APLIKASI OBJEK WISATA 3D AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE

  • Yoyon Efendi STMIK Amik Riau
  • Agung Marinda STMIK Amik Riau
  • Lusiana Lusiana STMIK Amik Riau

Abstract

Abstract


Riau Province has various natural attractions such as Siak Palace, Sang Nila Utama Museum and Muara Takus Temple. At the Siak Palace, currently the information obtained is only in the form of websites and brochures. But information is not enough, a tourist attraction will be more interesting if the public can see and get the tour object directly. Then technology is needed that can be enjoyed by visitors through cellular media such as Augmented Reality. Making begins with collecting Riau tourism data that will be made as a model using software sketches. Then it is processed again using Unity by using markerless using Vuforia. The features in this application display some detailed information on the Siak 3D Palace. With the existence of mobile-based Augmented Reality technology, it is easier for people who want to travel to see buildings and historical objects at the Siak Palace.


 


Keywords : Istana Siak, Augmented Reality, Mobile


 


Abstrak


Provinsi Riau memiliki objek wisata keindahan alam yang beraneka ragam seperti Istana Siak, Museum Sang Nila Utama dan Candi Muara Takus. Pada istana siak, saat ini informasi yang didapat hanya berupa website dan brosur. Namun informasi saja tidak cukup, suatu objek wisata akan lebih menarik jika masyarakat dapat melihat dan mengamati langsung obek wisata tersebut. Maka diperlukan sebuah teknologi yang dapat dinikmati pengunjung melalui media mobile seperti Augmented Reality. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data objek wisata Riau yang akan dibuat sebagai model menggunakan software sketchup. Selanjutnya diolah lagi menggunakan Unity dengan merancang markerless menggunakan Vuforia. Fitur dalam aplikasi ini menampilkan beberapa detail informasi Istana Siak secara 3D. Dengan adanya teknologi Augmented Reality berbasis mobile, memudahkan masyarakat yang ingin berwisata agar dapat melihat bangunan dan benda-benda sejarah yang berada di Istana Siak.


 


Kata kunci : Istana Siak, Augmented Reality, Mobile

References

[1] M. I. Aminah, Siti, “PELAKSANAAN PROMOSI OBJEK WISATA ISTANA SIAK PROVINSI RIAU,” JOM FISIP, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2015.
[2] N. Amaliah, A. Yanu, A. Fianto, and S. P. Yosep, “PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PT PETRONIKA SEBAGAI,” vol. 4, no. 1, 2015.
[3] A. Labellapansa et al., “Augmented Reality Bangunan Bersejarah Berbasis Android ( Studi Kasus : Istana Siak Sri Indrapura ),” vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2017.
[4] A. P. Permana, O. D. Nurhayanti, and K. T. Martono, “Perancangan dan Implementasi Augmented Reality Pemantauan Titik Reklame Kota Semarang Menggunakan QR-Code Berbasis ANDROID,” vol. 4, no. 2, pp. 295–304, 2016.
[5] G. A. Pradnyana, J. Pendidikan, T. Informatika, U. P. Ganesha, A. Reality, and M. Pengenalan, “PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS PENGENALAN DAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET,” vol. 6, 2017.
[6] I. F. Faiztyan, R. R. Isnanto, and E. D. Widianto, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 2, p. 207, 2015.
[7] R. Gusman and M. E. Apriyani, “Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuh,” vol. 8, no. 1, pp. 64–70, 2016.
[8] Spesifikasi Android Augmented Reality (https://library.vuforia.com)
[9] Siak Sri Indrapura (https://liandamarta.com/2015/05/18/istana-siak-sri-indrapura)
Published
2019-04-30
How to Cite
EFENDI, Yoyon; MARINDA, Agung; LUSIANA, Lusiana. APLIKASI OBJEK WISATA 3D AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1 - 9, apr. 2019. ISSN 2620-6900. Available at: <https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/68>. Date accessed: 13 may 2021. doi: https://doi.org/10.36595/jire.v2i1.68.