ANALISA DAN PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN) PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Abstract

Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu instansi Pemerintah yang bertugas meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang industri dan perdagangan secara aturan dan terus menerus tanpa membedakan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah sudah memiliki jaringan Wireless namun tidak menjangkau semua ruangan yang ada dari sepuluh ruangan kerja hanya empat ruangan saja yang dapat memanfaatkan.


Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode NDLC (Network Developmen Life Cycle) dengan fase-fase, yaitu : analysis (analisis), design (perancangan), simulation prototipe (prototip simulasi), implementation (penerapan), monitoring (pengamatan), management, (pengaturan). Penulis memanfaatkan mode client router pada Assespoint Wireless TP–Link WA5210G sehingga dapat menjangkau semua ruangan yang ada Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa analisis dilakukan dengan menggunakan metode PIECES dengan metode ini penulis menemukan ada beberapa masalah atau kelemahan yang ditemukan yaitu masih ada ruang dari sekian banyak ruangan yang belum mendapatkan koneksi jaringan yang ada sehingga penulis harus mengganti atau mendisablekan router wireless yang sudah ada pada Dinas Perindag Kab. Loteng dengan perangkat baru praktis yaitu Radio Outdoot dengan type atau merek TP-Link WA5210G dimana Perangkat ini memiliki tiga node atau fungsi dan tahan akan panas dan jangkauannya bisa sampai satu km tergantung tinggi dari tiang yang digunakan. Sistem wireless dengan mode AP Client Router yang diimplemetasikan telah berhasil dijalankan dengan baik. Keseluruhan sistem wireless di ujicoba dengan melakukan pengujian terhadap client/ user dimana perangkat wireless client router dapat bekerja secara optimal menjangkau seluruh ruangan yang belum dapat dijangkau oleh wireless yang sudah ada pada dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten lombok tengah.

References

Saharuna, Zawiyah (2016) “Desain Jaringan Wireless Local Area Network Berdasarkan Cakupan Area dan Kapasitas”.
Esabella, Shinta (2016) “Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer untuk Mendukung Implementasi Sistem Informasi Pada Universitas Teknologi Sumbawa”.
Nur Kukuh Wicaksono (2016) “Analisis Quality Of Service Jaringan Wireless LAN Pada PGRI Yogyakarta”.
Fitron, Royanul (2016) “Analisis Relibilitas Kinerja Jaringan Wireless LAN Menggunakan QoS Pada Perpustakaan Grahatama Pustaka Yogyakarta”.
Fadillah Usman (2015) “ Analisa Kinerja Jaringan Wireless Local Area Network Menggunakan QoS Dan RMA Pada Perpustakaan Gadjah Mada”
Febrianto, T. (2015) “Analisis Manajemen Local Area Network (Lan)(Studi Pada Bank X). Jurnal Administrasi Bisnis” 19(1).
Manru, E. P. (2015) “Analisa Kinerja Jaringan W-LAN Pada Perangkat Access Point 802.11/g” (Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Riau). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik dan Sains, 3(1), 1-11.
Gunarjo, K. (2016) “Perancangan Dan Implementasi Jaringan Wireless Local Area Network (Wlan) Antar Gedung Di Smk Muhammadiyah Imogiri. Prodi. Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas PGRI Yogyakarta”.
Novrianda, R. (2017) “Rancang Bangun Keamanan Jaringan Wireless Pada Stiper Sriwigama Palembang Dengan Radius Server”. Jurnal Maklumatika, 4(1).
Wirastuti, N. M. A. E. D., Hartawan, I. G. A. K. D. D., & Suyadnya, I. M. A. “Perancangan Dan Instalasi Jaringan Komputer Local Area Network (Lan) Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kintamani Bangli”
Bakti, Wira, Khairul Imtihan, and Ahmad Susan Pardiansyah. "Proxy Server dan Management Bandwidth Jaringan Komputer Menggunakan Mikrotik RB952Ui5ac2nD (Studi Kasus MA Ishlahul Ikhwan Nahdlatul Wathan Mispalah Praya)." Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik 1.1 (2018): 44-49.
Published
2018-11-30
How to Cite
SUPRIADI, Didik; FAHMI, Hairul; IMTIHAN, Khairul. ANALISA DAN PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN) PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-6, nov. 2018. ISSN 2620-6900. Available at: <https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/53>. Date accessed: 13 may 2021. doi: https://doi.org/10.36595/jire.v1i2.53.