DESAIN GAME EDUKASI PENGENALAN PEREDARAN SEL DARAH MERAH DENGAN GENRE RPG MENGGUNAKAN PENDEKATAN MDA
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v6i1.817Keywords:
Game Edukasi, Peredaran Sel Darah Merah, RPG, Framework MDAAbstract
Salah satu masalah dalam suatu pembelajaran adalah cara penyampaian yang umumnya dilakukan dengan pemaparan materi dan tanya jawab masih membuat sebagian siswa tidak memahami apa yang dipelajarinya. Game Edukasi merupakan salah satu strategi yang dapat dibangun sebagai media pembelajaran baru untuk menarik minat siswa dalam semangat belajar. Konsep pemahaman siswa dalam ilmu biologi khususnya pembahasan peredaran sel darah merah pada manusia masih tergolong kurang dipahami. Pada penelitian ini dibangun sebuah game bergenre Role-playing game (RPG) yang membahas materi peredaran sel darah merah dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap materi tersebut. Perancangan game ini menggunakan framework Mechanics, Dynamics, Aesthetics (MDA) dengan tujuan lebih menonjolkan sisi edukasinya tanpa mengurangi keseruan gameplay gamenya. Penerapan framework MDA pada pengembangan game edukasi untuk meningkatkan pemahaman materi terbukti diterima dengan baik oleh siswa dan berhasil mengembangkan experience dalam minat gameplay. Hal tersebut didapatkan melalui pengujian dengan hasil aspek pemahaman materi meningkat sebesar 14.23%, dari sebelumnya 72.47% menjadi 86.70% dan hasil aspek experience user dalam minat gameplay juga meningkat sebesar 6.87% dari sebelumnya 85.40% menjadi 92.27%.
References
A. M. Moosa, N. Al-Maadeed, and J. M. Alja’Am, “A Simple Health-Based Game for Children,” 2018 International Conference on Computer and Applications (ICCA), pp. 309–312, 2018.
A. W. Utoyo, “Video Games as Tools for Education,” Journal of Games, Game Art, and Gamification, vol. 3, no. 2, pp. 56–60, 2021.
M. P. Chen, Y. H. Chen, H. L. Huang, and T. C. Yang, “Learning Health Concepts through Game-Play,” 2018 7th International Congress on Advanced Applied Informatics, pp. 354–357, 2018.
E. Adams, Fundamentals Of Game Design Second Edition. 2010.
C. S. Loh, Y. Sheng, and D. Ifenthaler, Advances in Game-Based Learning Serious Games Analytics. 2015.
B. Winn, “The Design, Play, and Experience Framework (Chapter LVIII),” Information Science Reference (IGI Global), vol. II, p. 1.759, 2009.
M. Zohaib, “Dynamic Difficulty Adjustment (DDA) in Computer Games: A Review,” Advances in Human-Computer Interaction, vol. 2018, 2018, doi: 10.1155/2018/5681652.
R. Hunicke, M. Leblanc, and R. Zubek, “MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research,” AAAI Workshop - Technical Report, vol. WS-04-04, pp. 1–5, 2004.
B. T. Zahed, G. White, and J. Quarles, “Play it safe: An educational cyber safety game for children in elementary school,” 2019 11th International Conference on Virtual Worlds and Games for Serious Applications (VS-Games), 2019.
G. Hoffmann and L. Matysiak, “Exploring game design for the financial education of millenials,” 2019 11th International Conference on Virtual Worlds and Games for Serious Applications (VS-Games), 2019.
SDGS, “Kehidupan Sehat dan Sejahtera,” 2022. http://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-3 (accessed Nov. 05, 2022).
F. Angelia and Suharjito, “Improving english learning through game using 6-11 MDA framework,” 2019 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), pp. 21–26, 2019.
N. Limantara, Meyliana, F. L. Gaol, and H. Prabowo, “Mechanics, Dynamics, and Aesthetics Framework on Gamification at University,” 2020 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Information System (ICIMCIS), pp. 34–39, 2020.
B. A. Larsen and H. Schoenau-Fog, “The narrative quality of game mechanics,” Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), vol. 10045 LNCS, pp. 61–72, 2016, doi: 10.1007/978-3-319-48279-8_6.
J. P. S. Da Silva, D. Schneider, J. De Souza, and M. A. Da Silva, “A Role-Playing-Game Approach to Accomplishing Daily Tasks to Improve Health,” Proceedings of the 2013 IEEE 17th International Conference on Computer Supported Cooperative Work in Design, CSCWD 2013, pp. 350–356, 2013, doi: 10.1109/CSCWD.2013.6580987.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.