PERBANDINGAN PERHITUNGAN MANUAL DENGAN ALGORITMA A STAR DALAM PENCARIAN JALUR TERPENDEK UNTUK PENGIRIMAN PESANAN DODOL KHAS LOMBOK

Authors

  • Mayadi Mayadi Universitas Bumigora
  • Raisul Azhar Universitas Bumigora

Keywords:

Searching, Heuristic, Graf, Algoritma *, the shortest

Abstract

Petugas pengiriman pesanan yang ada PT Phonix melakukan pengiriman pesanan dari gudang ke otlet-otlet yang ada di kota mataram dengan melewati atau melintasi jalan yang sama, untuk meminimalkan jarak dan tujuan yang akan dituju maka diperlukan pencarian jalur terpendek dari gudang ke otlet-otlet dan gerai-gerai yang ada dikota mataram. Pencarian jalur terpendek adalah solusi yang tepat untuk mengirimkan pesanan dodol khas Lombok ke pelanggan dan otlet persendirian yang ada dikota mataram, pencarian jalur terpendek adalah yaitu dapat menentukan jalur mana yang paling cepat untuk dilalui atau dilintasi. Algoritma A* adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk pencarian jalur terpendek, dengan menggunakan metode ini diharapkan petugas pengiriman pesanan yang ada gudang dapat lebih cepat menemukan jalur mana yang paling singkat dan lebih cepat untuk menemukan goal pada pencarian jalur terpendek pengiriman pesanan pelanggan di daerah lombok dengan menggunakan algoritma A*. Dari penelitian ini melakukan dua proses pengujian yaitu pengujian menggunakan perhitungan manual dan pengujia menggunakan algoritma A*, dari pengujian secara manaual didapatkan jalur terpendek 15.750 dan dengan menggunakan algoritma A* didapatkan jalur terkecil 14.500, hingga pencarian dengan menggunakan perhitungan algoritma cukup biak.

References

2011. Penentuan Rute Terpendek Pada Optimalisasi Jalur Tol Trans Jawa Dengan Menerapkan Algoritma Floyd- Warshall Damayanti, “Penentuan Rute Terpendek Pada Optimalisasi Jalur Tol Trans Jawa Dengan Menerapkan Algoritma Floyd- Warshall,” Penentuan Rute Terpendek Pada Optim. Jalur Tol Trans Jawa Dengan Menerapkan Algoritm. Floyd- Warshall, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
M. B. Talai, M. Yamin, and B. Pramono, “Rumah Sakit Umum Bahteramas Menggunakan Algoritma a * ( a-Star ),” no. x, 1978.
A. Pramono, “Algoritma Pathfinding A* Pada Game RPG Tanaman Higienis,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 1, no. 2, 2015.
M. Irsyad and E. Rasila, “Aplikasi Pencarian Lokasi Gedung dan Ruangan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada Platform Android Menggunakan Algoritma A-Star ( A *),” J. CoreIT, vol. 1, no. 2, pp. 90–95, 2015.
Y. Syukriah, F. Falahah, and H. Solihin, “Penerapan Algoritma a* (star) untuk Mencari Rute Tercepat dengan Hambatan,” Semin. Nas. Telekomun. dan Inform., no. 1, pp. 219–224, 2016.
M. I. P. Abdul Karim, “Penerapan Metode a * Pada Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek Pengiriman Barang Application of a * Method in Searching Penerapan Metode a * Pada Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek,” no. September 2017, 2018.
Fadli, S., & Imtihan, K. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI DAN TRANSAKSI BERBASIS CLIENT SERVER. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 1(2), 7-14.
Imtihan, K., & Basri, M. H. (2019). SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MANIFEST MUATAN KAPAL BERBASIS DEKSTOP DAN ANDROID. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 69-76.
Khairul Imtihan. "Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok." Bianglala Informatika 3, no. 2 (2015).
Lukman, M., Bagye, W., Fahmi, H., & Imtihan, K. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI GOOGLE MAPS API UNTUK APLIKASI PENDETAKSIAN LOKASI RAWAN KRIMINALITAS BERBASIS ANDROID Studi kasus: Desa Ganti dan Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 2(1), 52-59.

Downloads

Published

2019-12-09