ANALISIS PERSPEKTIF PADA PENERAPAN E-MONEY MENGGUNAKAN DELONE AND MCLEAN IS SUCCESS MODEL DI BANDARA SULTAN SYARIF KASIM II PEKANBARU

Authors

  • Fika Felanda Ardelia STMIK Amik Riau
  • M Khairul Anam STMIK Amik Riau
  • Triyani Arita Fitri STMIK Amik Riau
  • Fransiskus Zoromi STMIK Amik Riau

Keywords:

E-Money,DeLone and McLean IS Success Model, Analisa Perspektif

Abstract

Saat ini dibeberapa negara telah mulai dikembangkan produk pembayaran elektronik yang dikenal sebagai Electronic Money (e-money) begitu pun dengan Negara Indonesia. Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau merupakan salah satunya yang menerapkan pembayaran menggunakan e-money. Namun dalam pengimplementasian program tersebut masih banyak masyarakat yang mengeluh dengan adanya e-money ini, terutama bagi yang telah memiliki kartu e-money. Banyak masyarakat yang mengeluhkan terjadinya kemacetan yang timbul akibat harus menunggu antrian Panjang dikarenakan sistem yang berjalan masih menggunakan manusia (petugas parkir) dalam transaksi, tidak adanya pemberitahuan akan saldo yang tersisa atau bahkan sudah kosong pada e-money, dan juga dikarenakannya sistem e-money yang masih berbentuk kartu mengakibatkan rusak atau bahkan hilang sewaktu-waktu. Untuk mengetahui masalah tersebut penulis akan melakukan analisis menggunakan DeLone and McLean IS Success Model, dimana data dikumpulkan dari responden (masyarakat) yang menggunakan e-money dalam pembayaran parkir mobil atau motor melalui pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner berdasarkan 6 variabel pada DeLone and McLean IS Success Model di Bandara SSK II Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesuksesan implementasi dari sebuah sistem informasi e-money di bandara SSK II Pekanbaru.Dengan adanya penelitian ini memperlihatkan bagaimana sistem e-money dapat dianalisa dengan cukup baik yang ada di bandar udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahawa kualitas informasi sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan penggunaan terhadapat sistem itu sendiri.

References

[1] S. Fadli and T. Informatika, “MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN,” vol. 1, no. 1, pp. 57–64, 2018.
[2] Pranoto, “EKSISTENSI KARTU KREDIT DENGAN ADANYA ELECTRONIC MONEY(E-MONEY) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH,” Priv. LAW, vol. VOL:6NO: 1, pp. 24–33, 2018.
[3] L. Mutawalli et al., “KLASIFIKASI TEKS SOSIAL MEDIA TWITTER MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE ( Studi Kasus Penusukan Wiranto ),” vol. 2, no. 2, pp. 43–51, 2019.
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. ALFABETA Bandung, 2015.
[5] DeLone dan McLean, “Information systems success: The quest for the dependent variable.,” Inf. Syst. Res., vol. 3(1), 60–9, 1992.
[6] DeLone dan McLean, “The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19(4), pp. 9-30., 2003.
[7] I. Waspada, “Percepatan Adopsi Sistem Transaksi Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Jasa Perbankan,” J. Keuang. dan Perbank., vol. 16, no. 1, pp. 122–131, 2012.
[8] D. Ricky Azrofi Samara, “Makalah Statistika Dasar,” Makal. Stat. Dasar Popul. Sampel dan Penguji. Norm. Data, no. 06111281320006, 2015.
[9] dkk Rini Oktofiyani, “PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) STUDY KASUS SISWA / I KELAS X DI SMU NEGERI 92 JAKARTA,” no. 1, pp. 46–53, 2016.
[10] K. Pendidikan, “Modul Pembelajaran SPSS ( Statistical Package for the Social Sciences ),” 2014.
[11] Lombok, K. I. S. (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok. Bianglala Informatika, 3(2).

Downloads

Published

2020-11-18