ANALISIS MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI METAVERSE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN INDUSTRI OTOMOTIF

Authors

  • Herdi Heryadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syti Sarah Maesaroh
  • Adi Prehanto

DOI:

https://doi.org/10.36595/jire.v7i2.1264

Keywords:

Metaverse, Technology Acceptance Model, Metaverse Marketing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model penerimaan teknologi metaverse sebagai media pemasaran dalam industri otomotif, dengan fokus khusus pada produk Honda di platform Metanesia. Latar belakang penelitian ini adalah penurunan penggunaan fitur Honda Metaworld pada Metanesia, yang menunjukkan adanya masalah dalam penerimaan teknologi ini oleh pengguna. Untuk itu, penelitian ini mengevaluasi pengaruh inovasi teknologi, persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat pengguna untuk menerima teknologi metaverse. Data diperoleh melalui survei yang melibatkan 125 responden dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi teknologi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pengguna untuk menerima teknologi metaverse, sementara persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penerimaan teknologi ini. Model yang digunakan memiliki relevansi prediktif yang baik dengan nilai Predictive Relevance (Q²) sebesar 0.740 atau 74%. Temuan ini menekankan pentingnya fokus pada peningkatan aspek kegunaan dan kemudahan penggunaan untuk meningkatkan penerimaan teknologi metaverse sebagai media pemasaran dalam industri otomotif.

References

F. Ramadhan, A. Magnus Rudolf Mekeng, S. Abdullah, J. R. Harsono No, P. Minggu, and J. Selatan, “Analisis QOS Pada Jaringan VOIP Menggunakan Free PBX,” Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 7, no. 1, 2024, [Online]. Available: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jireISSN.2620-6900

M. Haris, “Analysis of The Application Of Hyperparameter Tuning in Machine Learning to Increase The Accuracy of Sales-Level Prediction,” Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 7, no. 1, 2024, [Online]. Available: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jireISSN.2620-6900

S. Maesaroh, “Analisis Faktor Konfirmatori dalam Mengukur Kapasitas Target Pasar Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” Manajemen dan Akuntansi, vol. 25, no. 1, 2022, doi: 10.35591/wahana.v25i1.

A. Prehanto, R. G. Guntara, and N. M. Aprily, “Pemanfaatan Webinar Sebagai Alternatif Digitalisasi Informasi dalam Seminar Kurikulum,” Indonesian Journal of Digital Business, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/index

I. Endarto and Martadi, “Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Emergenresearch, “Metaverse Market By Component (Hardware, Software, Services), By Application (Social Events & Trade Shows, Health Surgery), By Platform (Desktop, Mobile), By Offering, By Technology, By End-Use, and By Region Forecast to 2032,” p. 1, 2023. Accessed: Dec. 07, 2023. [Online]. Available: https://www.emergenresearch.com/industry-report/metaverse-market

M. Ball, Metaverse Revolusi Besar Dunia Teknologi Telah Dimulai. Berubah atau Punah? 2022.

G. Harpiawan, “Metanesia Metaverse Penghubung Ekonomi Digital Indonesia.” Accessed: Jun. 20, 2024. [Online]. Available: https://metanesia.id/blog/metanesia-metaverse-penghubung-ekonomi-digital-indonesia

S. Hollensen, P. Kotler, and M. O. Opresnik, “Metaverse – the new marketing universe,” Journal of Business Strategy, vol. 44, no. 3, pp. 119–125, Apr. 2023, doi: 10.1108/JBS-01-2022-0014.

A. Amanta, “Kolaborasi Lebih Lanjut dengan Kehadiran Honda Metaworld di metaNesia.” Accessed: Jan. 28, 2024. [Online]. Available: https://metanesia.id/blog/kehadiran-honda-metaworld-di-metanesia

A. Ahmad and W. Gata, “Sentimen Analisis Masyarakat Indonesia di Twitter Terkait Metaverse dengan Algoritma Support Vector Machine,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 6, no. 4, pp. 548–555, 2022, doi: 10.35870/jti.

A. Benzerara and R. Belkhiri, “Metaverse Marketing for Businesses: Trends, Strategies and Issues,” Management & Economics Research Journal, vol. 5, no. 4, pp. 56–65, 2023, Accessed: Jan. 29, 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/377729333_Metaverse_Marketing_for_Businesses_Trends_Strategies_and_Issues_Title_Metaverse_Marketing_for_Businesses_Trends_Strategies_and_Issues#fullTextFileContent

S. Utami and F. Ananda, “Bisnis Metaverse Meredup, Apa Kabar Produk Metanesia Milik Telkom Group?,” KumparanBISNIS. Accessed: Jun. 20, 2024. [Online]. Available: https://kumparan.com/kumparanbisnis/bisnis-metaverse-meredup-apa-kabar-produk-metanesia-milik-telkom-group-218vHvyFcMh/full

M. A. Almaiah et al., “Integrating Teachers’ TPACK Levels and Students’ Learning Motivation, Technology Innovativeness, and Optimism in an IoT Acceptance Model,” Electronics (Switzerland), vol. 11, no. 19, Oct. 2022, doi: 10.3390/electronics11193197.

F. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” : Management Information Systems Research Center, University of Minnesota, vol. 13, no. 3, pp. 319–340, 1989, Accessed: Dec. 20, 2023. [Online]. Available: http://www.jstor.org/stable/249008?origin=JSTOR-pdf

F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models,” Manage Sci, vol. 35, no. 8, pp. 982–1003, Aug. 1989, doi: 10.1287/mnsc.35.8.982.

I. Jaya, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Teori, Penerapan dan Riset Nyata, 2nd ed. Yogyakarta: QUADRANT, 2020.

Hair., M. Sarstedt, L. Hopkins, and V. G. Kuppelwieser, “Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research,” European Business Review, vol. 26, no. 2, pp. 106–121, 2014, doi: 10.1108/EBR-10-2013-0128.

I. Ghozali and K. Kusumadewi, Partial Least Square?: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 4.0 Untuk Penelitian Empiris. 2023.

S. Haryono, Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS, LISREL dan PLS. 2016. Accessed: Jun. 27, 2024. [Online]. Available: http://e-learning.stmi.ac.id/assets/uploads/blog_dosen/d92b9-E-Book---Metode-SEM-Untuk-Penelitian-Manajemen-AMOS-LISREL-PLS---HARYONO.pdf

M. Sarstedt, C. M. Ringle, and J. F. Hair, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling,” in Handbook of Market Research, Cham: Springer International Publishing, 2017, pp. 1–40. doi: 10.1007/978-3-319-05542-8_15-1.

Published

2024-11-01