ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM AUTENTIKASI PORT KNOCKING DAN SINGLE PACKET AUTHORIZATION PADA SERVER RASPBIAN

Authors

  • Hasbi Muhammad Universitas Mataram
  • I Wayan Agus Arimbawa Universitas Mataram
  • Andi Hidayat Jatmika Universitas Mataram

Keywords:

Firewall, Port knocking, Single Packet Authorization, Raspbian

Abstract

Keamanan jaringan adalah aspek terpenting dari sistem dalam menjaga kesehatan dan integritas data dan memastikan ketersediaan layanan yang akan digunakan oleh pengguna. Sistem keamanan jaringan komputer harus dilindungi terhadap semua jenis serangan dan infiltrasi atau upaya survei oleh pihak yang tidak berkualifikasi. Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yang diambil adalah memanfaatkan sistem firewall. Tetapi Firewall tidak dapat melindungi kesalahan penyalahgunaan serangan dalam perangkat lunak tingkat aplikasi. Untuk menangani keamanan jaringan dan masalah privasi data yang sering terjadi, teknik sistem otentikasi keamanan jaringan dikembangkan yang disebut port knocking dan otorisasi paket tunggal, sistem otentikasi ini akan diterapkan pada server raspbian.

References

Pribadi, Harijanto. (2008). Firewall melindungi jaringan dari DdoS menggunakan Linux+Mikrotik. Yogyakarta: ANDI, 2008.
Jelena, Mirkovic. (2005). “A Taxonomy of DDoS Attacks and DDoS Defense Mechanisms”. University of California, Los Angeles.
Alex, Manzanares. (2005). Attacks on port knocking authentication mechanism. ICCSA LNCS-Springer Berlin/Heidelberg, 2005, pp 1292-1300.
Sam, Jeanquier. (2006). An analysis of port knocking and single packet authorization. MSc Thesis, Royal Holloway College, University Of London September 9, 2006.
Fajri, Muhammad Saleh Hafiz. dkk (2014). Analisa Port knocking Pada Sistem Operas Linux Ubuntu Server. Vol.2, No.1, April 2014.
Awan. (2014). Memberikan Akses Legal Terhadap Port Tertentu Yang Telah Ditutup oleh Firewall dengan Metode Port knocking. Jurnal Ilmiah Core ItVol. 2 No. 1.
Zorkta, Haythem. (2012). Harden Single Packet Authentication. Vol. 4, No. 5, October 2012.
Al-Bahadili, Hussein. (2013). A Secure Block Permutation Image Steganography Algorithm. Faculty of Information Technology, University of Petra.
Kalaena, L. S., & Bagye, W. (2018). Implementasi Network Attached Storage (NAS) Menggunakan Freenas Pada STMIK Lombok. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), 6-10.

Downloads

Published

2019-04-30