM), seperti model GPT yang dikembangkan oleh OpenAI, menjadi kunci dalam pembuatan sistem tanya jawab Ilmu Keislaman, dengan parameter yang besar, LLM dirancang untuk memahami bahasa manusia dengan lebih baik. Pada penerapannya sistem tanya jawab ilmu keislaman ini menghasilkan akurasi sebesar 82%. Hal ini didasarkan oleh pengujian dengan partisipasi dari para mahasiswa tafsir dan hadits, dalam memberikan jawaban yang sesuai dengan konteks Ilmu Keislaman yang diberikan. Hal ini bermakna, penggunaan teknologi LLMS dalam konteks Ilmu Keislaman berpotensi untuk memperluas akses dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap aspek-aspek kunci, namun diperlukan dimodifikasi untuk mendapat hasil yang maksimal.</p> 2024-04-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1145 RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN CUCI MOTOR & MOBIL BERBASIS WEBSITE 2024-04-05T06:54:52+00:00 Muhammad Andika Anjas Syaputra andikasyaputra818@gmail.com Apriade Voutama apriade.voutama@staff.unsika.ac.id <p>Sistem aplikasi pemesanan cuci motor dan mobil berbasis website ini dirancang dan dibangun berdasarkan kebutuhan didalam melakukan pemesanan dan mengatur sistem antrian penjadwalan cuci motor dan mobil. Meningkatnya pengguna kendaraan menjadi peluang besar dalam bisnis cuci motor dan mobil, akibat keesibukan pekerjaan menyebabkan masyarakat tidak memiliki waktu luang untuk mencuci kendaraan mereka. Hal ini menyebabkan antrian panjang ketika masyarakat lebih dominan menggunakan jasa cuci kendaraan pada hari libur. Perusahaan jasa cuci motor dan mobil yang menggunakan layanan sistem manual menimbulkan ketidakjelasan dalam antrian disebabkan sistem pemesanan yang tidak teratur. Berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi yang sangat pesat, memungkinkan jasa cuci motor dan mobil ini dapat memanfaaatkan teknologi dengan membangun sistem aplikasi pemesanan berbasis website yang terkomputerisasi dan dapat diakses dimana saja melalui internet akan membantu dan mempermudah sistem pemesanan pada jasa cuci motor dan mobil tersebut sehingga antrian diketahui dengan jelas dan efektif. Peneliti menggunakan waterfall sebagai proses perancangan sistem yang diawali dengan pengumpulan data, desain sistem, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem aplikasi pemesanan berbasis webiste ini berhasil dibuat dengan framework <em>react js</em> yang meningkatkan efisiensi pelayanan pemesanan serta penjadwalan antrian sebagai alternatif untuk mempermudah dalam proses pelayanan agar lebih cepat dan efektif.</p> 2024-04-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1130 ANALYSIS OF THE APPLICATION OF HYPERPARAMETER TUNING IN MACHINE LEARNING TO INCREASE THE ACCURACY OF SALES-LEVEL PREDICTION 2024-04-05T07:07:11+00:00 Sugiyanti 14210253@nusamandiri.ac.id Muhammad Haris muhammad.uhs@nusamandiri.ac.id <p>Pertumbuhan pelaku bisnis penjualan semakin meningkat, untuk itu perlu adanya suatu prediksi terhadap tingkat penjualan untuk penjualan masa depan agar tidak mengalami kerugian finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model prediksi tingkat penjualan dengan akurat. Pihak penjual akan memahami fitur-fitur penting yang mempengaruhi terhadap tingkat atau nilai penjualan. Metode yang digunakan dalam peneltiian ini adalah algoritma regression <em>Machine Learning (ML)</em> serta menggunakan <em>hyperparameter tuning</em>. Tahap <em>preprocessing</em> dalam penelitian ini sangat penting untuk dapat menghasilkan nilai prediksi yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini menghasilkan algoritma terbaik yaitu XGBoost dengan hasil <em>Root Mean Squared Error (RMSE) </em>adalah 968 dan nilai <em>Mean Absolute Error (MAE)</em> adalah 713, hasil tersebut lebih baik dari hasil penelitian sebelumnya dengan menggunalan algoritma yang sama yaitu <em>XGBoost </em>tetapi tidak menggunakan <em>hyperparameter tuning optuna</em> menghasilkan nilai <em>RMSE</em> sebesar 1052, dan <em>MAE</em> sebesar 739.03. Sehingga dengan menggunakan <em>hyperparameter tuning optuna </em>dapat menurunkan nilai <em>error</em> hasil prediksi.