IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA PENJUALAN KUE PADA TOKO DAPUR BUNDA
DOI:
https://doi.org/10.36595/jire.v7i1.1136Keywords:
Data Mining, Association Rules, FP-Growth, Rapid Miner, PenjualanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma FP-Growth untuk menganalisa pola penjualan kue pada toko Dapur Bunda. Permasalahan yang dihadapi oleh pemilik Dapur Bunda adalah pemilik mengalami kesulitan dalam menentukan kue mana yang paling diminati atau yang paling sering terjual untuk dijadikan referensi penyediaan kue, algoritma FP-Growth ini dapat mengetahui pola kebiasaan konsumen dengan menggunakan min support dan min confidience yang terlihat pada kue yang dibeli atau dijual. Dengan menggunakan perangkat lunak RapidMiner dan sistem algoritma FP-Growth yang dibangun dengan database MySQL dan bahasa Hypertext Preprocessor (PHP). Hasil pengujian menunjukkan bahwa aturan (rule) yang memliki nilai confidience terendah adalah 65% yaitu jika membeli (Roti Sobek) maka juga akan membeli (Dessert Box) dan yang memiliki confidience tertinggi adalah 95% yaitu Jika membeli (Kue Ulang Tahun, Pizza) maka akan membeli (Dessert Box). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Penelitian ini berhasil menghasilkan pola penjualan kue di Toko Dapur Bunda dengan algoritma FP-Growth berdasarkan nilai min support dan nilai min confidience yang didapat dari data transaksi penjualan toko Dapur Bunda pada tahun 2023, dengan menetapkan min support 20% dan min confidience 60% aturan asosiasi yang terbentuk yaitu 8 pola aturan asosisi dapat di rekemendasikan kepada toko Dapur Bunda referensi penyediaan kue.
References
S. Herdyansyah, E. H. Hermaliani, L. Kurniawati, and S. R. Sri Rahayu, “Analisa Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Fp-Growth Terhadap Data Penjualan (Study Kasus Toko Berkah),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 8, no. 2, pp. 127–133, 2020, doi: 10.31294/jki.v8i2.9277.
A. F. Christian ade, Supriyadi, “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA TOKO UMBAH SEPATU,” vol. 6, no. 2, pp. 162–169, 2023.
A. R. Wibowo, A. Jananto, P. Studi, S. Informasi, F. T. Informasi, and U. Stikubank, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma Fp-Growth Pada Perusahaan Ritel,” vol. 10, pp. 200–212, 2020.
I. Anggraini, P. Studi, T. Informatika, and P. Alam, “Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Pada E- Commerce Toko Nadhira,” vol. 7, no. 2, 2023.
ali irfan lestari, lintang mugi, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Toko Ellia Umami Lintang,” vol. 7, no. 1, 2023.
L. Oktaviani, T. Anelia, H. Muhabatin, Y. Arie, W. Dian, and A. Kurnia, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Menganalisis Pola Belanja,” vol. 05, no. 01, pp. 29–35, 2021.
F. Putrwansyah, “Application of the Apriori Algorithm to Purchase Patterns,” vol. 12, no. 1, pp. 553–561, 2023.
R. Aditiya and S. Defit, “Prediksi Tingkat Ketersediaan Stock Sembako Menggunakan Algoritma FP-Growth dalam Meningkatkan Penjualan,” vol. 2, 2020, doi: 10.37034/infeb.v2i3.44.
L. K. Sihombing, Tugiono, and U. F. S. S. Pane, “Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Roti,” J. Sist. Inf. TGD, vol. 1, pp. 228–238, 2022.
D. Ariestiany et al., “Analisis pengelolaan stok kue menggunakan algoritma apriori pada toko kue sponji,” vol. 4, no. 2, pp. 167–183.
S. Kurniawan, W. Gata, H. Wiyana, and L. F. Foam, “Analisis Algoritma Fp-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik ( Studi Kasus?: Mt Shop Kelapa Gading ),” vol. 2018, no. Sentika, pp. 23–24, 2018.
rusydi Y. Utama, Alditra Kgs M umar, “Penerapan Algoritma fp - growth Untuk Penentuan Pola Pembelian Transaksi Penjualan Pada Toko Kgs Rizky Motor,” vol. 25, no. 1, pp. 20–28, 2020.
E. Supriyadi, Adri Tiyono, Agus Susilo Nugroho, Dhika Malita Puspita Arum, and Achmad Rizki Ramadhani, “Algoritma Apriori Untuk Menentukan Paket Penjualan Barang Di Umkm Binaan Disperindag Kabupaten Grobogan,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 1, pp. 112–120, 2023, doi: 10.36595/jire.v6i1.726.
A. Junaidi, “Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang,” vol. 08, pp. 61–67, 2019.
N. C. Dewi, F. Putrawansyah, and D. Puspita, “Implementasi Algoritma FP-Growth Pada E-Commerce Kopi Pagar Alam Menggunakan Framework Codeigniter,” vol. 10, no. 1, pp. 447–458, 2021.
H. Luki, “Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Analisa Perbandingan Data Penjualan Leptop Berdasarkan Merk Yang Diminati Konsumen (Studi Kasus?: Indocomputer Payakumbuh),” J-Click, vol. 6, no. 2, pp. 201–207, 2019.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.