IMPLEMENTASI APLIKASI DISKUSI DAN PEMBELAJARAN PASAR MODAL BERBASIS ANDROID

Authors

  • Eusebia Nawang Ari Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Muhammad Zakariyah Universitas Teknologi Yogyakarta

Keywords:

Android, Aplikasi Mobile, Pasar Modal, Diskusi

Abstract

Penggunaan media pembelajaran konvensional seperti presentasi dan dokumen sering kali tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang dinamis dan interaktif di bidang pasar modal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android sebagai media diskusi dan pembelajaran pasar modal. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran, serta menyediakan fitur diskusi dan kuis untuk evaluasi pemahaman. Dengan menggunakan metode pengembangan sistem Agile, aplikasi ini dikembangkan dan diuji pada Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Teknologi Yogyakarta (KSPM UTY). Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan interaksi antara anggota dan pengurus KSPM UTY dalam proses pembelajaran pasar modal. Aplikasi ini juga membantu dalam mengelola materi secara lebih efektif dan mendukung evaluasi pembelajaran melalui fitur kuis.

References

F. Hidayat and K. Kayati, “Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Pendapatan dan Umur Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 6, no. 2, p. 136, Jun. 2020, doi: https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.942.

S. Aisyah Hidayati and S. Bintang Mandala Putra, “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram),” JURNAL DISTRIBUSI, vol. 9, no. 1, p. 15, Mar. 2021, doi: https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137.

S. Vebrianto Susilo, U. Majalengka, and J. K. Abdul Halim No, “Bahan Ajar Mobile Learning 2D Berbasis Android: Sebuah Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2b, pp. 587–592, Apr. 2020, doi: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.767.

R. G. Guntara, A. Nuryadin, and B. Hartanto, “Pemanfaatan Google Speech to Text Untuk Aplikasi Pembelajaran Kamus Bahasa Sunda Pada Platform Mobile Android,” JUSTEK?: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, vol. 4, no. 1, pp. 10–19, May 2021, doi: https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ.

A. K. Sari, R. Rahmiati, L. Rosalina, and D. Irfan, “Pengembangan Media Pembelajaran Perawatan Wajah Berbasis Android Pada Kompetensi Tata Kecantikan Di Sekolah Menengah Kejuruan,” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), vol. 7, no. 3, pp. 602–606, Nov. 2022, doi: https://doi.org/10.29210/30032220000.

S. Ernawati, R. Wati, and I. Maulana, “Aplikasi Android Pengenalan Hewan Multi Bahasa Untuk Meningkatkan Kognitif Anak,” Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 6, no. 2, pp. 255–262, Nov. 2023, doi: https://doi.org/10.36595/jire.v6i2.1012.

J. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, R. Rahman Sutrisno, and G. Hamdu, “Aplikasi Mobile Learning Model Pembelajaran Stem Untuk Guru Sekolah Dasar,” JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 227–238, Aug. 2020, doi: https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p227.

D. Darman and L. Lapu, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Untuk Meningkatkan Kemahiran Bahasa Inggris Siswa Di SMP Negeri 11 Mimika,” TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 1, no. 2, pp. 86–91, Dec. 2022, doi: https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1760.

?. Göksu and B. Atici, “Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Procedia Soc Behav Sci, vol. 5, no. 1, pp. 685–694, Jun. 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.388.

R. Rahayu, M. Mustaji, and B. S. Bachri, “Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan,” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 3399–3409, Feb. 2022, doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409.

R. Wijaya, S. Suratno, and H. Budiyono, “Pengembangan Media Pembejaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Pengapian Sepeda Motor,” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 2, no. 4, pp. 513–23, Mar. 2021, doi: https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.

F. Herawati and B. Suranto, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat SD Berbasis Android,” Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 6, no. 2, pp. 220–227, Nov. 2023, doi: https://doi.org/10.36595/jire.v6i2.985.

J. N. Meckenstock, “Shedding light on the dark side – A systematic literature review of the issues in agile software development methodology use,” Journal of Systems and Software, vol. 211, p. 111966, May 2024, doi: https://doi.org/10.1016/j.jss.2024.111966.

A. Sutisnawati, H. Suryani Lukman, and U. Muhammadiyah Sukabumi, “Pengembangan Aplikasi Kopi D’lima Untuk Pembelajaran Merdeka,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1583–1592, Oct. 2022, doi: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3268.

A. Nasution, M. Siddik, N. Manurung, and S. Royal, “Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan,” Journal of Science and Social Research, vol. 4, no. 1, pp. 1–5, Feb. 2021, doi: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i1.470.

H. Susanto and M. Prawitasari, “Evaluasi Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sejarah Proklamasi Berbasis Android,” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 9, pp. 130–143, Mar. 2023, doi: https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i01.7054.

M. Faqih, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android,” JURNAL KONFIKS, vol. 7, no. 2, pp. 27–34, Jun. 2020, doi: https://doi.org/10.26618/jk.v7i2.4556.

D. Darul et al., “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Tiga Bahasa Indonesia-Sunda-Inggris Dilengkapi Kamus Berbasis Android,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), vol. 04, pp. 1–8, Mar. 2023, doi: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.3895.

A. Wahyudi, R. Dwi Agustin, M. Ambarawati, and I. B. Utomo, “Pengembangan Media Aplikasi Geotri Pada Materi Geometri Berbasis Mobile Learning,” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, vol. 3, no. 2, pp. 62–70, Dec. 2022, doi: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2288.

Indah Puji Astuti, Ega Feri Romawati, and Ida Widaningrum, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Pengenalan Huruf Jawa (Aksara Jawa) Berbasis Android,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 1, no. 2, pp. 93–100, Nov. 2020, doi: https://doi.org/10.37859/coscitech.v1i2.2185.

N. Auliyah and P. M. Sari, “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Appy Pie Android Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif di Sekolah Dasar,” EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 3, no. 6, pp. 3866–3876, Aug. 2021, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1127.

O. Eunike et al., “Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 2, pp. 172–183, Apr. 2022, doi: https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4432.

Suliswaningsih, A. Purnomo, S. Fajarwati, A. Prasetyo, and D. Arifudin, “Aplikasi Belajar Matematika Sekolah Dasar Kelas V Berbasis Mobile Android,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, pp. 885–902, Mar. 2023, doi: https://doi.org/10.35957/jatisi.v10i1.3250.

M. N. Hingide et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 1, no. 5, pp. 557–566, Oct. 2021, doi: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2922.

Published

2024-11-01