IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA TOKO UMBAH SEPATU
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v6i2.840Keywords:
Data Mining, Apriori, TanagraAbstract
Penelitian ini di buat untuk membantu dalam menyelesaikan masalah pada toko Umbah Sepatu yaitu mengaetahui treatment yang sering di order oleh konsumen dan paling jarang pesan oleh konsumen, Untuk mengetahui tingkat penjualan treatment – treatment ini menggunakan metode Algoritma Apriori, Metode ini dapat digunakan untuk memeriksa aturan asosiasi dan mencari pola hubungan antara satu atau lebih item dalam satu dataset berdasarkan transaksi penjualan. transaksi tersebut kemudian dikumpulkan untuk dicari nilai frequent tertinggi, menentukan C1 atau yang sering disebut 1-itemset kemudian mencara nilai support 40% dan Confidencenya 60%. Perhitungan Apriori menggunakan itemset dan Asosiasi berdasarkan dari data transaksi penjualan pada Toko Umbah Sepatu lima bulan terakhir. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa Pemesanan treatment Fast Clean, Deep Clean dan Unyellowing paling banyak di minati oleh konsumen di toko Umbah Sepatu yang telah memenuhi minimal support dan minimal confidence.
References
Abdussalam Amrullah, Intam Purnamasari, Betha Nurina Sari, Garno, and Apriade Voutama, “Analisis Cluster Faktor Penunjang Pendidikan Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus: Kabupaten Karawang),” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 5, no. 2, pp. 244–252, 2022, doi: 10.36595/jire.v5i2.701.
Mustika et al., DATA MINING DAN APLIKASINYA. Bandung, Indonesia, 2021.
Suyanto, Data Mining untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung, Indonesia: Informatika, 2017.
G. Grand, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Menemukan Hubungan Data Murid dengan Nilai Sekolah,” Ikraith Inform., vol. 2, no. 18, pp. 7–12, 2018.
I. Rahmianti, “Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Koperasi Dengan Metode Data Mining Decision Tree,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 5, no. 2, pp. 153–161, 2022, doi: 10.36595/jire.v5i2.663.
J. M. Informatika and S. I. Misi, “PREDIKSI DAYA BELI MOBIL,” vol. 6, pp. 73–81, 2023.
D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–127, 2018, doi: 10.15408/jti.v9i2.5602.
E. Bulolo, Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. Sleman, Indonesia: Deepublish, 2020.
A. N. Rahmi and Y. A. Mikola, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Pada Customer (Studi Kasus: Toko Bakoel Sembako),” Inf. Syst. J., vol. 4, no. 1, 2021.
A. M. A. Rahim, G. A. Suni, S. Sasi, G. C. Pangestu, M. Fainsenem, and M. Arsyad A, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Pembelian Di Starcomp Jogja,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 2, no. 01, 2020, doi: 10.46772/intech.v2i01.187.
E. Kurniyadi and A. Sujarwadi, “Membangun Website Sebagai Media Reservasi Object Wisata Menggunakan Metode Aprori,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, p. 8, 2018, doi: 10.36595/misi.v1i2.35.
A. W. O. Gama, I. K. G. D. Putra, and I. P. A. Bayupati, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 15, no. 2, pp. 21–26, 2016, doi: 10.24843/mite.1502.04.
Julsam, H. adnan Mooduto, and Alexyusandria, “Penambangan Data Format Text Excel Dengan Software Tanagra,” Elektron J. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2009, doi: 10.30630/eji.1.1.6.
Kavitha and Subbaiah, “Association Rule Mining using Apriori Algorithm for Extracting Product Sales Patterns in Groceries,” Int. J. Eng. Res. Technol., vol. 8, no. 03, 2020.
E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.
M. Sholik and A. Salam, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas,” Techno.COM, vol. 17, no. 2, pp. 158–170, 2018.
A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.