MONITORING KINERJA PEGAWAI BIDANG LALU LINTAS DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH BERBASIS ANDROID

Abstract

Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang perhubungan yang dipimpin oleh Kepala Dinas dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris daerah. Kendala yang sering terjadi di Dinas Perhubungan adalah kurang disiplinnya pegawai yang bertugas di bidang lalu lintas karena kurangnya monitoring langsung dari pimpinan. Ketika sedang melaksanakan tugas ada beberapa pegawai yang tidak menghadiri tempat dimana pegawai tersebut di tugaskan tanpa sepengetahuan pimpinan.


                Dengan memanfaatkan Google Maps API dan GPS yang ada pada ponsel berbasis Android penulis ingin membuat aplikasi monitoring khusus untuk pegawai yang bertugas di lapangan. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengambil tema skripsi dengan judul “Monitoring Kinerja Pegawai Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah Berbasis Android” menggunakan metode analisis SWOT.


                Hasil dari penelitian ini adalah adanya aplikasi yang dapat membantu Kepala Bidang untuk melakukan monitoring terhadap semua pegawai yang di bidang lalu lintas menggunakan smartphone android.

References

Suwandi. Sistem Informasi Pemantaua Kinerja Sales Memanfaatkan Monitoring Geofencing dan Teknologi Cloud Message Berbasis Mobile. Volume 04/Nomor 01/Tahun 2016.
Anwar, Jaya, Kusuma. 2014. Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi User. Vol. 13, No. 2, Mei 2014.
Wihidayat,S.T.,M.Eng, Rahmanto, dan Doewes S.Kom., M.Sc. Mobile Positioning Menggunakan Network Identity Sebagai Sistem Absensi Berbasis Mobile. Vol 4. No 2. Desember 2015.
Hidayat. Rancang Bangun Mobile Phone Positioning System Pada Platform Adroid, November 2013.
Growth from Knowledge, 2015. Android Opera Dominasi Smartphone Indonesia. http://id.techinasia.com/android operadominasi- smartphone-indonesia 2014/ (10 April 2018).
Utama, Nurhayati, dan Windasari. Pembuatan Aplikasi Memantau Lokasi Anak Berbasis Android Menggunakan Location Based Service. Vol.4, No.1, Januari 2016.
Neforawati, Fareza dan Juniarti. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Absensi Mahasiswa Politeknik Negri Jakarta Menggunakan Teknologi NFC Pada Android. Politeknologi Vol. 14 No. 2 MEI 2015.
Bagye, W., & Yuliana, Y. (2018). Implementasi Greenfoot 3.0. 4 Untuk Membangun Aplikasi Pengucapan Bahasa Inggris Pada Arrobbany Course. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 1(1), 25-32.
Bagye, W., & Najamudin, N. (2018). APLIKASI PENGHITUNG JUMLAH PAKAN SAPI POTONG BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 1(2), 40-46.
Published
2019-04-30
How to Cite
ROMZI, Romzi et al. MONITORING KINERJA PEGAWAI BIDANG LALU LINTAS DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 46 - 51, apr. 2019. ISSN 2620-6900. Available at: <https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/89>. Date accessed: 13 may 2021. doi: https://doi.org/10.36595/jire.v2i1.89.