IMPLEMENTASI KONSEP SMART VILLAGE BERUPA APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS LOKASI
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v7i2.1310Keywords:
Smart Village, Aplikasi Website, Aplikasi Android, Location Based ServiceAbstract
Smart village bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan salah satunya melalui aplikasi pengaduan masyarakat berbasis teknologi. Di Desa Somawangi, Banjarnegara, pengaduan masyarakat masih dicatat secara manual, sehingga membutuhkan waktu lebih dari dua minggu untuk memproses laporan pengaduan. Hal ini menyulitkan pemerintah desa dalam mengelola pengaduan dan masyarakat tidak dapat memantau status pengaduannya. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi pengaduan berbasis mobile dengan Location Based Service (LBS). Dengan aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat menyampaikan pengaduan tanpa harus datang ke kantor desa, serta membantu pemerintah desa dalam mengelola dan menindaklanjuti pengaduan dengan lebih terkoordinasi. Perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan Unified Modelling Language (UML) dengan implementasi aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java dan PHP. Aplikasi Android dan web yang dihasilkan memungkinkan masyarakat untuk melaporkan permasalahan dengan lokasi secara real-time. Aplikasi Android yang diakses masyarakat dilengkapi dengan fitur status pengaduan sehingga masyarakat dapat memantau status pengaduan. Sementara pemerintah desa menggunakan aplikasi web untuk mengelola data pengaduan. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan yang signifikan antara sistem pengaduan masyarakat sebelum dan sesudah implementasi aplikasi, dimana masyarakat tidak perlu datang ke kantor desa untuk melakukan pengaduan dan dapat mengirim pengaduan secara online menggunakan aplikasi sehingga dapat langsung terdata oleh pemerintah desa dan dapat segera diproses dalam waktu yang sama.
References
B. Supriyanto, “Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik,” Jurnal Pemerintahan dan Politik, vol. 8, no. 2, pp. 123–128, 2023.
M. A. Saputra and A. R. Isnain, “Penerapan Smart Village Dalam Peningkatan Pelayanan Masyarakat Menggunakan Metode Web Engineering (Studi Kasus: Desa Sukanegeri Jaya),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 3, pp. 49–55, 2021.
I. G. B. W. Atmaja, K. N. A. Kusuma, A. A. E. Wirayuda, I. K. Widiantara, N. Premadhipa, and G. S. Mahendra, “Penerapan Metode Prototype pada Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Buleleng Berbasis Website,” Jurnal Riset Sistem Informasi (RESI), vol. 1, no. 2, pp. 56–65, 2023.
A. T. Rohman, M. D. Yanti, and H. Maulana, “Penerapan Teknologi Location Based Service (LBS) Untuk Menemukan Layanan Kesehatan Terdekat Berbasis Android,” Jurnal Sistem Informasi Galuh, vol. 2, no. 1, pp. 18–29, 2024.
E. Agusti, “Perancangan Aplikasi Invoice Berbasis Mobile Studi Kasus UMKM,” Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 1, no. 1, pp. 19–33, 2022.
P. R. Togatorop, N. Sirait, E. F. Sidabutar, and R. Gultom, “Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android,” Jurnal Ilmiah Simantek, vol. 5, no. 3, pp. 69–78, 2021.
P. Prayogo, “Perancangan Sistem Aplikasi Pengaduan Warga Berbasis Android di Kelurahan Cimone,” Jurnal Innovation and Future Technology (IFTECH) P-ISSN, vol. 5, no. 2, pp. 134–143, 2023.
E. S. Nugraha, A. R. Padri, O. Nurdiawan, A. Faqih, and S. Anwar, “Implementasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Pada Gedung DPRD,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 360-366, 2021.
A. R. Putri, A. Hafizhah, F. H. Rahmah, R. Muslikhah, and S. Nabila, “Pemodelan Diagram UML Pada Perancangan Sistem Aplikasi Konsultasi Hewan Peliharaan Berbasis Android (Studi Kasus: Alopet),” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 12, no. 2, pp. 130–139, 2021.
S. Ernawati, R. Wati, and I. Maulana, “Aplikasi Android Pengenalan Hewan Multi Bahasa untuk Meningkatkan Kognitif Anak,” JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 6, no. 2, pp. 255–262, 2023.
M. A. A. Syaputra and A. Voutama, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Cuci Motor & Mobil Berbasis Website,” JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 7, no. 1, pp. 88–97, 2024.
H. Ali, I. Sastrodiharjo, F. Saputra, and J. Raya, “Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review),” Jurnal Ilmi Multidisiplin, vol. 1, no. 1, pp. 83–93, 2022.
I. Kurniawan, H. Humaira, and F. Rozi, “REST API Menggunakan NodeJS pada Aplikasi Transaksi Jasa Elektronik Berbasis Android,” Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 1, no. 4, pp. 127–132, 2020.
L. Setiyani and E. Tjandra, “Analisis Kebutuhan Fungsional Aplikasi Penanganan Keluhan Mahasiswa Studi Kasus:STMIK Rosma Karawang,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 8–17, 2021.
L. Setiyani, “Inovasi dan Adopsi Teknologi (Implementasi Cybersecurity pada Operasional Organisasi),” in Desain Sistem?: Use Case Diagram, 2021, pp. 246–260.
T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and M. Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram UML (Unfied Modelling Language),” Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022.
R. Aditya, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A. A. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 1, no. 1, pp. 47–57, 2021.
S. M. Pulungan, R. Febrianti, T. Lestari, N. Gurning, and N. Fitriana, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database,” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB), vol. 1, no. 2, pp. 143–147, 2022.
R. Parlika, T. A. Nisaa, S. M. Ningrum, and B. A. Haque, “Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box,” Jurnal Teknologi dan Informatika (TEKNOMATIKA), vol. 10, no. 2, pp. 131–140, 2020.
Published
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.