IMPLEMENTASI ADDIEDALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI ORGAN TUMBUHAN (STUDI KASUS : XI MIA 2 SMAN 1 JANAPRIA)
Abstract
Pandemic Corona Virus 19 mengakibatkan lumpuhnya sistem pendidikan tatap muka antara pengajar atau guru dan siswa akibatnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran banyak perkembangan dan banyak digunakan salah satunya adalah membuat media pembelajaran yang dimana membantu siswa memahami pelajaran tanpa harus bertatap muka dengan pengajar atau guru. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun media pembelajaran dan merekapitulasi pengaruhnya dengan mengambil sampel 27 orang siswa. Metode yang digunakan adalah Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) dan Metode pengujian adalah Black BoxTesting dan User Acceptance Test (UAT). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh media pembelajaran yang meliputi 3 aspek antara lain kualitas sistem sebesar 75,7% dengan kriteria interpretasi skor Kuat, kualitas informasi sebesar 76,7% dengan kriteria interpretasi skor Kuat dan kualitas kepuasaan pengguna sebesar 81% dengan kriteria interpretasi skor Sangat Kuat.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE), User AcceptanceTest (UAT).