MEMBANGUN SERVER HOTSPOT BERBASIS MIKROTIK DI SMAN 1 PRAYA TENGAH

Authors

  • Muhamad Hariadi STMIK Lombok
  • Wire Bagye STMIK Lombok
  • Mohammad Taufan Asri Zaen STMIK Lombok

Keywords:

Mikrotik, Hotspot, Network Computer

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, peralatan pendukung jaringan komputer masih sangat diperlukan. Peralatan juga telah menjadi komponen penting dalam pengembangan jaringan komputer. Jaringan adalah perangkat keras dan perangkat lunak dalam suatu sistem yang memiliki aturan khusus yang mengatur semua kegiatan dan perilaku anggotanya dalam kelancaran kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Praya Tengah ke jaringan internet yang membutuhkan pengelolaan aliran informasi yang tepat

Penelitian ini mencakup bagaimana membangun mikrotik hotspot berbasis server di SMAN 1 Praya Tengah dengan metodologi NDLC, analisis dan tahap desain menggunakan metodologi analisis pemodelan PIECES dengan menggunakan Winbox, sedangkan desain pengembangan dan implementasi metode simulasi jaringan GNS3

Hasil tes koneksi jaringan internet yang dilakukan pengguna menunjukkan implementasi desain mikrotik di SMAN 1 Praya Tengah, berbagi bandwidth dengan mikrotik internet memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaan internet

References

Ratnasari, S. D., & Utsalina, D. S. (2017). Implementasi Penanganan Serangan Mac-Clone Pada Hotspot Mikrotik Di Stmik Pradnya Paramita Malang (Studi Kasus: Stmik Pradnya Paramitamalang). JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI: Teori, Konsep, dan Implementasi, 8(1), 1-84.

Putra, Ilham Eka. "Perancangan Jaringan Hotspot Berbasis Mikrotik Router OS 3.3. 0." Jurnal TeknoIf 1.1 (2013).
Wicahyanto, Arif, and Estiarto Wahyu Sumirat. "Pendaftaran pengguna layanan hotspot berbasis web Pada hotspot mikrotik dan freeradius." IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security 1.1 (2012).
Husain, Husain, et al. "Pengaturan Bandwidth Management dan Time Limitation Berbasis User Manajer Mikrotik." Jurnal Mantik Penusa 2.2 (2019).
Rifai, Bakhtiar, and Aji Sudibyo. "MANAGEMENT WIRELESS ACCESS POINT PADA HOTSPOT SERVER MENGGUNAKAN CONTROLLER ACCESS POINT SYSTEM MANAGEMENT." Jurnal Pilar Nusa Mandiri 14.1 (2018): 111-116.
Vivanda, Tabita Wahyu Eka, and Aria Indah Susanti. "Rancang Bangun Sistem Jaringan Hotspot Berbasis Manajemen User Dengan Menggunakan Userman dan Radius Server Pada Mikrotik Routerboard di SMK Negeri 1 Kemlagi." JURNAL TECNOSCIENZA 3.2 (2019): 245-260.
Kalaena, L. S., & Bagye, W. (2018). Implementasi Network Attached Storage (NAS) Menggunakan Freenas Pada STMIK Lombok. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), 6-10.

Downloads

Published

2019-04-30