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1161 KOMPARASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN), SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM), DAN DECISION TREE DALAM KLASIFIKASI PENYAKIT STROKE 2024-04-25T03:02:06+00:00 Andri Setiawan 2110031802092@sar.ac.id Rangga Febrio Waleska 2110031802117@sar.ac.id Muhammad Adji Purnama 2110031802125@sar.ac.id Rahmaddeni rahmaddeni@sar.ac.id Lusiana Efrizoni lusiana@stmik-amik-riau.ac.id <p>Penyakit stroke adalah penyebab kematian dan kecacatan pada manusia. Stroke dapat menyebabkan aliran darah otak terganggu. Ini menghambat semua fungsi organ, menyebabkan organ-organ tertentu kehilangan elastisitas, oksigen, atau nutrisi, dan akhirnya menyebabkan mereka mati dengan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi seseorang yang mengalami stroke. Dalam penelitian ini, metode <em>K-NN </em>mempunyai kemampuan untuk menangani masalah yang kompleks tanpa terpengaruh oleh berbagai faktor dan sifatnya yang kuat, intensif, dan tidak asumsif, metode <em>SVM </em>memiliki kemampuan untuk menangani masalah yang kompleks tanpa terpengaruh oleh berbagai factor dan melakukan pelatihan secara efektif, sedangkan <em>Decision Tree</em> mengembangkan pengetahuan berdasarkan data pelatihan dan labelnya, melakukan prediksi terkait kategori atau label kelas. Dari metode-metode tersebut akan melakukan klasifikasi pada data penyakit stroke dari 4981 record. Hasil pengujian metode dengan <em>spliting </em>data 80:20 menunjukkan bahwa metode <em>K-NN </em>mendapatkan hasil akurasi 94%, dan <em>SVM </em>mendapatkan hasil akurasi 95%, sedangkan <em>Decision Tree</em> mendapatkan hasil 92%. Dari hasil tersebut metode <em>SVM </em>lebih baik dibandingkan dua metode <em>K-NN </em>dan <em>Decision Tree</em>. Studi ini menggunakan Streamlite untuk membuat visualisasi data menjadi lebih menarik.</p> 2024-04-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1171 PENGEMBANGAN SINGLE SIGN ON (SSO) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MAGIC LINK DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI (UMMI) 2024-04-26T07:09:00+00:00 Ruswandi sukabumikode@gmail.com Franciskus Antonius Alijoyo franciskus.antonius.alijoyo63@gmail.com <p style="border: none; padding: 0in;" align="justify">Penggunaan sistem informasi di institusi pendidikan dan perusahaan berkembang pesat, tetapi seringkali diikuti oleh tantangan manajemen akun yang kompleks, memaksa pengguna untuk mengingat banyak akun. Meskipun <em>Single Sign On (SSO)</em> konvensional seperti <em>Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), Central Authentication Service (CAS)</em> dan <em>Keycloak</em> dapat mengatasi masalah ini, biaya dan kebutuhan SDM yang tinggi menjadi kendala. Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), sebuah perguruan tinggi swasta di Sukabumi, mengalami kendala tersebut, dimana sudah terdapat belasan sistem informasi yang masih bersifat standalone dan belum terintegrasi. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, penggunaan <em>magic link login</em> dengan<em> JSON Web Token (JWT)</em> diusulkan. Ini memungkinkan implementasi SSO yang lebih mudah dan terjangkau, bahkan bagi institusi dengan sumber daya terbatas. Penelitian melibatkan tiga sistem yang paling relevan dengan mahasiswa UMMI, yakni Sistem Informasi Akademik, e-Learning, dan Sistem Perpustakaan. Berdasarkan pengujian, mahasiswa hanya perlu melakukan proses otentikasi di Sistem Informasi Akademik untuk dapat langsung mengakses e-Learning dan Sistem Perpustakaan melalui tautan khusus (magic link), tanpa perlu melakukan proses otentikasi lagi. Pengembangan ini diimplementasikan langsung pada sistem yang sudah berjalan tanpa memerlukan penambahan server atau sistem manajemen pengguna baru, sehingga menjadi solusi yang sangat efektif dan efisien dalam menangani permasalahan sebelumnya.</p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1170 PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MELAKUKAN KLASTERISASI PADA VARIETAS PADI 2024-04-27T06:35:27+00:00 bagas putra aryadi bagasputraaryadi75@gmail.com Nirwana Hendrastuty nirwana_hendrastuty@teknokrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membangun model menggunakan algoritma K-Means untuk klasterisasi varietas padi di Indonesia, dengan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan produktivitas dan kualitas hasil panen padi. Salah satu permasalahan yang menjadi fokus utama penelitian ini adalah penurunan hasil panen padi baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Metodologi penelitian mencakup studi pustaka, pengumpulan data varietas padi, praproses data, klasterisasi menggunakan algoritma K-Means, dan evaluasi hasil klasterisasi. Hasil klasterisasi dilakukan menggunakan aplikasi RapidMiner, dengan tahap-tahap yang meliputi import data, pembentukan diagram proses, eksekusi diagram proses, dan analisis statistik data serta performance vector K-Means. