ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN PAKET PENJUALAN BARANG DI UMKM BINAAN DISPERINDAG KABUPATEN GROBOGAN
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v6i1.726Keywords:
Algoritma Apriori; Data Mining; e-commerce.Abstract
Minat beli dari masyarakat di Kab. Grobogan sangat kurang di penjualan online Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dikarenakan penawaran yang ada di e-commerce (UMKM) tidak adanya paket diskon yang ditawarkan, Oleh karena itu pengembangan e-commerce (UMKM) sebagai wadah penjualan barang oleh masyarakat sangatlah diperlukan perubahan, perubahan yang harus dilakukan adalah menerapkan algoritma apriori yang ditanam di aplikasi e-commerce yang telah ada. Dengan menggunakan algoritma apriori, dapat menghasilkan aturan asosiasi untuk menunjukkan seberapa kuatnya pengaruh item ke item lain dan pola beli konsumen. Data yang di proses adalah data penjualan yang paling diminati dn juga yang kurang diminati masyarakat dipergunakan sebagai paket diskon penjualan. Dari hasil pengujian aplikasi tersebut dapat membantu pemilihan produk yang akan dipaketkan dengan diskon yang ditawarkan kepada masyarakat guna meningkatkan minat beli masyarakat pada UMKM di Kab Grobogan.
References
Irman Firmansyaha,? , Wildan Dwi Dermawana , Andri Helmi Munawara , & Dede Arif Rahmania . Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era New Normal Melalui Pendekatan Analytic Network Process (ANP). Jurnal Ekonomi Indonesia • Volume 10 Number 2, 2021: 173–187
Riyanthi Idayua , Mohamad Husnib , Suhandic. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 7 No 1 Juni 2021.Moh.Sholik1 , Abu Salam2 , Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas. Techno.COM, Vol. 17, No. 2, Mei 2018 : 158-170.
Islamiyah , Putri Lestari Ginting, Nataniel Dengen, Medi Taruk, Comparison of Priori and FP-Growth Algorithms in Determining Association Rules, 978-1-7281-41602/19/$31.00 ©2019 IEEE
Muhammad Yunus1 , Desti Fitriati2. Optimasi Laba Pada Umkm Retail Menggunakan Algoritma Apriori. Seminar Nasional Teknologi Informasi Universitas Ibn Khaldun Bogor 2018.
Sri Kuswayati.1 , Dr. Djajasukma Tjahyadi. 2. Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Penetapan Strategi Bundling Penjualan Barang. journal. sttbandung.ac.id /assets /file/5.1.7.pdf.
Sandi Fajar Rodiyansyah. Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan. Infotech Journal ISSN : 460-1861.
Rabiatus Saadah1 , Badariatul Lailiah2 , Windu Gata3 , Muhammad Ifan Rifani Ihsan4. Analisa Asosiasi Data Mining Penjualan Meubel Menggunakan Algoritma Apriori Pada Master Borneo Pontianak Selatan. JURNAL ILMIAH ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER, Vol.13, No.2, Desember 2020, pp. 31-39.
Esha Alma'arif*1 , Ema Utami2 , Ferry Wahyu Wibowo3. Implementation of Apriori Algorithms for Product Recommendations at Online Stores. Citec Journal, Vol. 7, No. 1, Januari 2020.
Muhammad Afrizal Aghnia Fahmi*, Fuji Astuti, Umi Khotimatus Sa’adah, Ahmad Khoirul Anam, Mega Novita. Algoritma Apriori Untuk Strategi Penjualan Produk Di E-Commerce Kwt Lestari Sejahtera. Science And Engineering National Seminar 4 (SENS 4)- Semarang, 7 Desember 2019.
Ali Ikhwan1 , Sriani2 , Dicky Nofriansyah3. Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menganalisa Transaksi Penjualan Untuk Promo Produk Furniture Jepara. KeTIK 2015 (Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Ali Ikhwan1 , Sriani2 , Dicky Nofriansyah3. Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menganalisa
Taqwa Hariguna a , Uswatun Hasanah a , Nindi Nofi Susanti a, Sales Transaction Data Analysis using Apriori Algorithm to Determine the Layout of the Goods, International Journal of Informatics and Information Systems Vol. 1, No. 1, September 2018, pp. 16-23, ISSN 2579-7069.
Alfiqra and A U Khasanah, Implementation of Market Basket Analysis based on Overall Variability of Association Rule (OCVR) on Product Marketing Strategy, 2020 IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 722 012068 doi.org/10.1088/1757-899X/722/1/012068.
muhamad reza pratama, Aji Supriyanto , Sistem Prediksi Pemesanan Dan Pengendalian Stok Barang Menggunakan Metode Eoq Dan Rop Pada Apotek Setia Kawan Pati , JIRE (Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik) Vol. 5 No. 1 (2022): JIRE April 2022
Muhammad Imam Gozali, Dwi Budi Santoso , Rancang Bangun Toko Online Pada Brand Bitmories Menggunakan Codeigniter , , JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) Volume 5, No 2, November 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.