ANALISIS SENTIMEN KUALITAS LAYANAN J&T MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Authors

  • Andhika Dias Fernanda Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Karisna Wahyuningtyas Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Bunga Amalia Putri Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Raihan Fadhilah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Marta Ardiyanto Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36595/jire.v8i2.1692

Keywords:

Sentiment Analysis, J&T Express, Google Play Store, Naïve Bayes Classifier

Abstract

Studi ini berfokus pada analisis sentimen pengguna terhadap layanan ekspedisi J&T Express, salah satu penyedia jasa logistik terkemuka di Indonesia. Data penelitian diperoleh dari ulasan pengguna pada aplikasi J&T Express yang tersedia di Google Play Store. Untuk mengolah dan mengklasifikasikan sentimen pada data berbentuk teks, digunakan algoritma Naïve Bayes sebuah metode probabilistik yang efektif dalam analisis sentimen. Berdasarkan hasil analisis, algoritma Naïve Bayes Classifier menunjukkan performa yang cukup baik dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan sentimen pengguna terhadap layanan J&T dengan tingkat akurasi 91,58%, precision 84%, recall 92% dan f1-score 88%. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa model analisis sentimen yang dikembangkan dapat mengkategorikan ulasan pengguna aplikasi J&T dengan tepat, sehingga dapat digunakan secara efektif untuk menilai dan meningkatkan mutu layanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Indarwati, K. D. (2023). Analisis Sentimen Terhadap Kualitas Pelayanan Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 10(1).

[2] Safira, A., & Hasan, F. N. (2023). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Paylater Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 59-70.

[3] Zulcharnain, R., Abdurrahman, G., & Daryanto, D. (2025). Analisis Sentimen Ulasan Duolingo dengan Metode Algoritma Multinomial Naïve Bayes. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 5(1), 1-15.

[4] Gunawana, Y. A. V., ERa, N. A. S., Mahendraa, I. B. M., & Made, I. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Transportasi Online Menggunakan Multinomial Naive Bayes dan Query Expansion Ranking. J. Elektron. Ilmu Komput. Udayana p-ISSN, 2301, 5373

[5] Hasanah, A. N., & Sari, B. N. (2024). Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Jasa Ojek Online Maxim Pada Google Play Dengan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(1).

[6] Nurraharjo, E. (2023). Analisis Sentimen Dan Klasifikasi Tweet Terkait Naiknya Kasus Omicron Menggunakan Naive Bayes Classifier. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 6(1), 1-8.

[7] Zakasih, M. I., & Handoko, W. T. (2022). Analisis Sentimen Pengguna Twitter Tentang Nft (Non Fungible Token) Dengan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 5(2), 221-229

[8] Prayogo, W. B. (2025). Analisis Sentimen Ulasan Pengguna terhadap Ekspedisi Layanan Logistik dengan Metode Naïve Bayes. eProceedings of Engineering, 12(2), 1-9.

[9] Erfina, A., & Al-shufi, M. F. (2022). Analisis Sentimen Aplikasi Jasa Kurir Di Play Store Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 5(2), 103-110.

[10] Rahman, H. A., Santoso, R., & Widiharih, T. (2023). Analisis Sentimen Pada Perusahaan Penyedia Jasa Logistik J&T Menggunakan Algoritma Multinomial Naive Bayes dan Support Vector Machine. Jurnal Gaussian, 12(2), 242-253.

[11] Irawansyah, R. S., & Wiriasto, G. W. (2023). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PROGRAM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) PADA TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal Teknologi Informasi,Komputer, dan Aplikasinya (JTIKA), 5(2), 237-244.

[12] Agustina, N., Citra, D. H., Purnama, W., Nisa, C., & Kurnia, A. R. (2022). Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Shopee pada Google Play Store: The Implementation of Naïve Bayes Algorithm for Sentiment Analysis of Shopee Reviews On Google Play Store. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 2(1), 47-54.

[13] Salsabila, S. M., Murtopo, A. A., & Fadhilah, N. (2022). Analisis Sentimen Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 30-35.

[14] Styawati, S., Nurkholis, A., Aldino, A. A., Samsugi, S., Suryati, E., & Cahyono, R. P. (2022, January). Sentiment analysis on online transportation reviews using Word2Vec text embedding model feature extraction and support vector machine (SVM) algorithm. In 2021 International Seminar on Machine Learning, Optimization, and Data Science (ISMODE) (pp. 163-167). IEEE.

[15] Nishfi, D., & Prianto, C. (2023). Analisis Sentimen Layanan Jasa Pengiriman Pada Ulasan Play Store: Systematic Literature Review. Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer (J-ICOM), 4(2), 87-98.

[16] Misrun, C. A., Haerani, E., Fikry, M., & Budianita, E. (2023). Analisis sentimen komentar youtube terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 menggunakan metode naive bayes classifier. jurnal coscitech (computer science and information technology), 4(1), 207-215.

[17] Putri, D. D., Nama, G. F., & Sulistiono, W. E. (2022). Analisis Sentimen Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 10(1).

[18] Alam, S., & Sulistyo, M. I. (2023). Analisis Sentimen Berdasarkan Ulasan Pengguna Aplikasi Mypertamina Pada Google Playstore Menggunakan Metode Naïve Bayes. Storage: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 2(3), 100-108.

[19] Rizaldi, S. A. R., Alam, S., & Kurniawan, I. (2023). Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) Pada Google Play Store Menggunakan Metode Naive Bayes. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, 2(3), 109-117.

[20] Kevin, K., Enjeli, M., & Wijaya, A. (2024). Analisis Sentimen Pengunaaan Aplikasi Kinemaster Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Computer Science, 2(2), 89-98.

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

1.
Dias Fernanda A, Wahyuningtyas K, Amalia Putri B, Fadhilah R, Ardiyanto M. ANALISIS SENTIMEN KUALITAS LAYANAN J&T MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. JIRE [Internet]. 2025 Nov. 3 [cited 2025 Nov. 6];8(2):232-40. Available from: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1692