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima kelompok cluster varietas padi berhasil diidentifikasi melalui proses klasterisasi. Dari hasil pengujian terdapat nilai index davies bouldin sebesar -0.48, yang menandakan kualitas klaster yang baik. Klasterisasi ini dapat memberikan informasi penting kepada pihak dinas pertanian dan petani mengenai jenis-jenis padi yang ada, serta membantu dalam pemilihan varietas padi yang sesuai dengan kondisi lingkungan tumbuhnya. Penerapan metode K-Means clustering memberikan hasil yang baik, menegaskan efektivitasnya dalam mengelompokkan varietas padi berdasarkan karakteristiknya. Jenis padi yang akan di klaster berjumlah 5 yaitu jenis padi hibrida, padi unggul, padi sawah, padi gogo dan padi rawa.</p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1164 PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MEMVISUALISASI PERUBAHAN WUJUD BENDA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR 2024-04-26T02:22:43+00:00 Kurnia kusuma wardani icakusuma63@gmail.com namira anjany alwiyanti namiraanjany123@gmail.com tri widodo triwidodo@uty.ac.id <p>Perkembangan teknologi yang pesat saat ini memberikan dampak besar terutama dalam bidang pendidikan. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang cenderung menggunakan media konvensional seperti buku dan video, menghadapi tantangan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, pengembangan metode pembelajaran digital seperti teknologi Augmented Reality, menjadi relevan untuk perkembangan daya tarik pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&amp;D) dengan skema alur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Fokus pada penelitian yang mengembangkan aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran visualisasi perubahan wujud benda untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk berupa perangkat lunak yang efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar serta pencapaian pada mata pelajaran IPA. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa pengujian ahli media menunjukan skor 77,3% dengan kategori layak. Ahli materi memberikan penilaian sebesar 88% dengan kategori sangat layak dan pengujian oleh responden menunjukan skor 79,5% sehingga dapat dikategorikan sebagai layak.</p> 2024-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1117 PROTOTIPE SMART AGRICULTURE DI LAHAN PERTANIAN BERBASIS WEB 2024-03-15T07:35:50+00:00 Agustian Noor agustiannoor@politala.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat pintar berbasis Arduino Wemos D1 R32 yang dapat digunakan untuk memonitor suhu, kelembaban udara, dan kelembaban tanah dalam konteks pertanian atau lingkungan lain yang membutuhkan pemantauan parameter tersebut. Sistem ini menggunakan sensor Celsius dan kelembaban udara DHT22, dan sensor kelembaban tanah YL-69 yang terhubung dengan Wemos D1 R32 untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data suhu, kelembaban udara, dan kelembaban tanah dilakukan secara periodik dan dikirimkan ke papan kontrol yang terhubung dengan perangkat melalui protokol komunikasi serial. Perangkat keras yang terpasang di lapangan mengirimkan data ke papan kontrol yang dilengkapi dengan modul komunikasi nirkabel, sehingga data dapat diakses secara real-time melalui aplikasi seluler atau platform web. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat pintar yang dikembangkan mampu mengukur dan memantau suhu, kelembaban udara, dan kelembaban tanah secara akurat. Data yang terkumpul dapat dianalisis untuk memberikan wawasan tentang kondisi lingkungan yang diukur, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dalam manajemen lingkungan pertanian atau sektor lainnya. Keunggulan alat pintar ini adalah kemampuannya untuk mengirimkan data secara real-time, sehingga petani atau pengguna dapat memantau kondisi lingkungan di lapangan secara langsung dan mengambil tindakan yang tepat. Selain itu, sistem ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem berbasis <em>Internet of Things</em> (IoT) yang lebih luas untuk mendukung manajemen pertanian yang efisien dan berkelanjutan.