SIMULASI MONITORING PENGATUR KECEPATAN KIPAS ANGIN MENGGUNAKAN SISTEM FUZZY BERBASIS WEB

  • Nelly Khairani Daulay Universitas Bina Insan Lubuklinggau
  • Novi Lestari Universitas Bina Insan Lubuklinggau
  • Armanto Armanto Universitas Bina Insan Lubuklinggau

Abstract

Kipas angin sudah menjadi kebutuhan umum bagi masyarakat. Hampir disetiap tempat dapat kita jumpai kipas angin dengan berbagai bentuk dan merek. Kipas angin merupakan alat bantu untuk mendinginkan sebuah ruangan mengingat kondisi Negara Indonesia merupakan negara tropis. Untuk itu kipas angin menjadi salah satu pilihan yang di minati. Adapun Air Conditioner (AC) tidak semua dapat menggunakanya mengingat harganya yang masih cukup tinggi. Kipas angin yang tesedia saat ini bermacam-macam model namun alat pengendalinya masih manual. Dimana pengguna masih harus mengatur kecepatan kipas angin agar menghasilkan suhu yang di inginkan  dengan cara memutar atau memencet beberapa tombol yang telah tersdia pada kipas angin. Ada pula beberapa kipas angin yang sudah menggunakan remot sebagai pengendalinya. Berdasarkan hal ini maka penulis tertarik membuat sebuah alat pengendali kipas angin secara otomatis. Alat ini memanfaatkan sensor suhu jenis DHT11, LCD Display serta web. Sensor DHT11 di hubungkan ke Arduino Uno sebagai pengendalinya serta LCD Display sebagai output untuk menampilakan kecepatan putaran kipas angin dan suhu yang dihasilkan. Hal ini nantinya dapat mempermudah pengeloala dalam mengendalikan kipas angin

References

Sigit Pramono, Eka Wahyudi, Luthfi Hendra Lukmana, “Web Server Berbasis Atmega 128 Untuk Monitoring Dan Kontrol Peralatan Rumah,” Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto, 2015.
Encep Muhamad Syarif, Dr.Sri Setyaningsih, M.Si, Andi Chairunnas,S.Kom M.Pd, “Model Pengatur Keceptan Kipas Menggunakan Sensor Asap Berbasis Arduino Uno,”Universitas Pakuan.
Sukma Puspitoroni, Buku Fuzzy Logic Panduan Dengan Matlab, Jambi, 2013.
Betha Sidik, Buku Pemrograman Web Dengan Php 7, Informatika Bandung, 2017.
Muhammad Syahwil, Buku Panduan Mudah Simulasi Dan Praktek Mikrokontroler Arduino, Andi Yogyakata, 2013.
Heri Andrianto, Aan Darmawan, Buku Arduino Belajar Cepat Dan Pemrograman, Informatika Bandung, 2016.
Edy Winarno St, M.Eng, Ali Zaki, Buku Membuat Sendiri Jaringan Komputer, Semarang, 2013.
Putri Mandarani, “Perancangan Dan Implementasi User Interface Berbasis Web Untuk Monitoring Suhu, Kelembaban Dan Asap Pada Ruangan Berbeda Dengan Memanfaatkan Jaringan Local Area Network,”Institut Teknologi Padang, 2014.
Shendy Irene Langi, Janny O. Wuwung, Arie S. M. Lumenta, “Kipas Angin Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Suhu,” Unsrat, Manado, 2014.
Muhammad Yan Eka Adiptya, Hari Wibawanto, “Sistem Pengamatan Suhu Dan Kelembaban PadaRumah Berbasis Mikrokontroller Atmega8,”Universitas Negeri Semarang, 2013.
Fadli, S., & Imtihan, K. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI DAN TRANSAKSI BERBASIS CLIENT SERVER. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 1(2), 7-14.
Khairul Imtihan. (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok. Bianglala Informatika, 3(2).
Aris Andista Cahya Ramadhon, Mas Sarwoko Suraatmadja,Ir.,Msc, Angga Rusdinar,Ph.D, “Rancang Bangun Pengendali Motor Kipas Angin Dengan Mengunakan Metode Logika Fuzzy Dan Image Processing,” Universitas Telkom, 2016.
Imtihan, K., & Fahmi, H. (2020). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEMS (GIS). Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 3(1), 16-23.

M. T. A. Zaen and A. Yunandy, “Pengendali Lampu Monitoring Rumah dengan Short Message Service (SMS) Berbasis Arduino Uno,” JIRE (Jurnal Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 1, no. 2, pp. 47–54, 2018.
Published
2020-08-19
How to Cite
DAULAY, Nelly Khairani; LESTARI, Novi; ARMANTO, Armanto. SIMULASI MONITORING PENGATUR KECEPATAN KIPAS ANGIN MENGGUNAKAN SISTEM FUZZY BERBASIS WEB. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 66 - 76, aug. 2020. ISSN 2620-6900. Available at: <http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/201>. Date accessed: 25 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.36595/jire.v3i1.201.