PEMANFAATAN VIDEO DAN ANIMASI DENGAN KARAKTER HELA PADA PANDANGAN UMUM TERHADAP ANAK PENGIDAP AUTISTIK
Keywords:
Autis, Video, Animasi, Animasi Rigged, Duik Tool.Abstract
Video adalah salah satu bentuk hiburan yang sering kita jumpai sehari-hari, selain sebagai hiburan, video juga dapat menjadi media untuk edukasi, selain ada banyak jenis video, salah satunya adalah animasi, penggabungan antara video dan animasi ini menajadi satu kombinasi sebagai media edukasi. Dari masa ke masa, anak pengidap autis selalu bertambah, sayangnya pertambahan pengidap autis ini tidak berbading baik dengan pengetahuan masyarakat mengenai autis, hal ini menyebabkan para pengidap autis seringkali terkucilkan dari lingkungan, dan tak jarang juga para pengidap autis mengalami kasus bullying. Maka dari itu, kombinasi video dan animasi ini diharapkan dapat menjadi media perantara antara pengidap autis dan masyarakat umum, untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan sebagai pengidap autis, yaitu keinginan untuk diterima di masyarkat, dan bersosialisasi layaknya manusia normal. Video ini akan menampilkan wawancara dari berbagai narasumber seperti terapis, orang tua dari pengidap anak autis, dan masyarakat, video ini juga akan nemampilkan animasi untuk nenambahkan informasi mengenai autis, animasi ini akan dikemas dalam bentuk sebuah karakter bernama Hela, Hela adalah karakter fiktif yang dibuat dengan menggunakan Teknik rigged menggunakan Duik Tool yaitu teknik pembuatan animasi dengan pemberian struktur tulang untuk menggerakannya
References
[2] Y. Sasaki and A. R. Work, “Efficient Virtual View Rendering by Merging Pre-rendered RGB-D Data from Multiple Cameras,†pp. 0–3, 2018.
[3] E. Budiman, N. Pusnitasari, M. Wati, Haeruddin, J. A. Widians, and A. Tejawati, “Mobile learning media for computer science course,†Int. Electron. Symp. Knowl. Creat. Intell. Comput. IES-KCIC 2018 - Proc., pp. 262–267, 2019.
[4] M. B. Firdaus, “Pengembangan Alat Ukur Keterbukaan Informasi Publik pada Situs Web Pemerintah Studi Kasus Kabupaten Kutai Kartanegara,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 7–13, 2017.
[5] H. Mayilyan, “Implementation of Augmented Reality Globe in Teaching-Learning Environment,†Proc. - 2nd Int. Conf. Multimed. Inf. Process. Retrieval, MIPR 2019, pp. 389–390, 2019.
[6] L. Chen, W. Huang, A. Sui, D. Chen, and C. Sun, “The online education platform using Proxmox and noVNC technology based on Laravel framework,†Proc. - 16th IEEE/ACIS Int. Conf. Comput. Inf. Sci. ICIS 2017, pp. 487–491, 2017.
[7] C. Hutton and E. Suma, “A realistic walking model for enhancing redirection in virtual reality,†Proc. - IEEE Virtual Real., vol. 2016-July, pp. 183–184, 2016.
[8] E. Ardhianto, “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender,†Din. Teknol. …, vol. 17, no. 2, pp. 107–117, 2012.
[9] Y. Yang, B. C. Lovell, and F. Dadgostar, “Content-Based Video Retrieval (CBVR) system for CCTV surveillance videos,†DICTA 2009 - Digit. Image Comput. Tech. Appl., no. December 2007, pp. 183–187, 2009.
[10] Imtihan, K., & Basri, M. H. (2019). SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MANIFEST MUATAN KAPAL BERBASIS DEKSTOP DAN ANDROID. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 69-76.
[11]Khairul Imtihan. "Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok." Bianglala Informatika 3, no. 2 (2015).
[12] M. V. Fedewa, B. S. Nickerson, and M. R. Esco, “Associations of body adiposity index, waist circumference, and body mass index in young adults,†Clin. Nutr., pp. 6–11, 2018.
[13] M. Jago, Adobe Premiere Pro CC Classroom in a Book 2019 Release. San Jose, California, USA: Adobe Press, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.