</p> 2024-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1185 RANCANG BANGUN PLATFORM CROWDFUNDING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT. STUDI KASUS: ALIFARM DIGITAL 2024-05-20T07:38:39+00:00 Muhammad Hilal Hamdi hilalhamdi48@gmail.com Irwan Alnarus Kautsar irwan@umsida.ac.id Yulian Findawati yulianfindawati@umsida.ac.id <p>Pemilik peternakan sering menghadapi berbagai tantangan, terutama terkait dengan pembiayaan. Mendapatkan modal yang cukup untuk mengembangkan atau mengoperasikan peternakan kambing sering kali menjadi hambatan utama bagi para peternak. Pengembangan Platform Crowdfunding Berbasis Web menggunakan metodologi Rapid Application Development. Studi kasus difokuskan pada Alifarm Digital, dengan tujuan menyediakan sistem komprehensif untuk pembiayaan proyek peternakan kambing. Penerapan RAD memastikan penciptaan sistem yang berkualitas tinggi secara cepat dan efisien, sesuai dengan kebutuhan peternak, investor, dan administrator. User Acceptance Testing (UAT) memainkan peran penting dalam memastikan platform memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna. Platform ini menjanjikan dalam menjembatani kesenjangan pembiayaan bagi peternak dan mengurangi praktik penipuan dalam pembiayaan pertanian.</p> 2024-05-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1186 MONITORING DAN KONTROL NUTRISI HIDROPOIK BERBASIS IOT DENGAN METODE IT2FL 2024-05-22T04:02:52+00:00 Mortekiano Nigel mortekianond@gmail.com Basuki Rahmat basukirahmat.if@upnjatim.ac.id <p>Swasembada pangan merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan global yang secara langsung maupun tidak langsung mengancam ketahanan pangan. Salah satu upaya untuk melakukan swasembada pangan dapat dilakukan dengan bercocok tanam secara mandiri secara hidroponik. Hidroponik memiliki beberapa kelebihan dalam bercocok tanam seperti tidak perlu lahan yang luas, cara bercocok tanam yang praktis, serta keunggulan lainnya. Namun, larutan nutrisi dalam hidroponik perlu dilakukan pengontrolan untuk memastikan nutrisi tanaman tetap optimal karena tanaman akan menjadi rusak apabila kurangnya suplai unsur hara melalui larutan nutrisi yang diberikan dan dapat menjadi toksinasi nutrisi apabila suplai nutrisi yang berlebih dari larutan nutrisi yang diberikan. Pengontrolan tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan <em>Internet of Things</em> (IoT). Oleh karenanya, penulis melakukan penelitian mengenai sistem monitoring serta kontrol larutan nutrisi hidroponik berbasis IoT dengan menerapkan metode <em>Interval Type-2 Fuzzy Logic</em> (IT2FL) untuk pengontrolan pH dan TDS larutan secara otomatis. Implementasi model pembangunan sistem RAD (<em>Rapid Application Development</em>) dipilih sebagai metodologi untuk mengembangkan sistem secara keseluruhan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sistem dapat melakukan monitoring dengan akurasi 98,68% untuk pH dan 97,50% untuk TDS serta mampu melakukan sistem kontrol otomatis melalui implementasi metode <em>interval type-2 fuzzy logic </em>yang digunakan dalam penelitian.</p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1168 PENERAPAN HIERARCHIAL TOKEN BUCKET (HTB) DALAM MANAJEMEN BANDWIDTH UNTUK MENINGKATKAN QUALITY OF SERVICE (QOS) PADA SMKN 1 ALAS 2024-04-29T02:43:55+00:00 Muhammad Bagus Bagussantuy3113@gmail.com Yudi Mulyanto yudi.mulyanto@uts.ac.id Nora Dery Sofya noraderysofya@uts.ac.id Yuliadi yuliadi@uts.ac.id <p>Jaringan internet menjadi hal yang sangat penting yang sudah menjadi kebutuhan pokok suatu organisasi. SMKN 1 ALAS Kabupaten Sumbawa, memiliki jaringan internet sebesar 100 Mbps yang dimanfaatkan oleh seluruh civitas SMKN1 Alas dalam melaksanakan seluruh aktivitasnya. Saat ini, jaringan internet pada SMKN 1 Alas belum menerapkan pembagian <em>bandwidth</em> sehingga menyebabkan penggunaan <em>bandwidth</em> yang berlebihan. Belum adanya manajemen <em>bandwidth</em> jaringan internet SMKN 1 Alas mengakibatkan pembagian <em>bandwidth</em> tidak merata. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan penerapan manajemen <em>bandwidth</em> agar pembagian merata dan internet lebih stabil. HTB merupakan teknik manajemen <em>bandwidth </em>untuk membagi <em>bandwidth </em>secara hierarkis dan memberikan alokasi <em>bandwidth </em>sesuai dengan kebutuhan. Penelitian yang dilakukan peneliti, yakni untuk melakukan menerapkan metode <em>Hierarchial Token Bucket </em>(HTB) dalam manajemen <em>bandwidth </em>untuk meningkatkan <em>Quality of Service </em>pada jaringan sekolah. Hasil penelitian yang dilihat dari parameter <em>Quality of Service </em>sebelunya, yakni nilai <em>Troughput 20k packet loss 0% delay 53,123ms dan jitter 1,4816. </em>Setelah dilakukan manajemen <em>bandwidth </em>nilai <em>troughput 512k, packet loss 0% delay 10,7674 jitter3,49072</em><em>.</em></p> 2024-05-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik